Pilihan Cemilan Anak 1 Tahun yang Sehat dan Padat Nutrisi

6 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   31 Agustus 2023

“Sama seperti makanan utama, cemilan juga penting untuk anak usia satu tahun. Ada banyak pilihan cemilan anak 1 tahun yang bergizi dan padat nutrisi yang bisa Ibu coba berikan.”

Pilihan Cemilan Anak 1 Tahun yang Sehat dan Padat NutrisiPilihan Cemilan Anak 1 Tahun yang Sehat dan Padat Nutrisi

Halodoc, Jakarta – Menjaga perut anak tetap kenyang penting untuk pertumbuhan dan menjaga suasana hatinya. Perlu ibu ketahui, selain makanan padat dan ASI, camilan juga penting. 

Cemilan anak 1 tahun merupakan bagian yang sangat penting dari pola makannya. Makanan harus kaya energi, protein, dan nutrisi lainnya. Ibu bisa memberikannya sebanyak 2-3 kali sehari di antara waktu makan. 

Rekomendasi Cemilan Anak 1 Tahun

Kebanyakan balita masih memiliki nafsu makan berubah-ubah. Dengan cemilan, ibu bisa menambahkan nutrisi yang tidak ia dapatkan pada dari makanan. Di bawah ini rekomendasi cemilan anak 1 tahun:

1. Susu dan yoghurt

Pada usia 1 tahun, Si Kecil sudah bisa mengenal susu selain ASI, seperti susu UHT dan yoghurt. Keduanya merupakan sumber protein, lemak sehat, dan kalsium yang baik dan anak perlukan untuk pertumbuhan yang optimal.

Studi berjudul Is high milk intake good for children’s health? A National Population-Based Observational Cohort Study, yang terbit pada Jurnal Nutrients mengatakan, secara khusus susu bermanfaat bagi pertumbuhan anak-anak.

Pasalnya, minuman ini merupakan sumber energi yang lengkap dan merupakan sumber protein, kalsium, fosfor, dan vitamin A yang paling kaya. Susu juga mengandung gizi berkualitas tinggi.

2. Tahu dan tempe

Cemilan anak 1 tahun yang sehat berikutnya adalah tahu dan tempe. Di dalamnya mengandung protein nabati, zat besi, dan kalsium. Ibu bisa menyajikannya dengan cara memanggangnya atau menggorengnya.

Penelitian Calcium-enriched foods and bone mass growth in prepubertal girls: a randomized, double-blind, placebo-controlled trial, yang terbit pada Journal of Clinical Investigation mengatakan, kandungan kalsium dapat membantu meningkatkan pertumbuhan dan kepadatan tulang pada anak-anak dan remaja.

Untuk mengetahui manfaat dari tahu, ibu bisa klik artikel ini untuk penjelasan lebih lanjut: Jarang Diketahui, Ini 11 Manfaat Tahu bagi Kesehatan

3. Telur rebus

Cemilan anak 1 tahun lainnya adalah telur rebus. Jenis kudapan ini mudah disiapkan, serbaguna, dan mengandung protein berkualitas tinggi serta nutrisi lainnya yang dibutuhkan oleh Si Kecil.

Studi Dietary Protein Quantity, Quality, and Exercise Are Key to Healthy Living: A Muscle-Centric Perspective Across the Lifespan, yang terbit pada Frontiers in Nutrition menemukan bahwa, protein dalam telur sangat penting untuk pertumbuhan anak.

Alasannya karena dapat membantu membangun otot dan jaringan. Selain itu, telur juga mengandung lemak sehat dan vitamin yang penting untuk perkembangan otak anak.

4. Es krim buah

Daripada membelinya di luar, ibu bisa membuatnya sendiri di rumah dengan buah segar. Caranya, blender buah, lalu tuangkan ke cetakan es krim, kemudian letakkan ke freezer kulkas selama beberapa jam.

5. Buah-buahan

Cemilan anak 1 tahun selanjutnya, yaitu buah-buahan. Pastikan memilih buah-buahan dengan tekstur yang lembut dan sesuai dengan kemampuan mengunyah anak. Misalnya, pepaya, mangga, pisang, atau stroberi. 

6. Sandwich selai kacang

Ibu bisa memberikan sandwich dengan isi selai kacang alami tanpa tambahan gula. Selai kacang kaya akan protein dan lemak sehat yang dapat membantu meningkatkan energi anak dan memelihara kesehatan otot-ototnya.

7. Smoothie buah-buahan

Cemilan anak 1 tahun ini berisi buah-buahan dan yoghurt. Selain yoghurt, ibu juga bisa menambahkan susu rendah lemak. Cemilan ini tak hanya menyegarkan, tapi juga menyediakan vitamin serta mineral penting. 

8. Popcorn

Ibu bisa memilih popcorn tanpa tambahan mentega atau gula. Agar lebih sehat, ibu bisa mengganti gula biasa dengan stevia. Makanan ini mengandung rendah kalori dan tinggi serat, sehingga mengenyangkan untuk Si Kecil.

9. Pasta

Pasta tidak hanya bisa dikonsumsi sebagai makanan utama, tapi juga sebagai cemilan sehat. Caranya, rebus sedikit pasta sampai empuk, tambahkan minyak zaitun. Lalu tambahkan parutan keju atau saus tomat. 

10. Tomat dan keju

Tomat dan keju mengandung 5 hingga 8 gram protein, yang membantu menjaga anak-anak tetap berenergi. Sayuran ini juga menyediakan antioksidan penting yang dapat menghalau radikal bebas penyebab penyakit.

11. Stik buah beku

Untuk membuatnya, ibu bisa menusuk tiga potong buah segar pada stik es krim atau tusuk gigi, lalu simpan di dalam freezer. Setelah beku, sajikan dengan serpihan kelapa atau kacang mete.

Selain pilihan di atas, masih banyak rekomendasi cemilan sehat lainnya untuk anak. Ibu bisa mengetahui rekomendasi lainnya dengan membaca Inilah 8 Pilihan Camilan Sehat untuk Anak.

Apakah Bayi 1 Tahun Boleh Makan Snack?

Menurut UNICEF, pada usia 1 tahun adalah saat sudah anak mulai berjalan. Karena itu, ibu perlu memberinya makan 4-5 kali sehari, termasuk cemilan sehat. Lantas, apa saja snack sehat untuk anak?

  • Potongan buah-buahan segar dan empuk.
  • Sayuran yang sudah direbus, seperti wortel atau kentang.
  • Keju potong.
  • Sereal yang terbuat dari gandum.
  • Yoghurt.
  • Potongan tahu.

Ibu juga bisa menghubungi dokter spesialis anak untuk mengetahui rekomendasi cemilan sesuai dengan perkembangan anak. Perhatikan teksturnya, jangan sampai membahayakan dan membuat anak tersedak.

Tips saat Memberikan Cemilan untuk Anak

Meskipun cemilan sama pentingnya dengan makanan, tapi tidak selalu mudah untuk memberikannya pada Si Kecil. Berikut ini tips saat memberikan cemilan untuk anak beruisa 1 tahun:

1. Berikan dalam porsi yang sesuai

Porsi makanan cemilan anak 1 tahun setidaknya seperempat hingga sepertiga dari porsi orang dewasa. Ibu juga bisa menawarkan camilan sebanyak 2-3 kali sehari, di sela waktu makan utama. 

2. Tetapkan jadwal untuk cemilan

Tawarkan cemilan 2-3 jam setelah ia mengonsumsi makanan utama. Hindari menawarkan camilan langsung setelah makan atau sebagai pengganti makanan utama, karena pola makan anak bisa berubah.

3. Jangan memberikan berdasarkan permintaan

Memberikan cemilan berdasarkan permintaan Si Kecil dapat membentuk kebiasaan buruk. Kemudian hari, anak justru lebih memilih makanan cemilan ketimbang makanan utama.

Ibu tidak perlu khawatir jika anak tidak mendapatkan cukup makan. Disiplin dalam jadwal ngemil dan memilih cemilan yang menyehatkan dapat mengajarkan pola makan sehat pada anak. 

4. Batasi gula, garam, atau lemak

Makanan tinggi gula, garam, atau lemak adalah kudapan rendah nutrisi. Makanan ini dapat memicu asupan kalori tinggi yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan yang tidak sehat. 

5. Hindari mengkategorikan makanan sebagai sehat dan “tidak sehat”

Tidak apa-apa jika sesekali memberikan anak cemilan yang tidak. Misalnya sekali dalam 1-2 minggu dan dalam porsi kecil. Jangan memaksa, karena ini bisa menyebabkan trauma, sehingga Si Kecil tidak menyukai makanan itu. 

6. Jadilah contoh untuk anak

Ibu bisa menjadi panutan yang baik dengan tidak mengonsumsi makanan tidak sehat yang dihindari Si Kecil. Batasi juga asupan makanan dan minuman manis, terlalu asin, dan makanan cepat saji di depan anak.

7. Ajarkan anak duduk saat makan cemilan

Ajak anak untuk makan cemilan di meja makan. Jangan menyetel TV, gadget, buku, dan mainan selama waktu ngemil. Dengan begini, anak dapat berkonsentrasi dan menikmati makanannya.

8. Selalu stok persediaan cemilan sehat

Ibu dapat menyimpan berbagai cemilan kering yang sehat sebagai stok. Misalnya, sereal dan buah-buahan kering. Selain itu, ibu juga dapat mengajak Si Kecil mencari cemilan sehat saat belanja ke supermarket.. 

Tak hanya dari segi makanan, ibu juga perlu memperhatikan jadwal imunisasi anak. Jangan sampai terlewat, karena prosedur ini mampu mendukung kekebalan tubuh Si Kecil terhadap penyakit. Ketahui: Ini Jadwal Imunisasi Dasar Anak yang Harus Diketahui.

Itulah yang perlu ibu ketahui tentang pilihan cemilan anak 1 tahun yang sehat dan tips memberikan cemilan untuk Si Kecil. Pastikan cemilan Si Kecil memiliki padat nutrisi untuk mengisi kekurangan yang mungkin terjadi pada saat waktu makan.

Jika Si Kecil alami masalah kesehatan, jangan ragu untuk mendiskusikannya dengan dokter spesialis anak di Halodoc. Yuk, klik gambar di bawah ini untuk chat dengan dokter sekarang:

chat dokter anak
Referensi:
Children’s Nutrition. Diakses pada 2023. 35 healthy snacks for toddlers that they will love.
Nutrients. Diakses pada 2023. Is high milk intake good for children’s health? A National Population-Based Observational Cohort Study.
Journal of Clinical Investigation. Diakses pada 2023. Calcium-enriched foods and bone mass growth in prepubertal girls: a randomized, double-blind, placebo-controlled trial.
Frontiers in Nutrition. Diakses pada 2023. Dietary Protein Quantity, Quality, and Exercise Are Key to Healthy Living: A Muscle-Centric Perspective Across the Lifespan.
Healthy Xchange. Diakses pada 2023. ​9 Tips to Encourage Healthy Snacking in Children.
Yummy Toddler Go. Diakses pada 2023. 25 Healthy Toddler Snacks to Take On the Go.
Good Housekeeping. Diakses pada 2023. 30 Easy Healthy Snacks for Kids, According to a Nutritionist.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan