Inilah 4 Manfaat Push Up untuk Tubuh dan Kesehatan

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   23 Agustus 2021

“Ketika dilakukan cara yang tepat, push up juga dapat memperkuat punggung bawah dan inti dengan menarik otot perut. Tidak hanya bermanfaat untuk membentuk tubuh, push up juga bermanfaat untuk kesehatan, mulai dari melatih kekuatan jantung, mencegah osteoporosis, serta mencegah cedera bahu dan punggung.”

Inilah 4 Manfaat Push Up untuk Tubuh dan KesehatanInilah 4 Manfaat Push Up untuk Tubuh dan Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Tahukah kamu kalau latihan push up memberikan banyak manfaat untuk tubuh dan kesehatan. Push up bermanfaat untuk membangun kekuatan tubuh bagian atas, melatih trisep, otot dada, dan bahu. 

Ketika dilakukan cara yang tepat, push up juga dapat memperkuat punggung bawah dan inti dengan menarik  otot perut. Tidak hanya bermanfaat untuk membentuk tubuh, push up juga bermanfaat untuk kesehatan, mulai dari melatih kekuatan jantung, mencegah osteoporosis, serta mencegah cedera bahu dan punggung. Selengkapnya manfaat push up bisa kamu baca di sini!

Baca juga: Pahami Gerakan Push Up yang Benar untuk Pemula

1. Menguatkan Otot Lengan

Latihan push up bisa menguatkan otot lengan. Saat kamu melakukan push up, kamu sedang menumpukan berat tubuh ke lengan, sehingga melatih lengan lebih kuat dan mengencangkannya. Otot lengan yang kencang dan kuat tidak hanya bermanfaat untuk penampilan, tetapi juga untuk menjalankan aktivitas sehari-hari, seperti mengangkat barang dan lain-lain.

2. Menguatkan Punggung dan Inti Tubuh

Punggung dan inti tubuh (core) adalah salah satu fondasi yang dibutuhkan supaya tubuh tetap tegak sempurna dan tidak bongkok. Otot punggung dan inti tubuh yang kuat adalah jaminan hari tua yang berkualitas. Jika kamu melatih otot inti sejak dini, maka dapat meminimalisir terjadinya kelemahan otot saat nantinya sudah lanjut usia.

Baca juga: Bagaimana Cara Membesarkan Otot Bisep yang Efektif?

3. Membentuk Bokong

Bokong yang padat adalah idaman semua orang. Jika dilihat dari segi estetika, bokong yang padat dapat menunjang penampilan. Ketika kamu mengenakan celana atau dress yang sesuai dengan bentuk badan, maka akan terlihat lebih sempurna saat bokongmu kencang karena latihan push up.

Baca juga: 6 Gerakan Olahraga untuk Mengencangkan Bokong

4. Meningkatkan Postur Tubuh dan Pertumbuhan Otot

Latihan push up dapat membuat postur tubuh lebih baik dan lebih bagus. Postur tubuh yang baik tidak hanya menunjang penampilan, tapi juga membuatmu mendapatkan hidup yang berkualitas seperti meminimalisir sakit punggung, tubuh dapat bergerak lebih lincah dan tidak mudah lelah. Latihan push up juga meningkatkan pertumbuhan otot yang berdampak pada kekuatan, ketahanan, dan penampilan yang lebih sehat.

Selain sit up atau pun push up, pose kayang juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Baca selengkapnya di artikel ini: “Ini Cara Melakukan Kayang dan Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh“.

Informasi selengkapnya mengenai manfaat push up bisa kamu tanyakan langsung lewat aplikasi Halodoc, ya!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. What Are the Benefits and Risks of Doing Daily Pushups?
WebMD. Diakses pada 2021. Health Benefits of Push-Ups

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan