• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini yang Terjadi Jika Pankreas Terganggu

Ini yang Terjadi Jika Pankreas Terganggu

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta - Sudah tahu betapa pentingnya peran pankreas pada tubuh? Organ yang satu ini memproduksi enzim-enzim yang berfungsi untuk mencerna karbohidrat, lemak, dan protein dari makanan yang masuk ke dalam tubuh. Organ ini juga membantu metabolisme dalam tubuh melalui produksi hormon. 

Pertanyaannya, apa jadinya bila organ yang satu ini mengalami masalah? Pastinya akan timbul sederet masalah yang bisa mengancam kesehatan tubuh. Lalu, apa saja sih yang akan terjadi jika pankreas terganggu? 

Baca juga: Jaga Kesehatan Pankreas, Ini Beda Pankreatitis Kronis dan Kanker Pankreas

Peradangan hingga Masalah Insulin

Pada dasarnya, pankreas yang memiliki gangguan tak mampu memproduksi enzim pencernaan yang optimal. Kondisi ini bisa menyebabkan penyerapan makanan juga terganggu. 

Hal yang perlu digarisbawahi, dampak pankreas terganggu bisa menyebabkan beberapa penyakit serius. Berikut beberapa jenis gangguan pankreas dan dampaknya bagi tubuh. 

1. Sebabkan Pankreatitis

Dari banyaknya masalah yang bisa menyerang pankreas, pankreatitis merupakan salah satu yang mesti diwaspadai. Pankreatitis ini terdiri dari dua, yaitu akut dan kronis. Pankreatitis akut merupakan peradangan yang terjadi dalam waktu yang cukup singkat. 

Andaikan tak ditangani dengan tepat dan cepat, peradangan akibat pankreatitis akut ini bisa menyebabkan komplikasi yang serius. Misalnya, nekrosis (kematian jaringan pankreas), sepsis, dan kegagalan fungsi organ. 

Sedangkan pankreatitis kronis lain lagi ceritanya. Pankreatitis jenis ini bisa menyebabkan peradangan pada pankreas yang mengakibatkan kerusakan permanen. Bahkan, kondisi ini juga bisa menyebabkan berhentinya fungsi pankreas. Tuh, seram kan? 

2. Fibrosis Kistik, Masalah Pencernaan

Fibrokistik atau cystic fibrosis merupakan penyakit keturunan yang menyebabkan lendir-lendir di dalam tubuh menjadi kental dan lengket. Kondisi ini bisa mengakibatkan kelainan pada pankreas dan paru-paru serta masalah pencernaan. Ini karena tubuh pengidapnya tak bisa menyerap nutrisi dari makanan yang dikonsumsi. 

Baca juga: Apa yang Menyebabkan Kanker Pankreas?

3. Memicu Diabetes

Gangguan pankreas bisa membuat pankreas kehilangan kemampuan memproduksi dan melepaskan insulin sesuai dengan kebutuhan tubuh. Kondisi inilah yang bisa berujung pada diabetes. Pada diabetes tipe 2, tubuh tak bisa menggunakan insulin sebagaimana seharusnya. Kondisi ini juga disebut sebagai resistensi insulin yang menyebabkan gula darah naik. 

Sedangkan diabetes tipe 1 lain lagi ceritanya. Pada diabetes tipe 1, sistem imun menyerang sel-sel pankreas yang menghasilkan insulin. Makanya, mereka membutuhkan suntikan insulin seumur hidup. 

Pola Hidup Sehat, Pankreas pun Sehat

Sebenarnya sampai kini belum ditemukan metode pencegahan pasti untuk mencegah gangguan pankreas. Akan tetapi, pola hidup sehat amat disarankan. Nah, berikut beberapa tips untuk menjaga kesehatan tubuh sekaligus organ pankreas. 

  • Kurangi atau berhenti mengonsumsi minuman beralkohol. 

  • Konsumsi makanan yang banyak mengandung serat seperti buah, sayur, dan biji-bijian utuh.

  • Hindari atau batasi makanan berkolesterol tinggi untuk mencegah terbentuknya batu empedu. Makanan berkolesterol tinggi, misalnya daging berlemak, makanan berminyak, dan makanan yang mengandung banyak mentega memicu pankreas melepaskan lebih banyak enzim daripada biasanya.

  • Stop merokok. Jika merokok, cobalah untuk berhenti merokok. Periksakan diri ke dokter bagaimana cara untuk berhenti merokok. Pada rokok mengandung banyak oksidan yang menimbulkan mutasi pada sel tubuh, termasuk organ pankreas.

  • Menjaga berat badan tubuh, kondisi berat badan yang seimbang dan ideal dapat menjaga pertumbuhan sel tetap normal. 

  • Diet sehat, kombinasi buah-buahan, dan sayur dapat memberikan asupan antioksidan yang cukup bagi tubuh untuk melawan berbagai penyakit.

  • Rutin berolahraga. 

Baca juga: Mitos atau Fakta, Batu Empedu Bisa Sebabkan Pankreatitis Akut

Mau tahu lebih jauh mengenai masalah di atas? Atau memiliki keluhan kesehatan lainnya? Kamu bisa kok bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur chat dan voice/video call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!

Referensi:
Everyday Health. Diakses pada 2020. 5 Ways to Prevent Pancreatitis and EPI.
Healthline. Diakses pada 2020. The Connection Between Diabetes and Your Pancreas. 
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Pancreatic cancer. 
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Cystic Fibrosis.