• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ragam Makanan Kesukaan Kucing yang Perlu Diketahui

Ragam Makanan Kesukaan Kucing yang Perlu Diketahui

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta - Sebagai pemilik kucing, kamu pasti ingin hewan peliharaan kesayangan kamu yang satu ini makan dengan lahap. Oleh karena itu, sudah sewajarnya jika kamu sebagai pemilik kucing mencari tahu apa saja makanan yang menjadi kesukaan kucing.

Kamu mungkin membayangkannya seperti apa makanan yang disukai kucing. Apakah ini dipengaruhi teksturnya, atau seperti apa makanan yang tidak membuat kucing gampang bosan. Ingatlah bahwa nafsu makan kucing dipengaruhi oleh indra penciumannya, yang mana indra penciuman kucing ini lima kali lebih kuat jika dibandingkan dengan manusia. 

Lantas, makanan seperti apa yang dapat membuat kucing selalu menunggu momen makannya? Simak ulasannya berikut!

Baca juga: Ketahui Porsi Makan yang Tepat untuk Diberikan pada Kucing

Makanan Kesukaan Kucing

Berikut ini adalah beberapa hal yang menjadi makanan yang paling disukai kucing:

Makanan yang Punya Aroma Kuat

Salah satu makanan kesukaan kucing adalah makanan yang memiliki aroma kuat. Coba saja periksa kebiasaan kucing sebelum makan. Mereka seringkali mengendus dahulu makanan yang ada di mangkuknya sebelum akhirnya mereka menikmati makanan tersebut. Jadi, saat aroma dari makanan yang kamu berikan tidak menarik, maka kucing mungkin tidak ingin makan dan lebih memilih duduk di bawah kursi atau tidur-tiduran. 

Kebiasaan mengendus makanan ini karena kucing memiliki 45 hingga 200 juta reseptor penciuman. Jumlah ini nyatanya jauh lebih banyak dibanding manusia yang hanya memiliki 15 juta. Faktor yang memengaruhi aroma yang kuat dan membuat kucing tertarik datang dari kandungan protein dan lemaknya. Menurut standar internasional yang dikeluarkan oleh AAFCO (Association American Feed Control Official) minimum kandungan protein didalam makanan kucing dewasa yaitu 26 persen dan lemak 9 persen. Apalagi protein dan lemak berfungsi sebagai sumber energi untuk aktivitas harian kucing. Jadi, pastikan asupan protein dan lemak untuk kucing kesayanganmu terpenuhi dalam makanannya.

Makanan dengan Suhu yang Tidak Dingin

Selain aroma, salah satu yang tidak kalah penting adalah suhu dari makanan. Nyatanya, kucing akan lebih menyukai makanan yang suhunya sedikit hangat atau paling tidak berada di tingkat suhu tubuh normal mereka, yakni sekitar 38-39° Celsius.

Jadi, jika kamu sering menyimpan makanan kucing di dalam kulkas seperti makanan basah, maka sebaiknya diamkan terlebih dahulu atau kamu bisa menghangatkan makanan terlebih dahulu. Caranya dengan mencampur dengan sedikit air hangat. Namun tidak disarankan untuk menghangatkan makanan kucing dengan menggunakan microwave ataupun proses pemanasan lainnya, sebab ini bisa merusak kandungan nutrisi didalam makanan tersebut.

Makanan yang Diletakkan di Posisi yang Tepat

Seberapa pengaruh sih posisi makanan yang tepat untuk kucing? Ingat, seperti manusia, kucing juga butuh kenyamanan saat makan. Dalam meletakan mangkuk yang tepat, sebaiknya dijauhkan dari keramaian, seperti di dekat pintu atau area yang sering dilewati manusia.

Selain posisi, kamu juga perlu menjaga kebersihannya. Pastikan makanan yang kamu berikan itu makanan yang bersih dan tidak mengandung aroma menyengat, karena ini bisa mengganggu nafsu makan kucing. Bentuk mangkuk juga punya pengaruh. Kebanyakan kucing lebih suka mangkuk oval untuk memudahkan mereka mengambil makanan yang ada di dalamnya.

Baca juga: Hal yang Perlu Diketahui Tentang Makanan Kucing

Alasan Kucing Suka Makan Rumput

Mungkin kamu sering kali penasaran mengapa kucing gemar makan rumput, dan apakah sebenarnya ini diperbolehkan. Meskipun bukan makanan utama, sesekali kucing boleh mengonsumsi rumput untuk kebutuhan serat. 

Asupan serat dari rumput juga akan membantu kucing mengeluarkan hairball. Namun, mengonsumsi rumput liar di halaman dapat bisa berisiko membawa telur cacing, sehingga kucing malah terinfeksi cacing. Jadi, sebaiknya perhatikan makanan kucingmu, makanan yang cukup serat bisa memenuhi kebutuhan serat untuk kucing sehingga mencegah makan rumput yang bisa saja terinfeksi cacing. Kucing dewasa membutuhkan sekitar 3 persen serat di dalam kandungan makanannya.

Baca juga: Bolehkah Memelihara Kucing saat Hamil? Temukan Jawabannya di Sini!

Jika kamu masih butuh tips untuk bisa memenuhi kebutuhan nutrisi kucing kesayanganmu, sebaiknya diskusikan saja dengan dokter hewan di Halodoc. Dokter hewan akan selalu siaga memberikan tips perawatan kucing kesayanganmu sehingga ia selalu sehat. Praktis bukan? Yuk gunakan aplikasi Halodoc di smartphone-mu sekarang!

Referensi:
Pro Plan Indonesia. Diakses pada 2020. Makanan yang Disukai Kucing.
Yummy Pets. Diakses pada 2020. What Is A Cat’s Favourite Food?