• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Jaga Kesehatan Jantung, Ini 4 Manfaat Lain Akar Alang-Alang
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Jaga Kesehatan Jantung, Ini 4 Manfaat Lain Akar Alang-Alang

Jaga Kesehatan Jantung, Ini 4 Manfaat Lain Akar Alang-Alang

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 17 Oktober 2022

“Selain menjaga kesehatan jantung, akar alang-alang juga diketahui memiliki banyak manfaat lainnya. Salah satunya adalah dapat berperan sebagai obat untuk mengatasi panas dalam.”

Jaga Kesehatan Jantung, Ini 4 Manfaat Lain Akar Alang-AlangJaga Kesehatan Jantung, Ini 4 Manfaat Lain Akar Alang-Alang

Halodoc, Jakarta – Akar alang-alang atau Imperata cylindrica merupakan salah satu tanaman herbal yang sudah dikenal luas oleh orang Indonesia. Sebab, tanaman herbal ini diketahui punya beragam manfaat. Salah satu manfaat akar alang-alang yang dikenal luas adalah menjaga kesehatan jantung. 

Untuk mendapatkan manfaat akar alang-alang caranya pun, kamu hanya perlu merebus Imperata cylindrica dan mengonsumsi air rebusannya. Namun, tak hanya itu, nyatanya akar alang-alang juga memiliki banyak manfaat lainnya. Penasaran apa saja manfaat lainnya? Yuk, ketahui informasinya di sini! 

Manfaat Akar Alang-Alang yang juga perlu Diketahui

Akar alang-alang diketahui mengandung berbagai bentuk zat aktif yang penting. Misalnya seperti zat aktif yang bersifat antipiretik, diuretik, dan hemostatik. Selain itu, ada beberapa senyawa penting lainnya yang juga terkandung di dalam Imperata cylindrica. Mulai dari manitol, glukosa, asam sitrat, malic acid, sakharosa, cylindrin, fernenol, coixol, arundoin, anemonin, simiarenol, damar, logam alkali, dan asam kersik. 

Nah, berdasarkan kandungannya, berikut adalah beberapa manfaat Imperata cylindrica lainnya yang juga penting bagi kesehatan: 

1. Obat panas dalam

Salah satu manfaat akar alang-alang adalah obat alami untuk mengatasi panas dalam. Inilah mengapa banyak produk minuman pereda panas dalam, kerap memasukan akar alang-alang ke dalam komposisinya. Karena itu, jika kamu merasakan panas dalam, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi rebusan akar tersebut. 

2. Membantu mengobati tekanan darah tinggi

Akar alang-alang juga diyakini dapat dijadikan sebagai obat untuk mengobati tekanan darah. Sebab, tanaman ini diketahui memiliki zat aktif yang berperan dalam mengendalikan lemak dan kolesterol.

Nah, kedua hal tersebut diketahui merupakan pemicu utama penyebab hipertensi atau tekanan darah tinggi. Meski begitu, penting bagi pengidap hipertensi untuk senantiasa menjaga pola makannya, dan berolahraga secara rutin. 

3. Sebagai obat diare

Manfaat akar alang-alang selanjutnya adalah berperan sebagai obat diare, baik pada anak-anak maupun orang dewasa. Manfaat ini dapat diperoleh dengan mengonsumsi air rebusan akar tanaman tersebut dengan takaran yang tepat. 

Untuk mencobanya, kamu bisa mencuci 250 gram akar alang-alang, yang kemudian direbus dengan dua gelas air selama 15 menit. Selanjutnya, saring air rebusan tersebut, dan minum air yang sudah disaring. Konsumsi air rebusan ini perlu dilakukan segera setelah buang air besar. 

4. Membantu mengatasi mimisan

Mimisan atau hidung berdarah merupakan salah satu kondisi medis yang lazim terjadi. Nah, akar alang-alang dipercaya dapat membantu mengobati mimisan. Caranya pun mudah, kamu hanya perlu mencuci bersih tanaman tersebut, kemudian tumbuk hingga lumat dan berair. Kemudian, peras sampai hanya airnya yang tersisa, dan minumlah air perasan tersebut secara rutin. 

Adakah Risiko Efek Samping? 

Merujuk pada artikel ilmiah yang dipublikasikan pada Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Kesehatan, hingga saat ini belum ada laporan kematian akibat konsumsi alang-alang. Hal ini dibuktikan pada sebuah eksperimen terhadap lima ekor tikus yang diberikan ekstrak alang-alang.

Ekstrak alang-alang tersebut diberikan dalam dosis tertentu. Selama 14 hari, tidak ada tikus yang menunjukkan tanda efek samping maupun toksisita, baik secara mortalitas maupun secara histopatologis. Dengan kata lain, selain dipercaya dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan, Imperata cylindrica juga aman untuk dikonsumsi. Kendati demikian, pastikan untuk tidak mengolahnya secara sembarangan ketika ingin mengonsumsinya. 

Itulah beberapa manfaat lain dari konsumsi akar alang-alang. Mulai dari mengobati panas dalam, hingga membantu mengatasi mimisan. Jika kamu masih memiliki pertanyaan seputar konsumsi alang-alang atau memiliki keluhan kesehatan, segeralah hubungi dokter. 

Nah, melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa tanya dokter tepercaya untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Tentunya melalui fitur chat/video call secara langsung pada aplikasinya. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga! 

Referensi: 
Merdeka. Diakses pada 2022. 9 Manfaat Akar Alang-Alang untuk Kesehatan, Bantu Obati Asma. 
NIH. Diakses pada 2022. Imperata cylindrica: A Review of Phytochemistry, Pharmacology, and Industrial Applications. 
ejournal2.litbang.kemkes. Diakses pada 2022. Studi Literatur untuk Memperoleh Dasar Ilmiah Penggunaan Akar Alang-alang sebagai Ramuan Jamu untuk Penyembuhan Beberapa Penyakit di Rumah Riset Jamu Hortus Medicus.