Jarang Diketahui, Ini 13 Manfaat Daun Singkong bagi Tubuh

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   07 September 2023

“Selain lezat, daun singkong mengandung berbagai nutrisi yang baik bagi tubuh. Hal tersebut membuat sayuran ini memberikan banyak manfaat kesehatan. Mulai dari mengobati diare, baik untuk ibu hamil, hingga mengatasi radang sendi.”

Jarang Diketahui, Ini 13 Manfaat Daun Singkong bagi TubuhJarang Diketahui, Ini 13 Manfaat Daun Singkong bagi Tubuh

Halodoc, Jakarta – Daun singkong adalah daun yang berasal dari tanaman singkong (Manihot esculenta). Sayuran ini sering digunakan dalam masakan di berbagai negara, termasuk Indonesia. 

Daun singkong biasanya diolah sebelum dimasak, seperti direbus atau digoreng, dan seringkali dijadikan sebagai sayuran yang enak dan gurih.

Sayuran ini juga mengandung banyak nutrisi, seperti vitamin, mineral, dan serat, sehingga kaya akan manfaat. Yuk, simak kandungan nutrisi dan manfaatnya berikut ini!

Kandungan Gizi Daun Singkong

Selain memiliki rasa yang lezat, daun singkong juga kaya akan nutrisi yang sangat diperlukan oleh tubuh. Berikut ini adalah daftar kandungan nutrisi dalam sayuran ini, yang membuatnya sangat bermanfaat:

  • Kalori: 50 kkal
  • Protein: 6,2 gram
  • Lemak: 1,1 gram
  • Karbohidrat: 7,1 gram
  • Serat: 2,4 gram
  • Kalsium: 166 miligram
  • Fosfor: 99 miligram
  • Besi: 1,3 miligram
  • Natrium: 17 miligram
  • Kalium: 23,1 miligram
  • Zink (seng): 2 miligram
  • Beta-karoten: 3.204 mikrogram
  • Total karoten: 7.052 mikrogram
  • Tiamin (Vitamin B1): 0,04 miligram
  • Riboflavin (Vitamin B2): 0,1 miligram
  • Niasin: 1,8 miligram
  • Vitamin C: 103 miligram

Apa Manfaat dari Daun Singkong untuk Kesehatan?

Berikut ini manfaat daun singkong yang bisa kamu dapatkan untuk kesehatan:

1. Mengatasi diare

Daun singkong mengandung etanol yang bersifat antidiare. Hal ini berdasarkan studi dari Journal of Ayurveda and Integrative Medicine yang melalui satu penelitian terhadap hewan.

Dalam penelitian tersebut hewan yang mengalami diare diberikan ekstrak daun singkong yang mengandung etanol. Hasilnya, aktivitas antidiare mampu mengurangi akumulasi cairan usus dan motilitas gastrointestinal.

2. Baik untuk ibu hamil

Sayuran ini baik untuk mencegah ibu hamil mengalami anemia. Hal ini berkat kandungan zat besi yang cukup tinggi dalam singkong, sehingga baik untuk mengoptimalkan produksi sel darah merah.

Ibu hamil perlu mencegah anemia selama kehamilan. Ada berbagai dampak yang terjadi akibat anemia saat hamil, seperti keguguran, gangguan janin, hingga kelahiran prematur.

3. Daun singkong optimalkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan vitamin C dan folat yang tinggi dapat mengoptimalkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C juga membantu tubuh melawan bakteri dan virus. 

Sementara folat bermanfaat untuk meningkatkan produksi sel dengan menghindari mutasi DNA. Cari tahu makanan yang mengandung folat lainnya melalui artikel ini → 7 Makanan Sehat yang Mengandung Asam Folat untuk Bumil

4. Mengatasi radang sendi

Bagi kamu atau anggota keluargamu yang mengalami radang sendi, mengonsumsi daun singkong mampu membantu meredakan gejala penyakit ini. Hal tersebut karena sayuran ini mengandung magnesium tinggi.

Magnesium merupakan mineral penting yang bisa memberikan banyak manfaat kesehatan, salah satunya mengurangi peradangan.

5. Daun singkong meningkatkan kekuatan tulang

Magnesium di dalamnya berfungsi untuk meningkatkan kekuatan tulang. Mineral ini mampu mengurangi risiko patah tulang karena membantu mengoptimalkan kepadatan dan kekuatan tulang.

Melansir dari Nutrients, magnesium menjadi nutrisi yang penting untuk mengoptimalkan kesehatan tulang. Kekurangan magnesium berisiko mengalami osteoporosis di kemudian hari.

6. Mengontrol berat badan

Bagi yang kamu yang sedang menjalani diet untuk menurunkan atau mengontrol berat badan, mengonsumsi daun singkong bisa menjadi pilihannya.

Kukus sayuran ini dengan sedikit garam. Mengonsumsi ini mampu menurunkan nafsu makan, sehingga kamu bisa mengontrol jumlah asupan makanan setiap harinya.

Selain mengonsumsi sayuran ini, kamu juga perlu melakukan berbagai gaya hidup sehat agar manfaat ini optimal. 

7. Mencegah infeksi bakteri

Infeksi bakteri pada pencernaan bisa memicu rasa tidak nyaman. Mengonsumsi daun singkong yang telah dikukus juga bisa menurunkan risiko infeksi bakteri, dan mencegah perkembangan bakteri dalam pencernaan.

8. Mengoptimalkan energi

Kandungan protein dan asam amino di dalamnya mampu membantu untuk meningkatkan energi dalam tubuh. 

Dengan terpenuhinya kebutuhan energi dalam tubuh, kamu bisa melakukan berbagai aktivitas secara optimal.

9. Mengoptimalkan sirkulasi darah

Daun singkong juga mengandung antioksidan yang baik untuk mengoptimalkan sirkulasi darah. Ketika sirkulasi darah lancar, oksigen akan mengalir ke seluruh tubuh secara optimal. Hal ini membuat fungsi tubuh dapat berjalan dengan baik.

10. Mencegah radikal bebas

Antioksidan yang terkandung di dalamnya memiliki banyak manfaat. Salah satunya untuk mencegah paparan radikal bebas. Jika terjadi terus menerus, kondisi ini dapat memicu kerusakan pada sel maupun jaringan tubuh yang memicu peradangan.

11. Melancarkan pencernaan

Daun singkong mengandung serat yang baik untuk kesehatan pencernaan. Ketika organ pencernaan berfungsi optimal, kamu dapat terhindar dari berbagai gangguan penyakit pada pencernaan.

Selain mengonsumsi makanan yang tepat, cari tahu cara lain untuk melancarkan pencernaan melalui artikel ini → Lakukan 5 Hal Ini Agar Pencernaan Lancar

12. Membantu proses penyembuhan luka ringan

Daun singkong bisa menjadi salah satu bahan alami untuk membantu proses penyembuhan luka ringan. Seperti misalnya, tersayat atau terjatuh. 

Caranya, haluskan daunnya hingga membentuk pasta. Jika sudah halus, balurkan pada luka ringan. Namun, daun ini tidak boleh kamu gunakan untuk luka besar dan cukup parah.

13. Menurunkan kadar kolesterol

Melansir dari Jurnal Ilmu dan Teknologi Peternakan Tropis, daun singkong mengandung flavonoid yang bisa membantu untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Bahkan, sebuah penelitian di dalamnya, mengatakan bahwa sayuran ini lebih efektif menurunkan kolesterol daripada penggunaan bubuk biji alpukat. 

Hal yang Perlu Kamu Perhatikan Sebelum Konsumsi Daun Singkong

Hal-hal yang perlu kamu perhatikan sebelum mengkonsumsi daun singkong adalah:

1. Pemilihan Daun yang Tepat

Pastikan kamu memilih daun singkong yang segar dan bebas dari kerusakan atau tanda-tanda busuk. Daun yang segar akan memiliki warna hijau cerah dan tekstur yang baik.

2. Cuci sebelum Olah

Sebelum mengolah sayuran ini, cuci dengan air bersih untuk menghilangkan kotoran atau bahan kimia yang mungkin masih menempel. Pastikan daun bersih sebelum kamu masak.

3. Olah yang Benar

Daun singkong umumnya perlu kamu rebus atau olah dengan cara tertentu sebelum kamu konsumsi. Sayuran ini tidak bisa kamu konsumsi mentah-mentah.

4. Porsi yang Seimbang

Seperti makanan lainnya, konsumsi sayuran ini dalam porsi yang seimbang. Terlalu banyak makan sayuran ini dalam satu waktu dapat menyebabkan masalah pencernaan.

Itulah berbagai manfaat daun singkong yang perlu kamu ketahui untuk kesehatan. Meski bermanfaat, pastikan kamu dan keluargamu mengonsumsinya dengan cara yang tepat dan tidak berlebihan, ya.

Selain dengan konsumsi makanan sehat, jangan lupa untuk selalu jaga kesehatanmu dengan produk kesehatan yang bisa kamu dapatkan dari Halodoc. Klik gambar ini untuk mendapatkannya sekarang secara mudah dan praktis:

toko kesehatan halodoc
Referensi:
Health Benefits Times. Diakses pada 2021. Cassava Leaf.
Journal of Ayuverdic and Integrative Medicine. Diakses pada 2021. Antidiarrheal activity of ethanolic extract of Manihot Esculenta Crantz leaves in Wistar rats.
Very Well Health. Diakses pada 2021. Magnesium for Arthritis: Pros and Cons.
Agroriches. Diakses pada 2023. Health Benefits of Eating Cassava Leaves.
Trends in Food Science and Technology. Diakses pada 2023. Potential of Cassava Leaves in Human Nutrition: A Review.
Medicpole. Diakses pada 2023. 7 Side Effects of Cassava Leaves for Health – You Need to Consider.
Jurnal Ilmu dan Teknologi Peternakan Tropis. Diakses pada 2023. Potency of Bioactive Compound of Cassava Leaf Paste to Support Physiological Performance of Quail. 
Nutrients. Diakses pada 2023. Magnesium and Osteoporosis: Current State of Knowledge and Future Research Directions.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan