Inilah Tanda Wanita saat Memasuki Masa Subur

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   08 Juni 2022

“Ada berbagai hal yang perlu diketahui sebagai tanda wanita memasuki masa subur. Seperti misalnya perut kembung dan perubahan pada payudara.”

Inilah Tanda Wanita saat Memasuki Masa SuburInilah Tanda Wanita saat Memasuki Masa Subur

Halodoc, Jakarta – Mengetahui masa kesuburan bagi wanita menjadi hal penting yang perlu dilakukan. Terlebih jika kamu memiliki rencana untuk menjalani kehamilan bersama pasangan. Mengetahui tanda-tanda kesuburan pun nyatanya tidak terlalu sulit untuk dilakukan. Selain mengetahui dari kalender menstruasi, kamu juga bisa mengetahui dari beberapa tanda yang dialami oleh tubuh.

Selain perubahan suasana hati, tanda saat wanita memasuki masa subur adalah perubahan pada payudara, yang menjadi lebih besar dan melunak. Wanita yang memasuki masa subur juga akan mengalami keputihan yang berwarna bening dengan tekstur yang kental. Untuk mengetahui lebih banyak mengenai tanda wanita memasuki masa subur simak ulasannya berikut ini!

Berbagai Wanita Memasuki Masa Subur

Setiap wanita akan mengalami masa kesuburan yang berbeda-beda. Hal ini akan disesuaikan dengan siklus menstruasi tiap wanita. Nah, tanda wanita memasuki masa subur antara lain:

Perut Kembung

Perut yang kembung akan menyebabkan pengidapnya mengalami perasaan perut yang penuh, kencang, dan membesar. Pada wanita yang tengah menjalani masa kesuburannya, perut kembung bisa terjadi akibat perubahan hormon seksual yaitu progesteron dan estrogen. Perut kembung akan dirasakan semakin memburuk ketika wanita mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan.

Untuk menurunkan rasa tidak nyaman saat perut kembung akibat masa kesuburan, kamu bisa mengurangi makanan yang mengandung garam, memperbanyak makanan yang mengandung potasium, hingga melakukan olahraga ringan secara rutin. Informasi selengkapnya mengenai masa subur wanita bisa dibaca di artikel: “Kapan Masa Subur Wanita Berlangsung? Ini Cara Menghitungnya.”

Perubahan pada Payudara

Wanita yang memasuki masa kesuburan juga ditandai dengan perubahan pada payudara. Memasuki masa subur, payudara wanita akan membesar dengan tekstur yang lebih lunak. Kondisi ini terjadi akibat adanya perubahan hormon selama wanita memasuki masa subur. 

Bukan hanya membesar dan menjadi lebih lunak, saat memasuki masa subur payudara juga akan terasa lebih nyeri. Estrogen menyebabkan saluran payudara membesar, sedangkan progesteron menyebabkan kelenjar susu membengkak. Kedua hal inilah yang membuat payudara nyeri.

Perhatikan Warna Cairan Vagina

Saat memasuki masa subur, tanda lain yang perlu diperhatikan adalah warna cairan vagina. Cairan vagina atau keputihan yang menandakan masa subur memiliki warna putih telur dengan tekstur kental. Cairan vagina yang muncul saat memasuki masa subur membantu sperma mencapai sel telur sehingga dapat terjadi kehamilan.

Kram Perut

Kram perut juga bisa terjadi sebagai tanda wanita memasuki masa subur. Pada sebagian besar wanita, kram perut yang terjadi saat masa subur hanya sementara. Namun, beberapa wanita lainnya merasakan kram perut yang cukup mengganggu setelah melakukan hubungan seksual di masa subur. 

Jika kamu mengalami kram atau nyeri perut yang sangat mengganggu selama menjalani masa subur, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan pada rumah sakit. Kamu bisa mencari tahu rumah sakit terdekat yang bisa kamu kunjungi untuk melakukan pemeriksaan melalui aplikasi Halodoc. Caranya download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga!

Peningkatan Gairah Seksual

Peningkatan gairah seksual terjadi akibat perubahan hormon dalam tubuh ketika wanita memasuki masa subur. Menurut ahli endokrinologi reproduksi, Sheeva Talebian, M.D., pada masa subur hormon estrogen akan mencapai masa puncaknya, sedangkan hormon testosteron juga akan melonjak. 

Hormon estrogen dan testosteron adalah dua jenis hormon yang terkait dengan gairah seksual. Jadi, inilah yang menyebabkan wanita lebih bergairah saat memasuki masa subur.

Kamu bisa rutin berolahraga dan mengonsumsi berbagai makanan sehat saat memasuki masa subur untuk menurunkan risiko gejala yang memburuk. Jangan lupa untuk perbanyak istirahat dan mengonsumsi cairan agar tubuh terhindar dari kondisi dehidrasi.

Referensi:

Very Well Family. Diakses pada 2022. 8 Signs of Ovulation That Help Detect Your Most Fertile Time.
Healthline. Diakses pada 2022. Premenstrual Breast Swelling and Tenderness.
Medical News Today. Diakses pada 2022. Seven Tips for Relieving Period Bloating.
Mind Body Green Relationship. Diakses pada 2022. The Real Reason You’re So Horny On & Before Your Period.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan