Inilah Kandungan Nutrisi yang Ada dalam Buah Jujube

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   14 Desember 2021
Inilah Kandungan Nutrisi yang Ada dalam Buah JujubeInilah Kandungan Nutrisi yang Ada dalam Buah Jujube

“Buah jujube adalah salah satu buah asal Asia Selatan yang punya banyak kandungan nutrisi. Beberapa di antaranya adalah serat, vitamin, mineral, dan antioksidan, yang menjadikannya buah yang menyehatkan. Dengan rupa seperti kurma, tetapi berwarna merah dan rasanya yang manis dan kenyal, buah ini cocok untuk dijadikan camilan sehat.”

Halodoc, Jakarta – Jika kamu pernah berkunjung ke negara di Asia Selatan, mungkin kamu pernah melihat buah jujube atau angco. Ini adalah buah asli dari Asia Selatan yang memiliki bentuk mirip dengan buah kurma, tetapi warnanya kemerahan. Buah jujube pun diduga memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan, sehingga ia telah dijadikan salah satu buah untuk berbagai pengobatan alternatif. 

Umumnya buah jujube (Ziziphus jujuba) telah lama digunakan untuk mengatasi insomnia dan gangguan kecemasan. Namun karena buah ini juga memiliki rasa yang manis dengan tekstur yang kenyal, buah ini kerap menjadi camilan sehat atau diolah menjadi manisan buah. Buah ini juga cukup rendah kalori, kaya serat, serta mengandung berbagai vitamin dan mineral. Ia juga mengandung antioksidan yang dapat memberikan manfaat luar biasa untuk kesehatan secara keseluruhan. 

Kandungan Nutrisi Buah Jujube

Mengutip U.S. Department of Agriculture, dalam 100 gram buah jujube, kamu akan mendapatkan berbagai nutrisi, seperti: 

  • Air: 77,86 gram (g)
  • Energi: 79 kalori (Kal)
  • Protein: 1,2 g
  • Karbohidrat: 20,23 g
  • Lemak: 0,2 g
  • Vitamin C: 69 miligram (mg)
  • Kalium: 250 mg
  • Vitamin B6: 0,081 mg

Tak hanya itu, buah jujube mengandung gula alami yang bisa menambah asupan energi. Namun, buah yang dikeringkan akan memiliki total kalori dan gula yang lebih tinggi jika dibandingkan buah segar.

Manfaatnya untuk Kesehatan

Berikut ini adalah berbagai manfaat buah jujube untuk kesehatan yang perlu kamu ketahui: 

  1. Melawan Radikal Bebas

Buah ini kaya akan kandungan antioksidan, seperti flavonoid, polisakarida, serta triterpenic acid. Buah ini juga mengandung vitamin C dengan kadar yang tinggi dan vitamin ini dikenal luas juga memiliki sifat antioksidan. Jika dikonsumsi rutin, kamu akan terbebas dari radikal bebas. Penting untuk mengeluarkan radikal bebas dari tubuh karena mereka dapat memicu kerusakan sel dan berkontribusi terhadap beragam penyakit kronis.

  1. Meningkatkan Kualitas Tidur

Seperti yang disebutkan sebelumnya, buah ini cukup efektif mengatasi gangguan tidur. Manfaat ini datang berkat kandungan antioksidan di dalamnya. 

  1. Meningkatkan Fungsi Otak

Ternyata kandungan antioksidan di dalam jujube juga mampu meningkatkan fungsi otak. Bahkan, obat ini juga kerap diberikan dalam terapi alternatif untuk mengatasi rasa cemas. Studi pada hewan dan uji tabung juga mengindikasikan bahwa buah ini berpotensi untuk meningkatkan daya ingat dan melindungi sel otak dari perusak saraf. Bijinya juga berpotensi untuk menangani demensia karena Alzheimer.

  1. Menjaga Kesehatan Pencernaan 

Jika kamu memiliki masalah pencernaan, maka kamu bisa mengandalkan buah jujube untuk melancarkan pencernaanmu. Ini karena buah jujube kaya akan serat, bahkan sekitar setengah dari kandungan karbohidrat pada buah jujube berasal dari serat.

Konsumsi serat secara rutin akan membantu melunakkan sekaligus membuat feses menjadi lebih “padat”. Alhasil, kamu akan memiliki pencernaan yang lebih lancar dan terhindar dari sembelit.

Tak hanya itu saja, ekstrak jujube juga dilaporkan membantu memperkuat dinding lambung dan usus. Buah ini juga diduga mampu menurunkan risiko kerusakan organ pencernaan akibat ulkus dan melindunginya dari bakteri merugikan di usus.

  1. Memperkuat Sistem Imun 

Berkat kandungan antioksidan di dalamnya, buah jujube juga mampu memperkuat sistem imun. Oleh karena itu, ia cocok untuk dikonsumsi setiap hari. Tak hanya itu saja, serat lignin pada buah jujube diyakini mampu merangsang produksi sel imun dan meningkatkan laju sel tersebut untuk menetralkan zat berbahaya.

Tak sampai di situ saja, ekstrak buah jujube juga diyakini mampu meningkatkan sel imun yang disebut sel pembunuh alami (natural killer cells). Sel ini bisa menghancurkan sel-sel penyerang yang berbahaya seperti virus dan bakteri.

Itulah beberapa manfaat buah jujube yang perlu kamu ketahui. Namun, jika suatu hari kamu merasakan gangguan penyakit setelah makan buah jujube atau makanan lainnya, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan di rumah sakit. Kini kamu juga bisa buat janji temu dengan dokter di rumah sakit melalui Halodoc. Praktis bukan? Yuk download Halodoc sekarang!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. What Is Jujube Fruit? Nutrition, Benefits, and Uses.
International Journal Biological Macromolecules. Diakses pada 2021. In vitro immunological and anti-complementary activities of two water-soluble lignins from Zizyphus jujube cv. Jinchangzao.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan