Jangan Keliru, Ini Bedanya Daun Parsley, Ketumbar, dan Seledri

6 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   06 September 2023

“Meski terlihat mirip, ada beberapa perbedaan yang terlihat antara parsley, daun ketumbar dan seledri. Bumbu ini kaya kandungan nutrisi seperti vitamin, mineral, dan antioksidan yang dapat memberikan berbagai manfaat.”

Jangan Keliru, Ini Bedanya Daun Parsley, Ketumbar, dan SeledriJangan Keliru, Ini Bedanya Daun Parsley, Ketumbar, dan Seledri

Halodoc, Jakarta – Apabila dilihat sekilas, daun parsley, ketumbar, dan seledri merupakan sayuran yang sama. Bahkan, banyak orang yang kesulitan membedakan ketiga sayuran tersebut.

Meski sama-sama menambah aroma yang enak pada masakan, ketiga daun ini berbeda, lho. Termasuk dalam hal nutrisi dan manfaatnya bagi tubuh. Yuk, cari tahu perbedaan ketika daun ini dalam pembahasan berikut!

Perbedaan Parsley, Daun Ketumbar, dan Seledri

Bukan hanya dari bentuknya, daun ketumbar, parsley, dan seledri juga memiliki aroma yang berbeda. Bahkan, kandungan nutrisi dari daun ketumbar dan kedua sayuran lainnya juga berbeda.

Ada beberapa perbedaan untuk membedakan ketiganya, antara lain:

1. Parsley 

Berdasarkan bentuk daunnya, parsley mirip dengan seledri yang lancip dan berwarna hijau gelap. Namun, bumbu aromatik ini memiliki ukuran daun yang lebih kecil bila daripada seledri. 

Daunnya juga cenderung keriting dan bergerombol. Selain itu, sayuran ini berbentuk bulat dan halus, sementara daun seledri terlihat bergerigi. Untuk aromanya, daun parsley beraroma lembut dan memiliki rasa yang segar dan ringan.

Ada banyak jenis makanan yang bisa menggunakan parsley, seperti ayam panggang. Selain itu, parsley juga berguna sebagai hiasan makanan atau saus.

2. Daun Ketumbar

Daun ketumbar memiliki nama populer cilantro. Sayuran ini memiliki bentuk daun yang tidak lancip serta cenderung tumpul melengkung. 

Sekilas cilantro mirip dengan seledri, sayuran ini memiliki warna yang lebih terang daripada daun seledri dan parsley. 

Sedangkan untuk hal rasa dan aroma, daun ketumbar cenderung terasa kuat daripada daun parsley atau seledri.  

3. Seledri

Seledri memiliki bentuk daun yang lebar dan lancip berwarna hijau tua. Batang seledri cenderung terlihat berbentuk layaknya bulan sabit dan bergerigi. 

Selain itu, daun ini berukuran lebih panjang daripada daun ketumbar dan parsley. Seledri beraroma segar yang halus dengan rasa lebih lembut dan khas. Bila membandingkan dengan yang lain, aroma daun seledri tidak sekuat daun ketumbar.

Cari tahu berbagai manfaat mengonsumsi rempah lainnya dalam artikel → Ini 11 Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan Tubuh

Kandungan Nutrisi Parsley, Daun Ketumbar, dan Seledri

Ketiga daun tersebut kaya akan kandungan nutrisi yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh.

Berikut masing-masing kandungan nutrisinya:

1. Parsley

Sekitar 8 gram parsley, mengandung beberapa nutrisi di dalamnya yang baik untuk kesehatan, seperti: 

  • Kalori: 2 kkal
  • Vitamin A: 12 persen kebutuhan harian 
  • Asam askorbat atau vitamin C: 16 persen kebutuhan harian 
  • Vitamin K: 154 persen kebutuhan harian

Vitamin C dalam sayuran ini juga berperan sebagai antioksidan untuk tubuh. Selain itu, parsley juga mengandung berbagai mineral, seperti magnesium, potasium, folat, zat besi, dan kalsium.

2. Daun Ketumbar

Kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan yang terkandung pada daun ketumbar dapat memberikan manfaat kesehatan yang signifikan. 

Daun ketumbar tinggi akan vitamin K, yang dapat memainkan peranan penting dalam membantu pembekuan darah pada tubuh. Selain itu, vitamin K juga dapat membantu meningkatkan kesehatan tulang dan dapat mencegah masalah tulang seperti osteoporosis. 

3. Seledri

Seledri adalah sayuran yang sangat tinggi akan kandungan serat dan mengandung vitamin C, beta karoten, dan flavonoid. Setidaknya, terdapat 12 jenis nutrisi antioksidan tambahan yang terkandung dalam satu tangkai seledri. 

Antioksidan tersebut berperan dalam melindungi sel, pembuluh darah, dan organ dari kerusakan oksidatif akibat radikal bebas. 

Selain ketiga sayuran tersebut, kamu juga bisa menggunakan bawang putih untuk menambahkan cita rasa pada masakan yang akan kamu olah.

Cari tahu berbagai manfaatnya melalui artikel ini → Catat, Ini 10 Manfaat Bawang Putih Mentah bagi Tubuh

Manfaat Parsley, Daun Ketumbar, dan Seledri

Begitu banyaknya kandungan nutrisi di dalam ketiga sayuran tersebut, membuat sayuran tersebut bermanfaat untuk mengoptimalkan kesehatan. Nah, berikut ini adalah manfaat dari ketiga sayuran tersebut:

1. Parsley

Berikut manfaat sayuran ini untuk kesehatan, yaitu:

  • Meningkatkan kesehatan tulang

Sayuran ini mengandung mineral yang bisa meningkatkan kesehatan tulang, seperti vitamin K, potasium, magnesium, dan kalsium.

  • Mengoptimalkan sistem imun tubuh

Penelitian dalam International Journal of Molecular Sciences mengatakan, kandungan apigenin (antioksidan dalam parsley) mampu mengoptimalkan sistem imun tubuh dengan mengurangi peradangan dalam tubuh dan mencegah paparan radikal bebas.

  • Meningkatkan kesehatan mata

Parsley mengandung vitamin A yang cukup tinggi. Mengonsumsinya bisa menurunkan risiko gangguan mata, contohnya seperti degenerasi makula.

  • Menjaga kesehatan jantung

Sayuran ini mampu menjaga kesehatan jantung karena kandungan folat di dalamnya. Melansir dari jurnal Stroke, asupan makanan yang mengandung folat tinggi mampu mengurangi risiko penyakit jantung. Studi pada 58.000 orang dengan asupan folat yang tinggi menghasilkan penurunan risiko penyakit jantung sebesar 38 persen.

  • Mencegah pertumbuhan sel kanker

Parsley mengandung vitamin C dan flavonoid yang cukup tinggi. Kondisi ini bisa mencegah perkembangan stres oksidatif yang menyebabkan kerusakan sel dan jaringan pemicu kanker.

2. Daun Ketumbar

Daun ketumbar banyak kamu temukan pada masakan yang berasal dari Asia. Selain dapat menambahkan aroma, daun ini juga bisa memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan, seperti:

  • Mencegah perburukan kanker prostat

Dalam sebuah studi dalam Journal of Cellular Biochemistry, beberapa peneliti melakukan penelitian mengenai ekstrak daun ketumbar (Coriandrum sativum) pada sel kanker prostat. Hasilnya, sel kanker prostat menjadi kurang invasif dan memperlambat penyebaran.

  • Menurunkan kadar gula darah

Bagi pengidap diabetes, mengonsumsi ekstrak daun ketumbar atau dalam kondisi yang segar. Tujuannya untuk membantu menurunkan kadar gula darah. Sayuran ini bisa menurunkan kadar gula karena mengaktifkan enzim tertentu.

  • Meningkatkan kesehatan jantung

Meski penelitiannya masih dilakukan pada hewan, hasilnya daun ini mampu menurunkan penyakit yang memicu gangguan pada jantung. Contohnya, seperti tekanan darah tinggi dan kolesterol.

  • Menjaga kesehatan otak

Antioksidan dalam daun ketumbar mampu mengurangi peradangan otak sehingga kesehatan otak menjadi lebih optimal.

  • Meningkatkan kesehatan pencernaan

Sebagai salah satu bumbu aromatik, daun ini bisa membantu kamu untuk meningkatkan kesehatan pencernaan. Daun ketumbar bisa mengurangi perut kembung atau tidak nyaman pada perut. Bahkan, daun bisa mampu mengoptimalkan proses pencernaan dalam tubuh.

Lebih lanjut mengenai manfaat daun ketumbar, bisa kamu baca dalam artikel ini → 7 Manfaat Daun Ketumbar atau Cilantro untuk Kesehatan Tubuh

3. Seledri

Hampir serupa dengan jenis rempah sebelumnya, seledri juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan yang sebaiknya tidak terlewatkan, seperti:

  • Menjaga kesehatan pencernaan. Seledri mengandung serat yang cukup tinggi. Kandungan tersebut mampu menjaga kesehatan pencernaan dan mencegah munculnya penyakit pada saluran cerna.
  • Meningkatkan kemampuan kognitif. Mengonsumsi sayuran ini secara rutin mampu meningkatkan kemampuan kognitif seseorang. Hasilnya, kamu dapat terhindar dari berbagai penyakit, seperti demensia atau alzheimer.
  • Mengoptimalkan kualitas sperma. Seledri mampu mengoptimalkan kualitas sperma karena adanya antioksidan. Kandungan tersebut mencegah paparan radikal bebas yang bisa menyebabkan kerusakan. 

Selain itu, ada beberapa manfaat lain yang dapat kamu peroleh dari mengonsumsi daun seledri. Misalnya seperti membantu mengendalikan tekanan darah, mencegah penyakit alzheimer, hingga mencegah kanker.

Itulah pembahasan mengenai perbedaan daun parsley, ketumbar, dan seledri. Kamu bisa menambahkan ketiga daun ini dalam aneka masakan untuk orang tua atau keluarga kamu. Selain menambah cita rasa, ketiga daun ini punya banyak manfaat untuk kesehatan.

Ingin tahu lebih lanjut soal manfaat ketiga bahan makanan ini? Diskusikan langsung saja dengan dokter di aplikasi Halodoc. Dapatkan jawaban yang tepat dari ahlinya kapan dan di mana saja dengan klik gambar berikut:

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. 5 Healthy Benefits of Adding Celery to Your Diet.
WebMD. Diakses pada 2021. Health Benefits of Parsley.
Healthline. Diakses pada 2023. Parsley: An Impressive Herb With Health Benefits.
Healthline. Diakses pada 2023. 8 Surprising Health Benefits of Coriander.
International Journal of Molecular Sciences. Diakses pada 2023. Dietary Apigenin Exerts Immune-Regulatory Activity in Vivo by Reducing NF-κB Activity, Halting Leukocyte Infiltration and Restoring Normal Metabolic Function.
Asian Pacific Journal of of Tropical Biomedicine. Diakses pada 2023. Coriander (Coriandrum sativum L.) Essential Oil: Chemistry and Biological Activity.
Journal of Cellular Biochemistry. Diakses pada 2023. The Determination of The Potential Anticancer Effects of Coriandrum sativum in PC-3 and LNCaP Prostate Cancer Cell Lines.
Stroke. Diakses pada 2023. Dietary Folate and Vitamin B6 and B12 Intake in Relation to Mortality from Cardiovascular Diseases: Japan Collaborative Cohort Study.
Pharm Easy. Diakses pada 2023. 8 Health Benefits Of Eating Celery.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan