• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah 8 Pilihan Camilan Sehat untuk Anak

Inilah 8 Pilihan Camilan Sehat untuk Anak

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Anak-anak yang sedang masa pertumbuhan biasanya sering merasa lapar di antara waktu makan. Waktu-waktu seperti ini dapat orangtua gunakan untuk memberikan camilan. Namun, sebaiknya jangan terlalu sering memberikan makanan ringan kemasan pada anak, karena kalau terlalu sering justru tidak sehat. 

Jadikan waktu makan camilan sebagai peluang untuk tetap memberikan nutrisi tambahan ke dalam makanan anak. Isi perut anak dengan makanan utuh yang dapat memberikan energi dan nutrisi meski dalam bentuk camilan. Berikut adalah beberapa pilihan camilan sehat untuk anak.

Baca juga: 6 Cara Mengatasi Anak yang Suka Jajan

1. Popcorn

Popcorn bisa menjadi salah satu pilihan camilan sehat untuk anak. Popcorn adalah makanan dari biji-bijian jagung yang bergizi. Selama orangtua tidak mencampurkan topping yang tidak sehat, popcorn bisa menjadi cemilan sehat untuk anak-anak. Masak popcorn dalam oven dan beri sedikit mentega, atau bisa juga ditambah dengan taburan keju parmesan di atasnya. 

2. Kacang

Kacang mengandung tinggi lemak sehat, serat dan antioksidan. Lemak penting untuk mendukung pertumbuhan anak. Biasanya, dokter menyarankan untuk menghindari konsumsi kacang pada anak karena memiliki risiko reaksi alergi. Jadi, pastikan anak memang tidak memiliki alergi kacang dan olah kacang dengan tekstur yang aman sebagai camilan. 

3. Keju Cottage

Keju cottage merupakan keju segar dan lembut yang cukup lunak untuk dikonsumsi bayi. Keju ini kaya akan protein, selenium, vitamin B12, dan kalsium. Vitamin B12 penting untuk pertumbuhan dan perkembangan otak pada anak-anak. Orangtua dapat menyajikan keju cottage dengan menambahkan buah segar atau kering, atau bisa juga disajikan dengan es krim agar lebih menarik.

Baca juga: Perhatikan 6 Hal Ini Sebelum Pergi Liburan Bersama Bayi

4. Oatmeal 

Oatmeal merupakan sarapan sehat untuk anak-anak, tapi juga bisa menjadi camilan yang enak. Oatmeal mengandung serat larut tinggi yang dapat meningkatkan jumlah bakteri menguntungkan di saluran pencernaan serta manfaat kesehatan lainnya. 

5. Smoothie Buah

Minuman ini adalah cara yang baik untuk mengemas nutrisi yang bermanfaat sebagai cemilan. Selain buah, sayuran juga dapat ditambahkan ke dalam smoothie. Dengan rasa manis buah yang dominan, anak mungkin tidak menyadari bahwa ada kandungan sayuran di dalamnya. Sehingga, camilan ini baik untuk anak yang malas makan sayur. Gunakan bahan-bahan segar dan hindari jus buah yang tinggi gula. 

6. Telur Rebus

Telur sangat bergizi dan bisa menjadi makanan ringan yang sangat baik untuk anak-anak. Telur mengandung protein yang berkualitas tinggi dengan beberapa vitamin dan mineral, termasuk vitamin B12, riboflavin, dan selenium. Telur juga mengandung lutein dan zeaxanthin, dua karotenoid yang bermanfaat bagi kesehatan mata. 

Baca juga: Tips Pilih Makanan Sehat saat Liburan

7. Kue Pisang

Kue pisang buatan rumah merupakan camilan sehat untuk anak-anak. Kue ini mendapatkan rasa manis dari pisang yang ditumbuk sebagai pengganti gula halus 

8. Kismis

Kismis merupakan sejenis anggur kering. Makanan ini memiliki hampir semua nutrisi yang dibutuhkan Si Kecil. Kismis mengandung jumlah zat besi yang cukup, nutrisi yang dibutuhkan anak yang tidak ditemukan pada makanan lain, dan dapat mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Selain itu, kismis memiliki senyawa tanaman, termasuk asam oleanolic yang dapat melindungi gigi berlubang pada anak. 

Itulah beberapa pilihan camilan sehat untuk anak. Jika Si Kecil mengalami masalah terkait gizi atau masalah kesehatan lainnya, jangan ragu untuk menanyakannya pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Berinteraksi dengan dokter kini lebih mudah hanya dengan download aplikasi Halodoc. 

Referensi:
Healthline Parenthood. Diakses pada 2020. 28 Healthy Snacks Your Kids Will Love.