• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah Pentingnya Melakukan Screening Retina

Inilah Pentingnya Melakukan Screening Retina

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Kesehatan mata harus selalu terjaga terkait manfaatnya sebagai indra penglihatan. Penting untuk menghindari gangguan apa pun yang dapat membahayakan mata, karena jika dibiarkan mungkin saja dapat menyebabkan kelainan yang fatal. Beberapa gangguan yang terjadi pada mata bahkan dapat menyebabkan seseorang mengalami kebutaan jika tidak segera ditangani.

Maka dari itu, setiap orang direkomendasikan untuk melakukan pemeriksaan mata setiap tahunnya. Salah satu bagian dari pemeriksaan rutin tersebut adalah screening retina. Meski begitu, masih banyak orang yang bertanya terkait manfaat yang didapatkan saat melakukan pemeriksaan tersebut. Untuk mengetahui hal tersebut, kamu dapat membaca ulasannya di bawah ini!

Baca juga: 4 Kondisi yang Mengharuskan Screening Retina

Manfaat dari Screening Retina

Screening retina adalah pemeriksaan pada mata yang berguna untuk melakukan pemeriksaan secara keseluruhan pada retina agar dapat diketahui jika terjadi suatu masalah pada bagian tersebut. Pemeriksaan ini dapat melihat retina (tempat cahaya dan gambar terbentuk), disk optik (tempat retina yang mengandung saraf optik berguna untuk mengirim informasi ke otak), dan pembuluh darah.

Dokter akan menggunakan alat yang disebut juga dengan ophthalmoscope yang berguna untuk melihat bagian belakang mata seseorang. Pencitraan dari retina tersebut memungkinkan dokter untuk mendapat gambar retina secara digital. Dengan metode ini, dokter mata dapat menemukan penyakit tertentu yang mungkin akan atau sedang terjadi, serta memeriksa seberapa sehat mata orang tersebut.

Selain itu, alasan lainnya seseorang wajib rutin untuk melakukan screening retina adalah untuk mengetahui kondisi mata yang mungkin menyebabkan gangguan pada mata hingga kebutaan. Berikut beberapa gangguan tersebut:

  1. Ablasi Retina

Salah satu gangguan yang dapat dideteksi oleh screening retina adalah ablasi retina. Hal ini terjadi ketika seseorang mengalami retina pada matanya terlepas. Penting untuk segera menangani gangguan ini karena jika dibiarkan dapat menyebabkan kebutaan secara permanen. Dengan pemeriksaan tersebut, kamu dapat mencegahnya sebelum terjadi gangguan yang parah dan fatal.

Baca juga: Periksa Mata Sejak Dini, Kapan Sebaiknya Mulai Dilakukan?

  1. Retinopati Diabetik

Gangguan lainnya yang dapat dicegah dengan melakukan screening retina adalah retinopati diabetik. Hal ini dapat menyebabkan pengidap diabetes mengalami gangguan penglihatan hingga kebutaan jika sudah parah. Bahayanya adalah gejala awal dari gangguan ini tidak terlihat hingga benar-benar sudah menimbulkan hal yang parah. Maka dari itu, pastikan diri kamu melakukan pemeriksaan mata setiap tahunnya.

Kamu juga dapat bertanya pada dokter mata dari Halodoc terkait manfaat apa saja yang diperoleh ketika melakukan screening retina secara rutin. Dengan mengetahuinya langsung dari dokter ahli, segala keraguan yang timbul akan hilang seketika. Caranya mudah, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan!

  1. Glaukoma

Kamu juga dapat mendeteksi glaukoma secara dini saat melakukan screening retina. Gangguan ini terjadi ketika sistem drainase cairan mata tidak normal. Hal tersebut mampu menyebabkan tekanan pada bola mata sehingga timbulnya kerusakan pada saraf optik. Kebanyakan orang sadar mengidap gangguan ini ketika terdapat titik buta pada penglihatannya yang terbilang sudah parah.

Screening retina yang dilakukan dapat menggunakan sistem pencitraan resolusi tinggi untuk mengambil gambar bagian dalam mata. Seseorang yang sudah rutin melakukan pemeriksaan ini, perubahan yang terjadi pada mata dapat terlihat dengan cara membandingkan hasilnya dengan yang sebelumnya. Jika terdapat perubahan meski sedikit, dokter dapat menentukan langkah yang dapat dilakukan agar tidak bertambah parah.

Baca juga: Periksa Mata Sejak Dini, Kapan Sebaiknya Mulai Dilakukan?

Maka dari itu, penting untuk melakukan pemeriksaan tersebut secara rutin, terlebih jika kamu menghabiskan waktu lebih lama di depan layar komputer. Dengan melakukan screening retina, kamu dapat memastikan jika salah satu aset dari tubuh kamu tetap sehat. Sehingga, kamu dapat memastikan tidak ada suatu gangguan yang dapat mengganggu.

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2020. What Is Retinal Imaging?
Neal Eye Group. Diakses pada 2020. The Importance of an Eye Exam.