• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Urutan Skincare Routine untuk Pemilik Kulit Kombinasi
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Urutan Skincare Routine untuk Pemilik Kulit Kombinasi

Ini Urutan Skincare Routine untuk Pemilik Kulit Kombinasi

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 08 September 2022

“Urutan skincare rutin setiap orang bisa berbeda-beda, tergantung jenis kulit yang dimiliki. Bagi kamu yang punya kulit kombinasi, skincare routine ini sebaiknya dilakukan dua kali sehari agar hasilnya maksimal.”

Ini Urutan Skincare Routine untuk Pemilik Kulit KombinasiIni Urutan Skincare Routine untuk Pemilik Kulit Kombinasi

Halodoc, Jakarta – Kulit kombinasi merupakan jenis kulit yang berminyak dan kering di waktu yang bersamaan. Kulit berminyak biasanya timbul di area di wajah yang terlalu banyak memproduksi sebum atau minyak. Di luar itu, kondisi kulit cenderung kering. 

Pada umumnya, area berminyak berada di sekitar T-zone (hidung, dagu, dan dahi). Di area tersebut pula pori-pori kulit cenderung lebih besar. Sementara kulit yang terasa kering umumnya berada di sekitar pipi, mata, dan mulut.

Kulit kombinasi bisa bersifat genetik maupun dipicu oleh berbagai faktor. Misalnya, perubahan hormon atau pergantian musim. Seiring bertambahnya usia, kulit bisa menjadi lebih kering dan tidak terlalu berminyak karena perubahan hormon.

Urutan Skincare Routine untuk Pemilik Kulit Kombinasi

Bagi kamu yang memiliki kulit kombinasi sebaiknya melakukan perawatan wajah sebanyak 2 kali sehari, yaitu pagi dan malam. Tujuannya, agar efek perawatan wajah menjadi lebih efektif dan optimal. Urutan skincare routine yang bisa kamu ikuti, yaitu:

Pagi

  1. Pembersih wajah

Pembersih wajah sangat penting digunakan saat pagi ketika baru bangun karena dapat menghilangkan kotoran-kotoran yang menumpuk saat sedang tidur

  1. Toner

Kamu dapat menggunakan toner untuk menghilangkan minyak yang sekiranya tidak terbawa pada saat cuci muka sebelumnya. Hal ini opsional tergantung dengan kebutuhan wajah. Usahakan selalu gunakan toner tanpa alkohol dan tidak digunakan pada area yang kering karena adanya efek eksfoliasi.

  1. Pelembab atau Moisturizer

Penggunaan moisturizer merupakan bagian terpenting karena bertujuan untuk menghidrasi kulit dan meningkatkan efektivitas dari produk perawatan yang akan digunakan. Pada bagian berminyak, gunakan tipe moisturizer krim dan pada area kering, gunakan moisturizer yang water-based.

  1. Sunscreen

Sebelum keluar untuk beraktivitas, gunakan sunscreen untuk melindungi dari risiko kerusakan kulit akibat sinar matahari dan UV. Disarankan untuk memakai sunscreen dengan SPF 30 atau lebih tinggi tergantung kebutuhan wajah.

Malam

  1. Pembersih wajah

Setelah selesai beraktivitas seharian, tentu saja wajah akan tampak kusam dan kotor. Hal ini terjadi karena debu dan kotoran menumpuk pada wajah. Gunakan pembersih wajah dengan tipe gel atau busa untuk menghilangkan minyak dan mengangkat kotoran dari wajah.

  1. Eksfoliasi

Setiap satu minggu sekali, hendaknya kamu melakukan eksfoliasi pada kulit untuk mengangkat sel kulit mati dan menghilangkan kotoran-kotoran yang tersumbat pada pori-pori. Hal ini juga dapat merangsang pertumbuhan sel kulit yang baru sehingga wajah tampak lebih bersih dan berseri.

  1. Serum

Kamu dapat menggunakan berbagai macam serum untuk segala jenis kulit. Namun, salah satu serum yang direkomendasikan adalah yang mengandung retinoid karena dapat membantu pergantian sel kulit dan mencegah pori-pori tersumbat. Selain itu, serum dengan kandungan asam hyaluronic dapat membantu kulit mempertahankan kelembaban tanpa membuatnya berminyak.

  1. Pelembab atau Moisturizer

Pada saat malam, kamu dapat menggunakan moisturizer yang ringan atau water-based dan krim untuk mengatasi area berminyak dan kering. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan krim malam selama tidur.

Bahan-bahan yang Baik untuk Kulit Kombinasi

Ada pula kandungan dalam produk perawatan yang sebaiknya kamu pertimbangkan. Sebab, beberapa diantaranya diklaim mampu merawat tipe kulit kombinasi. Beberapa kandungannya, yaitu:

  • Hyaluronic acid yang dapat membuat kulit lembab tanpa terlihat berminyak
  • Asam Laktat, seringkali disebut sebagai AHA yang dapat membersihkan pori-pori pada area berminyak dan mengeksfoliasi area kering
  • Retinol dapat membantu pergantian sel kulit agar tampak lebih bersih dan berseri
  • Vitamin C dapat mengurangi hiperpigmentasi, meratakan kulit, dan menyamarkan garis wajah
  • Vitamin E dapat menghilangkan kotoran pada pori-pori, menghilangkan gatal dan kulit merah, serta menyamarkan garis halus pada wajah

Jika butuh perawatan wajah untuk menangani kulit kombinasi kamu, segera cek di toko kesehatan Halodoc saja. Tak perlu repot ke luar rumah, kamu bisa mendapatkan produk yang dibutuhkan melalui smartphone. Download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. The Ultimate Skin Care Routine for Combination Skin.
Greatist. Diakses pada 2022. The Best Skin Care Routine for Combination Skin, According to Dermatologists