Intip Khasiat Kayu Secang untuk Kulit Wajah

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   09 Desember 2021
Intip Khasiat Kayu Secang untuk Kulit WajahIntip Khasiat Kayu Secang untuk Kulit Wajah

“Tidak hanya untuk kesehatan internal saja, kayu secang ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan kulit wajah. Beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari mengonsumsi kayu secang adalah mendapatkan perlindungan dari sinar UV, menghambat pertumbuhan jerawat, serta mempercepat proses penyembuhan luka dan peradangan kulit.”

Halodoc, Jakarta – Kayu secang adalah salah satu ramuan tradisional yang kerap digunakan sebagai bahan minuman hangat. Kayu secang biasanya direbus dengan jahe dan gula batu, kemudian diminum untuk mendapatkan khasiatnya.

Selama ini kayu secang dikenal memberikan manfaat untuk orang dengan diabetes dan juga dapat meningkatkan sirkulasi darah. Nah, selain memberikan manfaat kesehatan tubuh dari dalam, kayu secang juga baik untuk kesehatan kulit wajah. Yuk, intip khasiat kayu secang untuk kulit wajah di sini!

1. Menghambat Pertumbuhan Bakteri di Wajah

Air rebusan dengan serutan kayu secang memiliki sifat antimikroba. Ini dikarenakan kayu secang memiliki kandungan metanol yang dapat menghambat bakteri Staphylococcus aureus yang resisten terhadap methicillin. Selain dapat menyebabkan infeksi kulit, methicillin  dapat menyebabkan keracunan makanan dan infeksi sendi.

2. Mencegah Pertumbuhan Jerawat

Mencuci muka dengan air kayu secang bisa menjadi pengobatan jerawat yang efektif. Brazilein yang merupakan pigmen merah yang dapat ditemukan dalam ekstrak kayu secang telah terbukti melawan Propionibacterium acnes yang menyebabkan jerawat dan radang kelopak mata.

3. Kaya Akan Antioksidan

Pecinta teh tahu bahwa mereka mendapatkan dosis harian antioksidan dari teh. Meski begitu, teh juga bisa menyebabkan keasaman parah dan kecanduan kafein. Jika kamu menginginkan pengganti teh yang bagus tanpa mendapatkan efek sampingnya, kamu bisa memperolehnya dari kayu secang. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kayu secang memberikan lebih banyak antioksidan dan perlindungan yang lebih baik dari radikal bebas ketimbang quercetin yang terdapat pada blueberry. 

4. Memiliki Sifat Anti-alergi

Kalau kamu memiliki masalah alergi pada kulit, minum air kayu secang dapat membantu mengatasi dan mengurangi gejala alergi. Senyawa dalam kayu secang, terutama sappan chalcone, memiliki sifat anti-alergi yang kuat.

5. Perlindungan dari Sinar UV

Penelitian telah menunjukkan bahwa brazilin dalam melindungi kulit dari bahaya sinar UV. Kamu dapat menggunakan ekstrak pathimugam dalam facepack dan serum secara teratur untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV. Karena memiliki sifat antibakteri, ia juga bisa membantu mengobati jerawat.

6. Antiperadangan Kulit

Beberapa senyawa yang ada dalam kayu secang memiliki sifat antiinflamasi termasuk brazilin dan saponin. Dua kandungan ini sangat baik untuk mengobati luka dan membantu mengurangi peradangan dan rasa sakit jika digunakan sebagai pencuci luka. Selain membantu menangani peradangan pada kulit, kedua bahan tersebut juga dapat menyembuhkan peradangan sendi. 

Itulah manfaat kayu secang untuk kulit wajah. Jika ditelaah lebih dalam, kayu secang juga memiliki khasiat lain untuk kesehatan. Misalnya mengatasi peradangan saluran napas karena alergi asma, serta mengobati peradangan saraf yang merupakan penyebab utama berbagai penyakit otak termasuk penyakit Alzheimer dan Parkinson.

Informasi selengkapnya mengenai kayu secang bisa kamu tanyakan pada dokter lewat Halodoc. Tanpa perlu repot, dengan aplikasi Halodoc kamu bisa berbincang dengan dokter kapan dan di mana saja kamu membutuhkannya. Belum punya aplikasinya? Download sekarang juga aplikasinya di App Store atau Google Play!

Referensi:
The Health Site. Diakses pada 2021. 6 Health Benefits of Sappanwood or Pathimugam.
Wild Turmeric. Diakses pada 2021. 7 Top Benefits of Pathimugam Water (Sappan Wood).

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan