• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Gejala Penyakit Jantung yang Kerap Diabaikan

Ini Gejala Penyakit Jantung yang Kerap Diabaikan

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta - Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit serius yang menjadi ancaman terbesar. Meski menjadi penyakit yang berbahaya, banyak orang menganggap sepele kemunculan gejalanya, karena tidak mengetahui. Berikut beberapa gejala sakit jantung yang kerap diabaikan!

Baca juga: Mudah Didapat, Ini 7 Makanan yang Menyehatkan Jantung

  • Rasa Tidak Nyaman di Dada

Rasa tidak nyaman di dada menjadi gejala sakit jantung yang kerap diabaikan. Gejala yang satu ini terjadi karena adanya sumbatan di bagian arteri jantung. Rasa tidak nyaman ini terjadi karena sesak, nyeri, sensasi rasa terbakar, serta tekanan di bagian dada. Gejalanya sendiri biasanya timbul dalam waktu beberapa menit, saat kamu beristirahat, atau tengah melakukan aktivitas fisik berat.

Jika rasa tidak nyaman hanya timbul sesekali, kamu tidak perlu mengkhawatirkannya. Namun, jika gejala tersebut terjadi secara berulang dan tidak kunjung membaik dalam beberapa menit, segera diskusikan dengan dokter ahli di Halodoc, ya! 

  • Nyeri yang Menjalar Hingga ke Lengan

Gejala sakit jantung yang kerap diabaikan selanjutnya adalah rasa nyeri yang menjalar hingga ke lengan. Gejala yang satu ini biasanya menjalar ke sisi tubuh sebelah kiri. Pada beberapa pengidap penyakit jantung, mereka mengalami keluhan sakit di dada sebelah kiri yang menjalar sampai ke lengan sebelah kiri.

  • Mual, Mulas, dan Sakit Perut

Gejala sakit jantung yang kerap diabaikan ini lebih sering dialami oleh wanita. Meski lebih sering dialami oleh wanita, tidak semua wanita mengalami gejala seperti ini. 

Baca juga: Henti Jantung Bisa Terjadi saat Kelelahan, Benarkah?

  • Sakit pada Tenggorokan atau Rahang

Siapa yang sangka jika sakit tenggorokan dan rahang merupakan bagian dari penyakit jantung? Ini menjadi gejala sakit jantung yang kerap diabaikan karena berpikir hanya masalah pada otot kaku, sinus, atau pilek. Namun, jika kamu mengalami sakit di dada yang nyerinya menyebar hingga ke rahang atau tenggorokan, ini menjadi salah satu gejala penyakit jantung.

  • Pusing atau Pingsan

Jika kamu merasa tubuh tiba-tiba tidak sabil dan disertai dengan rasa tidak nyaman dibagian dada, hal tersebut bisa menjadi gejala sakit jantung yang kerap diabaikan. Hal tersebut terjadi karena jantung tidak mampu memompa darah dengan baik.

  • Mendengkur

Mendengkur saat kelelahan merupakan hal yang wajar. Namun, jika terjadi dengan volume dengkuran keras, dan disertai tersedak atau megap-megap, hal tersebut menjadi tanda dari sleep apnea. Kondisi tersebut merupakan gangguan tidur yang membuat seseorang berhenti bernapas selama beberapa saat di malam hari, serta menyebabkan tekanan pada organ jantung.

  • Batuk Terus Menerus

Jika batuk berlangsung dalam jangka waktu yang lama, serta menghasilkan dahak yang berwarna putih atau merah muda, kondisi tersebut bisa menjadi pertanda adanya sakit pada jantung. Batuk terus-menerus terjadi karena jantung tidak dapat bekerja, sehingga darah bocor dan kembali ke dalam paru-paru.

  • Keringat Dingin

Gejala sakit jantung yang kerap diabaikan selanjutnya adalah munculnya keringat dingin tanpa alasan yang jelas. Jika kamu mengalami gejala ini disertai dengan nyeri di bagian dada atau gejala lain yang telah disebutkan, waspadalah!

  • Pembengkakan pada Betis, Telapak Tangan, serta Pergelangan Kaki

Pembengkakan di bagian-bagian tersebut terjadi karena organ jantung tidak mampu memompa darah dengan baik di area tersebut. Saat jantung tidak dapat memompa darah dengan normal, darah akan kembali ke pembuluh darah dan menyebabkan pembengkakan. Selain itu, penyakit pada jantung akan mempersulit organ ginjal untuk mengeluarkan kelebihan cairan dan natrium dalam tubuh, yang menjadi salah satu pemicu pembengkakan pada sebagian organ tubuh.

Baca juga: Benarkah Trauma Masa Kecil Tingkatkan Risiko Sakit Jantung?

Gejala sakit jantung yang kerap diabaikan yang terakhir adalah detak jantung yang tidak normal. Jantung umumnya akan berdegup kencang saat gugup, bersemangat, bekerja keras, kurang tidur, atau terlalu banyak mengonsumsi kafein. Namun, jika jantung berdegup dengan cepat tanpa sebab, hal tersebut bisa disebabkan oleh gangguan pada organ jantung.

Referensi:

Health Harvard. Diakses pada 2020. 5 overlooked symptoms that may signal heart trouble.

WebMD. Diakses pada 2020. Never Ignore These 11 Heart Symptoms.