• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Agar Tak Cedera, Lakukan 3 Tips Olahraga Ini

Agar Tak Cedera, Lakukan 3 Tips Olahraga Ini

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc

Halodoc, Jakarta – Selain bikin bugar, olahraga juga bisa bikin bahagia. Ini dibuktikan dalam studi yang dilakukan oleh Universitas Vermont. Studi tersebut melaporkan bahwa olahraga yang dilakukan selama 20 menit bisa membuat suasana hati lebih baik. Sebab, olahraga dapat meningkatkan produksi hormon endorfin yang bikin bahagia dan mengurangi hormon kortisol penyebab stres. Oleh karena itu, setiap orang dianjurkan untuk berolahraga setidaknya 20-30 menit per hari. Nah, agar kamu terhindari dari cedera saat berolahraga, ada baiknya kamu mengetahui tips menghindari cedera berikut ini. Apa saja? (Baca juga: 5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Berolahraga)

1. Pilih Olahraga yang Tepat

Sebelum berolahraga, ada banyak hal yang perlu diperhatikan. Mulai dari usia, struktur tubuh, hingga kondisi kesehatan. Tentunya, hal ini enggak boleh dianggap sepele. Karena tanpa mempertimbangkan hal-hal tersebut, kamu rentan mengalami cedera. Misalkan jika kamu sedang sakit, ada baiknya kamu memeriksakan diri ke dokter sebelum berolahraga. Jika kamu enggak kuat olahraga berat seperti angkat beban, kamu enggak boleh memaksakan diri. Selain itu, jika kamu belum terbiasa berolahraga, kamu bisa memulainya dengan olahraga ringan. Pilihlah olahraga yang memang bisa kamu lakukan. Karena selama dilakukan secara rutin, kamu bisa mendapatkan manfaat olahraga untuk kesehatan dan kebugaran tubuh.

2. Pemanasan dan Pendinginan

Kedua hal ini penting dilakukan untuk mencegah cedera. Sebab, keduanya bisa membantu memperlancar peredaran darah, menormalkan kinerja jantung, dan melemaskan otot-otot tubuh. Jadi sebisa mungkin, luangkan waktu untuk pemanasan sebelum berolahraga dan pendinginan setelah berolahraga. Kamu bisa melakukan gerakan ringan seperti peregangan tubuh dan jalan santai (joging) setidaknya 5-10 menit untuk memulai dan mengakhiri olahraga. Jika kamu belum tahu cara gerakan pemanasan dan pendinginan, kamu bisa melihat contohnya di internet. Untuk meminimalisir cedera, jangan lupa juga untuk mengenakan pakaian dan peralatan yang tepat sesuai jenis olahraga yang kamu lakukan, ya.

(Baca juga: Dosis Olahraga yang Dianjurkan agar Tetap Sehat)

3. Cukupi Kebutuhan Cairan

Saat kamu berolahraga, tubuh akan kehilangan banyak cairan. Itu sebabnya kamu perlu memenuhi kebutuhan cairan dengan minum air putih sebelum, saat, dan sesudah berolahraga. Ini dilakukan untuk menghindari dehidrasi saat olahraga yang bisa memicu kelelahan, penurunan performa, cedera, kejang otot, heat stroke, hingga pingsan. Jadi sebisa mungkin, kamu perlu menyiapkan air minum saat ingin berolahraga. Berikut adalah aturan minum sebelum, saat, dan setelah berolahraga:

  • Tiga sampai empat jam sebelum berolahraga kamu dianjurkan untuk minum sebanyak 500-600 mililiter air putih.
  • Setiap 20-30 menit selama berolahraga kamu dianjurkan untuk minum sebanyak 200-300 mililiter air putih.
  • Idealnya, 30 menit setelah berolahraga kamu dianjurkan untuk minum 250 mililiter air putih. Setiap 0,5 kilogram berat badan yang berkurang setelah berolahraga, kamu bisa menggantinya dengan 450-500 mililiter air putih. Untuk memastikannya, kamu bisa mengecek perbedaan berat badan sebelum dan setelah berolahraga.

Agar tidak panik, kamu bisa bertanya ke dokter Halodoc tentang pertolongan pertama saat cedera. Kamu bisa memanfaatkan fitur Contact Doctor di aplikasi Halodoc untuk bertanya pada dokter kapan saja dan di mana saja melalui Chat, Voice Call, atau Video Call. Jadi, ayo download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play. (Baca juga: Hindari Cedera, Lakukan Pemanasan Sebelum dan Sesudah Lari Berikut Ini)