Ini Waktu yang Dibutuhkan agar Sunburn Bisa Sembuh

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   22 November 2022

“Berapa lama waktu yang dibutuhkan agar sunburn sembuh tergantung pada tingkat keparahannya. Sebagai contoh, pada kondisi yang ringan, biasanya gejalanya sunburn dapat berlangsung selama tiga hingga lima hari.”

Ini Waktu yang Dibutuhkan agar Sunburn Bisa SembuhIni Waktu yang Dibutuhkan agar Sunburn Bisa Sembuh

Halodoc, Jakarta – Dengan paparan yang cukup, sinar ultraviolet diketahui dapat merangsang pembentukan vitamin D pada kulit. Sayangnya, tanpa perlindungan yang sesuai, dan paparan sinar berlebih, sinar UV malah dapat berdampak negatif pada kesehatan kulit.

Dampak negatif tersebut dikenal dengan istilah sunburn atau sengatan matahari. Biasanya, sunburn dipicu paparan sinar matahari berlebih akibat aktivitas luar ruangan yang terlalu lama. Kondisi ini tentunya perlu segera diatasi. Namun, kira-kira berapa waktu yang dibutuhkan agar sunburn bisa sembuh? 

Ketahui Dulu Cara Meredakan Sunburn

Ketika mengalami sunburn, ada beberapa gejala yang dapat muncul. Mulai dari kulit terasa panas dan perih ketika disentuh, kulit kemerahan, bengkak, hingga kering dan mengelupas. Untuk membantu menyembuhkan dan menenangkan kulit yang tersengat, penting untuk segera mengobati sunburn saat menyadarinya. Berikut adalah cara yang dapat dilakukan: 

  • Kurangi aktivitas di luar ruangan yang berisiko terpapar sinar matahari langsung. Jika ingin beraktivitas di luar ruangan, gunakan pakaian tertutup dan aplikasikan tabir surya dengan minimal SPF 30. 
  • Pastikan untuk mandi menggunakan air dingin untuk meredakan nyeri pada kulit. Setelah mandi, oleskan pelembap kulit. Gunakanlah pelembap kulit berbahan lidah buaya untuk membantu menenangkan kulit yang terbakar sinar UV. 
  • Pertimbangkan untuk mengonsumsi aspirin atau ibuprofen, jika sunburn menyebabkan pembengkakan, kemerahan, dan rasa nyeri pada kulit.
  • Minumlah lebih banyak air, karena paparan sinar UV dapat menarik cairan ke permukaan kulit lebih banyak, sehingga bagian tubuh lainnya berisiko alami dehidrasi.
  • Jika kulit melepuh, biarkan lepuhannya sembuh, pastikan untuk tidak memecahkan lepuh. Sebab,  lepuh terbentuk untuk membantu penyembuhan dan melindungi kulit dari infeksi.
  • Pastikan untuk melindungi kulit yang terbakar matahari saat sembuh. Kenakan pakaian berbahan halus yang menutupi kulit saat berada di luar ruangan. 

Waktu yang Dibutuhkan agar Sunburn Sembuh

Berapa lama waktu yang dibutuhkan agar sunburn sembuh tergantung pada tingkat keparahannya. Berikut adalah penjabaran mengenai hal ini: 

1. Sunburn ringan

Pada kondisi yang ringan, biasanya sengatan matahari yang disertai dengan kemerahan dan nyeri, yang dapat berlangsung selama tiga hingga lima hari. Kulit juga mungkin akan sedikit terkelupas dalam beberapa hari terakhir pemulihan, khususnya ketika kulit sudah mulai beregenerasi.

2. Sengatan matahari sedang

Perlu diketahui bahwa sengatan matahari sedang biasanya lebih menyakitkan. Sebab, kulit akan menjadi merah, bengkak, dan panas saat disentuh. Sengatan matahari sedang biasanya membutuhkan waktu sekitar satu minggu untuk sembuh sepenuhnya. Kulit kemudian dapat terus mengelupas selama beberapa hari lagi.

3. Sunburn yang parah

Sengatan matahari yang parah terkadang memerlukan kunjungan ke dokter atau bahkan rumah sakit. Seseorang yang mengalami sunburn yang parah, akan memiliki kulit melepuh yang menyakitkan dan sangat merah. Kondisi ini biasanya memerlukan waktu hingga dua minggu untuk pulih sepenuhnya.

Faktor yang juga Memengaruhi Durasi Pemulihan

Selain tingkat keparahan, sejumlah faktor juga dapat memengaruhi berapa lama gejala dan proses pemulihan sunburn berlangsung. Berikut adalah faktor tersebut: 

  • Memiliki kulit putih atau cerah. 
  • Memiliki bintik-bintik pada kulit dan rambut warna merah atau pirang. 
  • Paparan sinar matahari antara jam 10 pagi dan 3 sore.
  • Tinggal atau mengunjungi tempat-tempat di dekat garis khatulistiwa atau ekuator. 
  • Terlalu sering menggunakan tanning bed (berjemur). 
  • Sedang menggunakan obat-obatan fotosensitisasi yang membuat seseorang lebih rentan terhadap luka bakar. 

Itulah penjelasan mengenai berapa lama waktu yang dibutuhkan agar sunburn sembuh. Selain menjaga kesehatan kulit, pastikan juga untuk memenuhi segala asupan nutrisi penting untuk kesehatan tubuh keseluruhan. Kamu bisa memenuhinya melalui konsumsi makanan sehat atau suplemen kesehatan. 

Jika saat ini kamu membutuhkan suplemen, kamu bisa cek kebutuhan suplemen dan vitamin melalui aplikasi Halodoc. Tentunya tanpa perlu keluar rumah atau mengantre lama di apotek. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga! 

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi: 
Healthline. Diakses pada 2022. How Long Does a Sunburn Take to Heal?
AAD. Diakses pada 2022. HOW TO TREAT SUNBURN. 
Medical News Today. Diakses pada 2022. How long does a sunburn take to heal?

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan