Inilah Alasan Weight Training Baik untuk Dilakukan

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   17 Desember 2020
Inilah Alasan Weight Training Baik untuk DilakukanInilah Alasan Weight Training Baik untuk Dilakukan

Halodoc, Jakarta - Weight training atau latihan angkat beban mungkin tidak menjadi primadona, dibanding jenis olahraga lainnya. Bahkan, tak jarang olahraga ini dianggap sebagai olahraganya kaum lelaki. Padahal, weight training bisa dan sudah banyak dilakukan juga oleh wanita, lho.

Dari segi manfaat, weight training tak kalah dengan jenis olahraga lainnya. Manfaatnya beragam dan tidak sebatas meningkatkan kekuatan otot saja. Weight training bisa membantu menurunkan berat badan dan membentuk tubuh ideal yang mungkin kamu impi-impikan. 

Baca Juga: Inilah yang Terjadi pada Tubuh Saat Berhenti Olahraga

Segudang Manfaat Weight Training bagi Tubuh

Weight training punya segudang manfaat, berikut ini beberapa di antaranya:

1.Melatih dan Menguatkan Otot

Tak bisa dipungkiri bahwa salah satu manfaat utama yang bisa dirasakan jika kamu menggeluti weight training adalah menguatkan otot. Namun, jangan disangka tubuh kamu akan langsung berotot seperti binaragawan, ya. Sebab, untuk membentuk tubuh seperti binaragawan, dibutuhkan juga pengaturan pola makan khusus dan konsistensi dalam latihan.

Menguatkan otot dalam hal ini berarti membuat kamu jadi lebih mudah melakukan berbagai hal. Sebab, untuk bisa beraktivitas dengan enerjik, diperlukan kekuatan otot. Selain itu, bentuk tubuh kamu juga secara perlahan akan terlihat semakin menawan. 

2.Menurunkan Berat Badan

Bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan, weight training bisa jadi salah satu olahraga yang bagus untuk dicoba. Olahraga ini membantu membakar kalori dalam tubuh. Tubuh akan terus membakar kalori setelah melakukan latihan. Bertambahnya massa otot juga meningkatkan kapasitas tubuh dalam membakar kalori.

Baca Juga: Lakukan 3 Tips Olahraga Ini agar Tidak Cedera

3.Meningkatkan Ketahanan Tubuh

Selain sebagai penambah kekuatan otot, weight training juga merupakan salah satu latihan untuk meningkatkan ketahanan tubuh. Ketika melakukan olahraga ini, kamu semakin lama perlu menambah beban yang dapat meningkatkan ketahanan tubuh.

4.Mencegah Penurunan Massa Otot

Seiring bertambahnya usia, kamu akan kehilangan massa otot sebanyak tiga sampai delapan persen per 10 tahunnya. Jika kamu rutin melakukan weight training, penurunan massa otot bisa dicegah dan tulang menjadi tetap kuat di hari tua nanti.

5.Memelihara Kesehatan Jantung

Selain meningkatkan dan menjaga massa otot, weight training juga membantu melindungi organ jantung dengan cara menurunkan tekanan darah dan melancarkan sirkulasi darah.

5.Mencegah Cedera

Saat menjalani weight training, kamu juga turut menguatkan tulang dan jaringan-jaringan tubuh. Hal ini mengurangi risiko kamu untuk mengalami cedera. 

Baca Juga: Dosis Olahraga yang Dianjurkan agar Tetap Sehat

7.Meningkatkan Fleksibilitas dan Keseimbangan Tubuh

Weight training membuat kamu bisa menggerakkan otot dan tubuh secara lebih efisien. Selain itu, penguatan otot karena weight training juga berdampak pada keseimbangan tubuh. Otot akan semakin baik menjaga keseimbangan dan membuat kamu lebih kokoh, serta tidak mudah jatuh.

8.Mengurangi Kecemasan dan Gejala Depresi

Saat mengangkat beban, kamu juga turut mengangkat kepercayaan diri. Sebab, latihan ini dapat membantu mengurangi kecemasan dan gejala depresi, serta membuat kamu lebih bahagia. 

Itulah berbagai manfaat yang bisa diperoleh jika kamu melakukan weight training. Jika kamu tertarik melakukannya, sebaiknya konsultasikan dengan dokter jika memiliki kondisi medis tertentu, seperti penyakit jantung atau diabetes. Agar mudah, kamu juga bisa bertanya pada dokter di aplikasi Halodoc.

Jika mengalami kesulitan atau tidak memahami postur saat melakukan weight training, sebaiknya tanyakan kepada orang yang lebih berpengalaman atau minta panduan oleh pelatih profesional.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. Weight Training.
Healthline. Diakses pada 2020. 7 Reasons Why I Lift Heavy (And You Should Too).
Livestrong. Diakses pada 2020. 12 Benefits of Strength Training That Will Convince You to Lift Weights.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan