Inilah Pengobatan untuk Mengatasi Fraktur Penis

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   24 Januari 2023

“Fraktur penis merupakan kondisi darurat medis yang perlu ditangani dengan tindakan bedah. Penggunaan obat anti nyeri dan antibiotik juga bisa digunakan untuk meredakan gejala.”

Inilah Pengobatan untuk Mengatasi Fraktur PenisInilah Pengobatan untuk Mengatasi Fraktur Penis

Halodoc, Jakarta – Pernah mendengar istilah fraktur penis? Kondisi ini terjadi ketika adanya robekan pada tunica albuginea. Bagian ini merupakan selubung karet jaringan yang berada di bawah kulit. Dengan adanya bagian ini maka penis dapat mengalami pertambahan lebar dan panjang saat mengalami ereksi.

Fraktur penis termasuk ke dalam kondisi yang darurat. Kamu perlu segera mendapatkan penanganan secara medis untuk mencegah berbagai gangguan, seperti fungsi seksual hingga gangguan buang air kecil permanen. Yuk, simak berbagai pengobatan untuk mengatasi fraktur penis!

Ketahui Penyebab Fraktur Penis

Fraktur penis terjadi ketika mengalami trauma mendadak atau pembengkokan penis yang merusak tunica albuginea. Selain itu, jaringan pada tunica albuginea juga dapat pecah. Padahal, jaringan ini akan terisi dengan darah ketika pria mendapatkan rangsangan dan mengalami ereksi.

Ada berbagai penyebab yang dapat memicu seseorang mengalami fraktur penis, seperti:

  • Mengalami cedera akibat tekukan yang sangat keras karena benturan pada area anus dan perineum. Biasanya, kondisi ini dapat terjadi saat sedang melakukan hubungan intim melalui vagina.
  • Cedera akibat benturan yang sangat keras karena kecelakaan.
  • Masturbasi yang terlalu keras.

Jika fraktur penis terjadi, kondisi ini akan membuat penis mengalami memar dan bengkak. Segera kunjungi rumah sakit ketika kamu mengalami keluhan kesehatan yang terkait dengan fraktur penis, seperti:

  • Mengalami ereksi secara tiba-tiba setelah benturan.
  • Nyeri yang sangat hebat.
  • Penis yang bengkok.
  • Mengalami perdarahan dari penis.
  • Kesulitan untuk buang air kecil.

kamu bisa konsultasikan kepada dokter menggunakan Halodoc. Caranya download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play. Dokter akan melakukan berbagai jenis pemeriksaan untuk mendiagnosis fraktur penis, seperti cavernosography, MRI, dan pemeriksaan menggunakan ultrasound.

Pengobatan untuk Fraktur Penis

Fraktur penis membutuhkan pengobatan yang cepat agar tidak menimbulkan komplikasi. Ada berbagai komplikasi yang dapat terjadi akibat fraktur penis, seperti:

  • Penis yang bengkok.
  • Disfungsi ereksi.
  • Gangguan buang air kecil.

Pengobatan yang bisa dilakukan dengan melakukan tindakan operasi. Dokter bedah akan menutup robekan pada tunica albuginea dengan menjahit bagian tersebut. 

Tujuan pengobatan untuk memulihkan dan mempertahankan kemampuan untuk ereksi. Selain itu, berfungsi untuk menghindari gangguan buang air kecil secara permanen.

Setelah melakukan tindakan operasi, biasanya kamu akan menjalani perawatan di rumah sakit. Dokter akan memberikan obat pereda nyeri dan antibiotik untuk mengoptimalkan pemulihan.

Kamu juga perlu melakukan pemeriksaan lanjutan setelah operasi, seperti:

  • Memeriksa kemajuan proses pemulihan.
  • Memeriksa pembuluh darah dan arteri pada penis.

Biasanya, kamu dilarang untuk melakukan hubungan seksual beberapa bulan setelah tindakan operasi ini. Kebanyakan 90 persen pengidap fraktur penis yang mengalami tindakan bedah bisa berhasil dalam pengobatan. Namun, ada efek samping pengobatan, seperti ereksi yang sedikit menyebabkan nyeri hingga kelengkungan penis.

Fraktur penis menjadi salah satu gangguan yang dapat dicegah. Pencegahannya bisa kamu lakukan dengan selalu berhati-hati saat melakukan kegiatan. Seperti misalnya saat mengendarai kendaraan atau olahraga. Selalu berhati-hati dan waspada agar penis tidak mengalami benturan keras dengan benda-benda yang ada di sekeliling kamu. 

Kamu juga perlu waspada saat melakukan berbagai aktivitas seksual. Sebab, dalam beberapa kasus aktivitas ini bisa menyebabkan fraktur penis. Untuk itu, selalu waspada dan berhati-hati agar tidak mengalami cedera.

Referensi:

Mayo Clinic. Diakses pada 2023. Is It Possible to Fracture Your Penis?

Healthline. Diakses pada 2023. Everything You Should Know About Penile Fractures.

Cleveland Clinic. Diakses pada 2023. Penile Fracture.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan