Jangan Keliru, Ini Perbedaan Push-up Bra dengan Bra Biasa

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   08 Desember 2022

“Sebaiknya ketahui bedanya antara push-up bra dengan bra biasa. Salah satunya terlihat dari jumlah busanya atau padding yang berbeda.”

Jangan Keliru, Ini Perbedaan Push-up Bra dengan Bra BiasaJangan Keliru, Ini Perbedaan Push-up Bra dengan Bra Biasa

Halodoc, Jakarta – Bra menjadi pakaian dalam yang cukup penting bagi wanita. Bra sendiri memiliki fungsi untuk melindungi payudara dan puting dari kontak langsung dengan busana saat beraktivitas. Selain itu, bra juga berfungsi sebagai penyangga payudara agar kamu merasa nyaman saat melakukan aktivitas.

Namun, agar aktivitas semakin nyaman, pastikan kamu menggunakan bra yang sesuai. Ada berbagai jenis bra yang perlu diketahui, beberapa di antaranya adalah push-up bra dan bra biasa. Nah, sebaiknya ketahui berbagai perbedaan antara kedua jenis bra tersebut agar kamu bisa menggunakan yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Perbedaan Push-up Bra dan Bra Biasa

Menggunakan bra ternyata harus disesuaikan dengan aktivitas yang dijalani. Dengan begitu, kamu bisa beraktivitas dengan nyaman tanpa merasa terganggu dengan bra yang kamu gunakan.

Seperti misalnya saat berolahraga, kamu membutuhkan bra khusus olahraga. Begitu juga saat kamu ingin berpesta atau melakukan kegiatan sehari-hari. Kamu juga bisa menggunakan push-up bra atau bra biasa untuk menopang penampilan saat melakukan aktivitas tertentu.

Meskipun bentuknya serupa, keduanya merupakan jenis bra yang berbeda. Push-up bra menjadi jenis bra yang membuat payudara terlihat menjadi lebih berisi. 

Biasanya, bra jenis ini digunakan ketika kamu akan menggunakan pakaian dengan bagian leher agak rendah. Bra jenis ini bisa membantu seseorang merasa lebih percaya diri.

Sedangkan bra biasa menjadi jenis bra yang paling nyaman untuk digunakan. Penggunaannya bisa meredakan sakit punggung dan menopang bentuk alami payudara.

Lalu, apa perbedaan keduanya? Berikut perbedaan yang perlu kamu ketahui:

1. Bentuk

Hal yang paling terlihat berbeda dari kedua jenis bra ini adalah bentuknya. Bra biasa umumnya memiliki busa yang cukup tipis atau bahkan tidak. Sedangkan, push-up bra memiliki busa yang tipis pada bagian atas bra dan ada tambahan busa pada cup bagian bawah. 

Tambahan busa ini berfungsi untuk meningkatkan pengencangan dan volume payudara. Sedangkan penggunaan bra biasa, membuat payudara terlihat normal dan alami.

Selain itu, push-up bra umumnya memiliki bentuk setengah cup. Sedangkan, bra biasa memiliki ukuran cup yang penuh.

2. Waktu Penggunaan

Push-up bra tidak disarankan untuk digunakan pada pemakaian harian. Bra jenis ini biasanya hanya digunakan untuk momen tertentu. Untuk menunjang aktivitas kamu setiap harinya, sebaiknya gunakan bra biasa agar kamu tetap merasa nyaman.

Pastikan kamu menggunakan semua jenis bra dengan ukuran yang sesuai dan bahan yang tepat. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kenyamanan dan menghindari iritasi kulit akibat kualitas bahan bra.

3. Level pada Masing-Masing Bra

Pada bra biasa, semua jenisnya sama. Namun, pada jenis push-up bra terdapat beberapa level yang berbeda. Hal ini terlihat dari jumlah busa yang menjadi penyangganya. Semakin tinggi levelnya, busa akan menjadi lebih tebal.

Itulah perbedaan push-up bra dengan bra biasa. Jangan lupa untuk selalu membersihkan dan mencuci bra dengan cara yang tepat agar penggunaannya bisa lebih lama. 

Jika kamu mengalami iritasi kulit akibat penggunaan bra di sekitar payudara, jangan ragu untuk bertanya langsung pada dokter untuk penanganannya agar kondisi ini membaik. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play.

Referensi:
Clovia. Diakses pada 2022. 5 Differences Between a Push Up Bra and a Normal Bra. 
Secret Desires. Diakses pada 2022. What Is the Difference between a Normal Bra and Push up Bra?
Leonisa. Diakses pada 2022. Push Up Bras Vs Normal Bras.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan