Ini Tujuan dan Manfaat Anestesi Sebelum Tindakan Operasi

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   12 Oktober 2023

“Anestesi menjadi tindakan yang dilakukan sebelum melakukan prosedur medis yang invasif, contohnya seperti prosedur bedah. Dengan mendapatkan anestesi, maka pasien bisa merasa lebih nyaman dan minim rasa sakit.

Ini Tujuan dan Manfaat Anestesi Sebelum Tindakan OperasiIni Tujuan dan Manfaat Anestesi Sebelum Tindakan Operasi

Halodoc, Jakarta – Prosedur bedah atau operasi terkadang diperlukan untuk mengatasi penyakit atau kondisi medis tertentu. Contohnya seperti tindakan operasi persalinan caesar, bedah plastik, bedah jantung, hingga bedah saraf.

Nah, untuk mengurangi rasa nyeri dan tidak nyaman saat prosedur bedah, biasanya dokter akan memberikan anestesi sebelum tindakan dilakukan. Anestesi sendiri merupakan penggunaan obat-obatan untuk mencegah rasa sakit selama tindakan operasi.

Tidak ada salahnya simak lebih banyak mengenai tujuan dan manfaat anestesi berikut ini!

Tujuan dan Manfaat Anestesi

Anestesi bekerja dengan memblokir sinyal sensorik dari saraf dari lokasi prosedur tindakan ke pusat yang berada pada bagian otak. Anestesi memiliki berbagai jenis yang berbeda tentunya dengan cara bekerja yang berbeda pula.

Beberapa jenis anestesi membuat bagian tubuh tertentu mati rasa. Sedangkan, jenis lain bisa membuat kamu tertidur untuk menjalankan prosedur bedah yang lebih besar.

Jika dilakukan dengan tepat, maka prosedur dapat memiliki tujuan dan manfaat, seperti:

  • Memungkinkan untuk melakukan prosedur yang terlalu menyakitkan.
  • Menurunkan tingkat stres selama prosedur berlangsung.
  • Membuat tim medis dapat mengontrol sistem pernapasan dan tekanan darah selama kamu menjalankan prosedur tertentu.
  • Membuat prosedur medis dapat segera dilakukan dalam kondisi darurat.
  • Pemulihan anestesi tidak membutuhkan waktu yang lama setelah prosedur selesai.
  • Prosedur tindakan ini bisa dilakukan berulang asalkan dengan prosedur yang tepat.

Cari tahu lebih banyak mengenai mitos dan fakta seputar anestesi melalui artikel “Ini Mitos dan Fakta Seputar Anestesi yang Perlu Diketahui”.

Biasanya, tindakan ini akan diberikan oleh dokter spesialis anestesi sebelum tindakan kecil maupun besar dilakukan. Ada beberapa prosedur yang membutuhkan tindakan anestesi, seperti:

  • Prosedur medis yang membutuhkan waktu cukup panjang.
  • Tindakan yang dapat menyebabkan kehilangan darah cukup banyak.
  • Terpapar dengan suhu yang dingin.
  • Tindakan medis yang dapat memengaruhi sistem pernapasan, seperti operasi bagian dada dan perut bagian atas.

Persiapan Melakukan Anestesi

Sebelum mendapatkan anestesi, pastikan dokter yang menangani mengetahui riwayat kesehatan secara menyeluruh. Jangan lupa informasikan pada dokter jika kamu pernah mengalami alergi obat-obatan tertentu.

Penggunaan obat medis dan herbal pun perlu diinformasikan pada dokter sedetail mungkin untuk mencegah efek samping. Begitu juga dengan suplemen atau vitamin yang kamu konsumsi.

Ketahui juga berbagai hal yang perlu kamu persiapkan sebelum anestesi melalui artikel “Ini 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menjalani Anestesi

Selain itu, pastikan juga untuk melakukan beberapa persiapan lain, seperti:

  • Hindari makanan dan minuman selama minimal delapan jam sebelum prosedur berlangsung. Kamu juga bisa menyesuaikan pantangan ini dengan saran dari dokter yang menangani kondisi kamu.
  • Hindari merokok untuk meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru. Minimal hindari merokok selama dua minggu sebelum tindakan berlangsung.

Pastikan persiapan dan prosedur pengobatan yang akan kamu lakukan dapat berjalan dengan baik. Jangan khawatir, tindakan ini juga akan langsung diberikan oleh dokter ahli anestesi sehingga dosis yang diberikan akan sesuai dengan kebutuhan.

Cari tahu lebih banyak mengenai prosedur anestesi melalui artikel “Ini Prosedur Anestesi yang Wajib Diketahui”.

Tergantung pada jenisnya yang diberikan, obat dapat diberikan melalui selang pernapasan hingga infus. Selama proses ini berlangsung, dokter ahli anestesi dan perawat akan memantau sistem pernapasan, detak jantung, suhu tubuh, tekanan darah, dan kadar oksigen pada darah.

Biasanya, setelah tindakan medis yang dibutuhkan selesai, kamu akan mendapatkan perawatan pada ruang pemulihan. Perawatan di rumah sakit masih dibutuhkan jika kamu baru saja mendapatkan tindakan medis berupa pembedahan yang terbilang invasif.

Namun, jika tindakan medis minor, kamu bisa langsung menjalani perawatan di rumah. Nah, itulah tujuan dan manfaat anestesi yang dilakukan sebelum prosedur bedah. 

Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2023. Anesthesia.
Nemour Teens Health. Diakses pada 2023. Anesthesia.
NHS. Diakses pada 2023. Anesthesia.
Baptist Health. Diakses pada 2023. Risks and Benefits of General Anesthesia.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan