• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Jarang Diketahui, Ini 4 Manfaat Daun Singkong bagi Tubuh
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Jarang Diketahui, Ini 4 Manfaat Daun Singkong bagi Tubuh

Jarang Diketahui, Ini 4 Manfaat Daun Singkong bagi Tubuh

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 03 November 2021
Jarang Diketahui, Ini 4 Manfaat Daun Singkong bagi Tubuh

Selain rasanya yang enak, daun singkong juga mengandung berbagai nutrisi yang baik bagi tubuh. Itulah mengapa mengonsumsi sayuran tersebut bisa memberikan banyak manfaat kesehatan. Beberapa manfaat daun singkong, antara lain mengobati diare, baik untuk kehamilan, membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan mengatasi radang sendi.”

Halodoc, Jakarta – Singkong sudah dikenal sebagai sumber kalori yang baik sehingga bisa menjadi pengganti nasi. Tidak hanya umbinya saja yang enak untuk dimakan, daun singkong juga baik dikonsumsi karena bisa memberikan berbagai manfaat kesehatan. 

Daun singkong mengandung berbagai nutrisi yang baik bagi tubuh. Beberapa di antaranya, vitamin, protein, mineral, dan asam amino esensial. Protein dalam sayuran tersebut bermanfaat untuk membantu membentuk sel-sel tubuh dan penyusun sistem enzim. Sementara asam amino membantu mengubah energi menjadi karbohidrat, memulihkan luka kulit, membantu meningkatkan daya ingat, serta menjaga kesehatan tulang dan metabolisme tubuh. Tidak hanya itu, klorofil yang ditemukan pada daun singkong bersifat antikanker dan antioksidan, lho.

Baca juga: Makanan Pengganti Nasi untuk Hidup yang Lebih Sehat

Manfaat Daun Singkong

Meski rendah kalori, mengonsumsi daun singkong bisa memberikan rasa kenyang lebih lama. Selain itu, kandungan nutrisi di dalamnya juga bisa memberikan beragam manfaat kesehatan:

  1. Mengobati Diare

Berdasarkan penelitian dari Journal of Ayurveda and Integrative Medicine, tikus lab yang mengalami diare mengalami penurunan gejala setelah diberi daun singkong.

  1. Baik untuk Ibu Hamil

Memiliki kandungan zat besi yang tinggi, daun singkong bisa membantu ibu hamil terhindar dari anemia.

Baca juga: 5 Jenis Sayuran yang Baik untuk Kesehatan Ibu Hamil

  1. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Daun singkong mengandung vitamin C dan folat yang tinggi yang bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C juga membantu tubuh melawan bakteri dan virus. Sementara folat bermanfaat untuk meningkatkan produksi sel dengan menghindari mutasi DNA.

  1. Membantu Mengatasi Radang Sendi

Bagi kamu yang mengalami radang sendi, kamu mungkin bisa mendapatkan manfaat dari mengonsumsi makanan dengan magnesium tinggi seperti daun singkong. Magnesium merupakan mineral penting yang bisa memberikan banyak manfaat kesehatan, salah satunya mengurangi peradangan. Mineral ini juga bisa mengurangi risiko patah tulang karena membantu kepadatan tulang dan perkembangan tulang. 

Baca juga: Manfaat Ubi untuk Paru-Paru Sehat

Meskipun baik untuk kesehatan, kamu sebaiknya tetap menghubungi dokter bila mengalami masalah kesehatan tertentu. Kamu bisa menghubungi dokter untuk minta saran kesehatan melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasinya sekarang juga di Apps Store dan Google Play.

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Health Benefits Times. Diakses pada 2021. Cassava Leaf.
Journal of Ayuverdic and Integrative Medicine. Diakses pada 2021. Antidiarrheal activity of ethanolic extract of Manihot esculenta Crantz leaves in Wistar rats.
Very Well Health. Diakses pada 2021. Magnesium for Arthritis: Pros and Cons.