• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah 4 Hewan yang Bisa Mendeteksi Datangnya Bencana Alam
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah 4 Hewan yang Bisa Mendeteksi Datangnya Bencana Alam

Inilah 4 Hewan yang Bisa Mendeteksi Datangnya Bencana Alam

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 17 Februari 2021
Inilah 4 Hewan yang Bisa Mendeteksi Datangnya Bencana Alam

Halodoc, Jakarta - Bencana alam adalah tragedi yang tentu tidak diharapkan oleh semua orang dan dapat terjadi secara tiba-tiba. Meski begitu, sebelum terjadinya bencana alam terjadi terdapat beberapa tanda yang bisa dibilang sebagai pertanda hal tersebut akan tiba. Salah satunya adalah perubahan yang terjadi pada hewan-hewan di sekitar lingkungan. Beberapa hewan disebut dapat mendeteksi bencana alam sebelum terjadi. Berikut beberapa jenis hewannya!

Beberapa Hewan yang Dapat Deteksi Bencana Alam

Hewan memiliki indra yang tajam untuk membantu agar dapat menghindari predator atau mencari mangsa sehingga mampu bertahan hidup. Disebutkan juga jika indra yang sama dapat membantu hewan untuk mendeteksi bencana yang akan datang. Beberapa hewan telah diteliti mampu mendeteksi terjadinya gempa sebelum tiba. Hal ini dapat terjadi karena hewan mampu merasakan getaran bumi atau mendeteksi perubahan udara atau gas di sekitarnya.

Baca juga: Indonesia Rawan Bencana Alam, Ini Bahaya Abu Vulkanik Bagi Kesehatan

Dengan pengamatan yang cermat terhadap hewan-hewan yang ada di sekitar, hal ini dapat membantu untuk membuat rencana sebelum bencana alam terjadi. Maka dari itu, kamu harus tahu hewan apa saja yang dapat mendeteksi terjadinya bencana alam sehingga mampu menghindarinya. Berikut ini beberapa hewan tersebut:

1. Anjing

Dipercaya jika anjing termasuk hewan yang dapat deteksi bencana alam sebelum terjadi. Hewan ini dipilih sebagai peliharaan karena memiliki indra penciuman yang sangat sensitif. Hal ini juga yang membantu anjing untuk mendeteksi suatu bahaya yang dapat terjadi disebabkan alam. 

Saat anjing merasa ada sesuatu masalah yang akan tiba, tubuhnya terlihat gemetar dan takut untuk melakukan apa pun. Pada kasus tsunami yang pernah terjadi, seorang pemilik anjing yang tinggal di sekitar pantai, beberapa hari sebelumnya hewan peliharaannya tidak mau untuk lari di area tersebut seperti biasanya.

2. Burung

Burung juga termasuk hewan yang dapat deteksi bencana alam sebelum terjadi. Sebuah penelitian memang menunjukkan jika penurunan aktivitas yang dilakukan oleh burung sangat terlihat sejak tiga minggu sebelum gempa terjadi. Bahkan, aktivitas sangat minim terlihat beberapa sebelum kejadian. Maka dari itu, jika kamu melihat burung di sekitar terbang beramai-ramai, kemungkinan bencana alam akan terjadi terbilang besar.

Baca juga: Bencana Alam Bisa Timbulkan Gangguan Jiwa

3. Gajah

Saat gajah secara tiba-tiba memberontak dan tidak bisa tenang, bisa jadi hewan ini telah mendeteksi terjadinya bencana alam. Memang, gajah memiliki tingkat kepekaan yang tinggi karena tingkat pendengarannya yang tajam. Perlu diketahui juga jika tiga perempat bahasa gajah bersifat infrasonik, yang berarti tidak dapat dipahami oleh manusia. Kamu juga perlu tahu jika gajah mungkin saja menangis saat bencana alam akan terjadi.

4. Lebah

Apa kamu pernah melihat lebah berterbangan saat sebelum hujan turun? Tentu tidak, karena hewan ini dapat merasakan kelembapan di atmosfer yang mengharuskannya berlindung di sarang. Kemampuannya ini juga dapat merasakan perubahan tekanan udara yang dapat mendeteksi sesuatu yang akan terjadi di alam. Maka dari itu, lebah termasuk hewan yang dapat deteksi bencana alam.

Itulah beberapa hewan yang disebutkan dapat mendeteksi bencana alam sebelum terjadi. Maka dari itu, sangat penting untuk peka terhadap hewan yang ada di sekitarmu agar dapat menghindari sesuatu yang tidak diharapkan. Selain itu, ada baiknya juga untuk memelihara hewan peliharaan layaknya anjing atau kucing, terutama kamu tinggal di tempat, seperti pantai, pegunungan, dan lainnya.

Baca juga: Mitos dan Fakta Kesehatan Ini Muncul saat Bencana Terjadi

Lalu, jika kamu ingin menanyakan sesuatu yang berhubungan dengan hewan peliharaan, dokter hewan dari Halodoc siap membantu untuk menjawabnya. Caranya mudah sekali, hanya dengan download aplikasi Halodoc, kamu bisa mendapatkan segala kemudahan terkait kesehatan hewan dan juga manusia. Unduh aplikasinya sekarang juga!

Referensi:
Storypick. Diakses pada 2021. 10 Animals That Can Predict Natural Disasters.
Thought Co. Diakses pada 2021. Can Animals Sense Natural Disasters?