• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah yang Dimaksud Lordosis dan Jenis-Jenisnya
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah yang Dimaksud Lordosis dan Jenis-Jenisnya

Inilah yang Dimaksud Lordosis dan Jenis-Jenisnya

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 18 Februari 2022

“Lordosis adalah kelainan pada tulang punggung bagian bawah yang melengkung berlebihan. Masalah ini menjadi salah satu kelainan pada tulang belakang yang bisa terjadi pada siapa saja.”

Inilah yang Dimaksud Lordosis dan Jenis-Jenisnya

Halodoc, Jakarta – Normalnya tulang punggung setiap orang agak melengkung pada bagian punggung atas, bawah, dan leher. Ini guna membantu tubuh menopang area kepala, membuat kepala dan panggul tetap sejajar, membantu mempertahankan struktur tubuh, dan memudahkan kamu bergerak serta membungkuk.

Akan tetapi, lengkungan yang terdapat pada tulang punggung bawah cukup dalam ketika mengalami lordosis. Alhasil, tulang belakang seperti mendapatkan tekanan yang berlebihan dan memicu munculnya rasa sakit serta tak nyaman. 

Jenis-Jenis Lordosis

Lordosis sendiri terbagi menjadi beberapa jenis, di antaranya:

  1. Lordosis Postural

Lordosis jenis ini sering kali terjadi karena seseorang mengalami kelebihan berat badan. Hal tersebut mengakibatkan area perut mempunyai beban yang lebih besar dan bagian lumbar pun lebih maju. Selain itu, lordosis postural juga bisa terjadi saat otot bagian perut dan punggung lemah, sehingga tidak mampu menyangga tulang belakang dengan baik.

  1. Lordosis Trauma atau Kongenital

Selanjutnya ada lordosis trauma atau kongenital yang terjadi saat janin yang berada dalam kandungan mengalami perkembangan tulang belakang tidak sempurna. Dampaknya adalah terjadi kecacatan pada tulang belakang yang membuatnya lemah dan tidak bisa membungkuk. 

Tak hanya karena cacat bawaan, lordosis kongenital atau swayback bisa juga terjadi karena terjatuh dari tempat yang terlampau tinggi, cedera saat berolahraga, atau mengalami kecelakaan. 

  1. Lordosis Neuromuskular

Lordosis neuromuskular terjadi karena kondisi kesehatan yang mengakibatkan terganggunya fungsi dan otot tubuh. Beberapa masalah kesehatan tersebut seperti cerebral palsy dan distrofi otot.

  1. Lordosis Sekunder dari Kontraktur Fleksi Panggul

Tipe lordosis ini disebabkan karena kontraktur yang terjadi pada sendi panggul, yaitu sendi dan otot mengalami pemendekan secara permanen. Kontraktur bisa muncul karena cedera, infeksi, maupun keseimbangan otot yang mengalami masalah. 

  1. Laminektomi Pascabedah Hiperlordosis

Kelainan ini muncul setelah menjalani prosedur laminektomi, yaitu pengangkatan tulang belakang guna memberikan akses ke akar saraf atau sumsum tulang belakang. Tindakan bedah tersebut mengakibatkan tulang belakang menjadi tidak stabil. Selain itu, kelengkungan normal juga mengalami peningkatan yang membuat punggung bagian bawah melengkung berlebihan atau hiperlordotik. 

Mengenali Gejala Lordosis

Tanda dan gejala seseorang mengalami lordosis dapat terlihat dari postur tubuhnya. Gejala yang umum terjadi seperti: 

  • Tubuh bagian atas sampai area perut tampak lebih maju. Sementara itu, area pantat lebih mundur dan terangkat. Apabila diperhatikan dari samping, area perut hingga pinggang seperti menekuk.
  • Pengidap lordosis akan mengalami kesulitan terlentang ketika tidur. Area punggung akan sangat sulit menempel pada lantai atau tempat tidur karena terhalangi oleh pantat. 

Tak hanya dari postur tubuh atau penampilan, pengidap lordosis juga sering menunjukkan gejala fisik lainnya. Contohnya seperti mati rasa, nyeri, kesemutan, dan lemah pada salah satu atau kedua kaki. Selain itu, pengidap juga rentan mengalami gangguan pada kandung kemih. 
Jika kamu merasakan gejala yang mengarah pada lordosis, segera lakukan pengecekan di rumah sakit terdekat. Kamu bisa membuat booking dokter di rumah sakit lebih mudah dengan menggunakan aplikasi Halodoc. Jadi, download aplikasi Halodoc di ponsel kamu, ya!

Referensi:
Nationwide Children’s Hospital. Diakses pada 2022. Lordosis: Types, diagnosis and treatment. 
MedlinePlus. Diakses pada 2022. Lordosis – lumbar.
Boston Children’s Hospital. Diakses pada 2022. Lordosis.