Inilah Alasan Stres Sebabkan Gangguan Kesuburan pada Wanita

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   11 Desember 2020
Inilah Alasan Stres Sebabkan Gangguan Kesuburan pada WanitaInilah Alasan Stres Sebabkan Gangguan Kesuburan pada Wanita

Halodoc, Jakarta – Berbagai kegiatan yang dilakukan ternyata dapat meningkatkan risiko stres pada wanita. Stres adalah reaksi tubuh ketika seseorang mengalami tekanan atau perubahan situasi. Tidak hanya itu, stres juga dapat terjadi karena situasi yang menyebabkan emosi tertentu. Stres yang tidak diatasi dengan tepat dapat berdampak buruk pada kondisi kesehatan. Mulai dari gangguan pencernaan, sistem pernapasan, hingga gangguan jantung.

Baca juga: Wanita Tidak Boleh Stres, Ini Dampaknya

Namun, benarkah stres yang tidak diatasi berisiko menyebabkan gangguan kesuburan pada wanita? Pada wanita, stres yang berkepanjangan dapat menyebabkan gangguan menstruasi. Hal inilah yang memicu gangguan kesuburan pada wanita. Tidak ada salahnya mengetahui beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi gangguan kesuburan akibat stres. Yuk, simak ulasannya, di bawah ini!

Inilah Alasan Stres Sebabkan Gangguan Kesuburan

Stres merupakan reaksi tubuh akibat situasi yang menyebabkan perubahan emosi. Jika tidak diatasi dengan baik, kondisi ini bisa berdampak buruk pada kesehatan. Bukan hanya kesehatan pencernaan maupun jantung saja, melainkan juga dapat memengaruhi kesuburan seorang wanita.

Melansir dari BabyCenter, kondisi stres dapat memengaruhi fungsi dari salah satu kelenjar dalam otak yang dikenal sebagai hipotalamus. Kelenjar ini berfungsi untuk mengatur nafsu makan dan juga emosi seseorang. Selain itu, hipotalamus juga memengaruhi hormon yang memberi tanda pada ovarium untuk melepaskan sel telur.

Saat kamu mengalami kondisi stres, gangguan fungsi hipotalamus juga menyebabkan tubuh alami gangguan ovulasi. Inilah yang menyebabkan wanita yang memiliki tingkat stres tinggi lebih sulit untuk mendapatkan kehamilan

Hal serupa juga dikatakan Sarah Berga, MD, seorang spesialis infertilitas dan wakil ketua kesehatan wanita pada Wake Forest Medical Center di Winston – Salem, North Carolina. Menurut Sarah, hormon stres dapat menyebabkan gangguan sinyal antara otak dan ovarium. Kondisi ini dapat memicu gangguan ovulasi.

Selain itu, menurut Alice Domar, PhD, seorang direktur eksekutif pada Domar Center for Mind/Body Health, wanita yang mengalami stres akan lebih jarang melakukan hubungan intim dengan pasangan sehingga menambah kesulitan untuk hamil. Tidak hanya itu, stres dapat memicu gaya hidup kurang sehat, seperti pengonsumsian alkohol dan merokok. Hal ini tentunya dapat memengaruhi kesuburan wanita. 

Baca juga: Hati-Hati, Depresi Bisa Sebabkan Wanita Susah Hamil

Lakukan Ini untuk Mengurangi Stres

Lalu, bagaimana caranya untuk mengurangi stres agar terhindar dari masalah gangguan kesuburan? Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan:

1.Olahraga

Tidak ada salahnya untuk rutin melakukan olahraga ringan. Olahraga seperti berjalan kaki atau bersepeda di sekitar rumah dinilai efektif untuk mengurangi stres. Selain dapat mengurangi stres, olahraga juga dapat membantu kamu untuk menurunkan berat badan. Nyatanya, obesitas dapat menyebabkan tubuh memproduksi estrogen lebih banyak. Estrogen menjadi salah satu hormon yang dapat memengaruhi proses ovulasi.

2.Habiskan Waktu Bersama Pasangan

Kamu bisa atasi stres dengan menghabiskan waktu bersama pasangan. Dengan begitu, kamu dapat memiliki waktu berkualitas bersama pasangan. Gunakan kesempatan ini untuk melakukan berbagai hal yang menyenangkan. Selain mengatasi stres, kamu juga dapat menambah kemesraan dan kehangatan dalam hubungan dengan pasangan.

3.Konsumsi Makanan Sehat

Ketika kamu mengalami stres, tentunya banyak keinginan untuk mengonsumsi makanan apapun. Mulai dari junk food, hingga makanan manis. Sebaiknya batasi kebiasaan ini dan perbanyak konsumsi makanan sehat. Kamu bisa mencoba untuk mengonsumsi alpukat, sayuran hijau, ikan, kacang-kacangan, dan juga buah-buahan. 

Baca juga: Ternyata, Ini Penyebab Sulit Hamil Meski Pasangan Subur

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi stres dan gangguan kesuburan yang dialami. Kamu juga bisa gunakan Halodoc dan bertanya langsung pada dokter kandungan mengenai kondisi kesehatan kamu dan pasangan. Yuk, download Halodoc sekarang juga melalui App Store dan Google Play!

Referensi:
Baby Center. Diakses pada 2020. Can Stress Get In The Way of Getting Pregnant?
Grow by Web MD. Diakses pada 2020. How Stress Can Hurt Your Chances of Having a Baby?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan