Jangan Asal Berikan Pisang pada Kucing, Ini Alasannya

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   30 Maret 2021
Jangan Asal Berikan Pisang pada Kucing, Ini AlasannyaJangan Asal Berikan Pisang pada Kucing, Ini Alasannya

Halodoc, Jakarta - Bagi sebagian orang memelihara kucing adalah salah satu kegiatan yang cukup menyenangkan. Mulai dari melatih kucing, memberikan perhatian, hingga kasih sayang dilakukan agar kucing tetap merasa nyaman. Tidak hanya itu, sebaiknya pemilik kucing juga perlu mengetahui berbagai jenis makanan yang disukai atau yang tidak disukai oleh kucing.

Baca juga: Hal yang Perlu Diketahui Tentang Makanan Kucing

Tentunya, kamu perlu memberikan makanan dengan gizi seimbang dan juga mengandung daging. Hal ini disebabkan kucing sebagai hewan karnivora. Sedangkan, hindari memberikan kucing makanan dengan kandungan pengawet yang tinggi dan juga buah seperti pisang. Wah apa ya alasannya? Nah, tidak ada salahnya simak ulasan mengenai pemberian makan yang tepat pada kucing!

Kucing dan Pisang

Siapa sih yang tidak suka pisang? Pisang tentunya merupakan buah yang mudah ditemukan dengan rasa yang manis. Hal ini membuat semua orang menyukai buah pisang. Bahkan, buah pisang merupakan buah yang tepat bagi manusia saat akan menjalankan diet.

Bukan hanya manusia, pisang juga menjadi makanan favorit beberapa hewan, loh. Salah satunya monyet. Namun, sebaiknya jangan asal memberikan buah pisang pada kucing. Meskipun buah ini tidak berbahaya untuk kucing, tetapi pisang tidak direkomendasikan untuk makanan kucing kesayangan kamu.

Hal ini disebabkan kucing merupakan hewan berjenis karnivora. Kondisi ini membuat kucing membutuhkan kebutuhan protein daging lebih tinggi dibandingkan hewan peliharaan lainnya. Dengan memberikan pisang pada kucing, hewan kesayangan kamu tidak akan mendapatkan gizi yang dibutuhkan dan juga sistem pencernaan kucing yang tidak sesuai dengan pola makan nabati.

Jika terus menerus diberikan, buah pisang akan menyebabkan gangguan kesehatan pada pencernaan kucing. Mulai dari diare, diabetes, hingga obesitas. Hal ini disebabkan pisang memiliki kandungan gula dan karbohidrat yang sangat tinggi bagi kucing.

Baca juga: Ragam Makanan Kesukaan Kucing yang Perlu Diketahui

Kucing sendiri merupakan hewan yang tidak terlalu suka dengan makanan bercita rasa manis. Bahkan, indera perasa kucing pun sedikit berbeda dengan indera perasa manusia. Meskipun kucing dapat mendeteksi rasa pahit, asin, asam, dan gurih, tetapi mereka kurang mampu merasakan rasa manis. Jadi, tidak ada salahnya mulai sekarang berikanlah makanan tepat untuk kucing kesayangan kamu agar kondisi kesehatannya tetap terjaga. 

Namun, jika kucing mengalami beberapa gejala gangguan pencernaan, seperti diare atau muntah, tidak ada salahnya gunakan Halodoc dan tanyakan langsung pada dokter hewan mengenai kondisi kesehatan hewan kesayangan kamu. Caranya mudah kok, langsung saja download Halodoc melalui App Store atau Google Play melalui smartphone kamu!

Pilihlah Makanan Tepat untuk Kucing Kesayangan

Sebaiknya jangan asal memberikan makanan untuk kucing kesayangan kamu. Dikarenakan kucing merupakan hewan berjenis karnivora, sebaiknya hindari menu vegetarian pada kucing. Ada beberapa nutrisi dan gizi yang perlu kamu penuhi saat memberikan makan untuk kucing kesayangan kamu:

  1. Protein yang berasal dari ikan atau daging.
  2. Asam amino, seperti taurin dan arginin.
  3. Asam lemak.
  4. Vitamin.
  5. Mineral.
  6. Kandungan air.

Meskipun kebanyakan kucing menyukai ikan, tetapi jangan berikan ikan setiap hari untuk makanannya karena kandungan asam lemak yang sangat tinggi. Pemberian ikan setiap hari meningkatkan risiko kucing mengalami kondisi kekurangan vitamin E. 

Baca juga: Apakah Makanan Manusia Aman Dikonsumsi Kucing?

Untuk itu, berikan makanan dengan menu yang beragam setiap harinya pada kucing agar kesehatan kucing tetap terjaga. Selain menu makan, perhatikan juga porsi dan frekuensi makan kucing. Pastikan porsi dan frekuensi makan sesuai dengan usia kucing sehingga kucing tidak mengalami kekurangan atau kelebihan makan yang membahayakan kesehatan.

Referensi:
Purina. Diakses pada 2021. Can Cats Eats Bananas?
Pawp. Diakses pada 2021. Can Cats Taste Sweet Food?
Fetch by Web MD. Diakses pada 2021. Homemade Cat Food and Raw Cat Food.
RSPCA Insurance. Diakses pada 2021. What Should I Feed My Cat?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan