• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Intip Cara Agar Tidur Lebih Nyenyak di Musim Hujan

Intip Cara Agar Tidur Lebih Nyenyak di Musim Hujan

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Intip Cara Agar Tidur Lebih Nyenyak di Musim Hujan

Halodoc, Jakarta - Masih melekat dalam ingatan bencana banjir Jakarta beberapa hari lalu. Banjir ini pun tidak langsung datang, beberapa hari sebelum air meluap, hujan sudah terus turun, bahkan hampir sepanjang hari. Tak jarang hujan yang turun di malam hari juga disertai petir yang menyambar dan membuat kamu jadi terbangun di malam hari. 

Selama puncak musim hujan, sangat wajar jika seseorang jadi tidak bisa tidur nyenyak. Mulai dari suara hujan yang terlalu deras, petir, hingga kecemasan akan datangnya banjir. Karena mereka yang rumahnya sudah terbiasa terkena banjir, umumnya akan berjaga saat hujan lebat turun di malam hari untuk mewaspadai masuknya air ke rumah mereka.   

Secara tak langsung kondisi ini pun memengaruhi jadwal tidur. Lantas, bagaimana sih cara agar tetap bisa tidur nyenyak selama musim hujan, kamu perlu simak tipsnya berikut!

Baca juga: Banjir Jakarta, Awas 4 Penyakit yang Menyerang Anak

Tips Tidur Nyenyak di Musim Hujan

Berikut adalah cara yang bisa kamu coba untuk tetap bisa mendapatkan tidur yang nyenyak selama musim hujan:

Patuhi Jadwal Tidur

Sisihkan tidak lebih dari delapan jam untuk tidur setiap harinya. Jumlah tidur yang disarankan untuk orang dewasa yang sehat adalah setidaknya tujuh jam. Kebanyakan orang tidak membutuhkan lebih dari delapan jam di tempat tidur untuk mencapai tujuan ini.

Selain itu, tidur dan bangunlah pada waktu yang sama setiap hari. Usahakan untuk membatasi perbedaan jadwal tidur pada malam hari dan akhir pekan menjadi tidak lebih dari satu jam. Menjadi konsisten akan jam tidur akan memperkuat siklus tidur-bangun tubuh. 

Jika kamu tidak tertidur dalam waktu sekitar 20 menit, tinggalkan kamar dan lakukan sesuatu yang menenangkan. Baca atau dengarkan musik yang menenangkan dan kembalilah ke tempat tidur saat sudah mulai lelah. 

Kelola Kekhawatiran

Cobalah untuk menyelesaikan kekhawatiran sebelum tidur. Jika kamu khawatir rumah akan kebanjiran, sebaiknya amankan dahulu barang-barang, terutama barang-barang berharga di rumahmu. Jika kamu khawatir ada sanak saudara atau teman yang rumahnya sering terkena banjir, ingat juga hal ini. Banjir Jakarta mungkin sulit dihindari, tetapi kamu masih tetap bisa meminimalkan efek kerugiannya. Kamu juga bisa coba teknik meditasi untuk meredakan kecemasan.

Perhatikan Asupan Makanan dan Minuman 

Jangan pergi tidur dalam keadaan lapar atau kenyang. Hindari juga makan makanan berat atau besar dalam beberapa jam sebelum tidur. Ketidaknyamanan ini mungkin membuat kamu tetap terjaga.

Nikotin, kafein, dan alkohol juga patut diwaspadai. Efek stimulasi dari nikotin dan kafein membutuhkan waktu berjam-jam untuk menghilang dan dapat merusak kualitas tidur. Selain itu, meskipun alkohol dapat membuat kamu mengantuk, alkohol nyatanya bisa mengganggu tidur di malam hari.

Baca juga: Terapkan Pola Makan Ini agar Tidur Lebih Nyenyak

Buat Suasana Kamar yang Tenang 

Ciptakan ruangan yang ideal untuk tidur. Buat kamar yang sejuk, gelap dan tenang. Paparan cahaya mungkin membuat kamu jadi lebih sulit tertidur. Hindari penggunaan gadget sebelum waktu tidur. Pertimbangkan untuk menggunakan tirai penggelap ruangan, penyumbat telinga, kipas angin, atau perangkat lain untuk menciptakan lingkungan yang sesuai dengan kebutuhan.

Melakukan aktivitas yang menenangkan sebelum tidur, seperti mandi atau menggunakan teknik relaksasi juga diyakini bisa meningkatkan kualitas tidur.

Batasi Tidur Siang

Tidur siang yang lama dapat mengganggu tidur malam. Jika kamu memilih untuk tidur siang, batasi diri hingga 30 menit dan hindari melakukannya di siang hari. Namun, jika kamu bekerja pada malam hari, kamu mungkin perlu tidur siang sebelum bekerja untuk membantu membayar hutang tidur.

Perbanyak Aktivitas Fisik 

Aktivitas fisik yang teratur dapat meningkatkan kualitas tidur. Namun, hindari aktif terlalu dekat dengan waktu tidur. Menghabiskan waktu di luar setiap hari juga mungkin bisa membantu.

Baca juga: Inilah 6 Olahraga Pilihan saat Musim Hujan 

Jika kamu masih sering kesulitan untuk tidur, maka sebaiknya diskusikan dengan dokter di Halodoc untuk memahami apa yang kira-kira menjadi penyebabnya. Jika diperlukan, dokter di Halodoc juga mungkin akan meresepkan obat tidur yang bisa membantumu untuk mendapatkan istirahat yang cukup. Ambil smartphone-mu sekarang, dan nikmati kemudahan bicara dengan dokter, kapan dan di mana saja!

Referensi:
Centers for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2021. Sleep Hygiene Tips.
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Sleep Tips: 6 Steps to Better Sleep.
Pop Sugar. Diakses pada 2021. How to Establish a Healthy Sleep Routine During These Dark, Dreary Days of Winter.