Jarang Diketahui, Ini 5 Manfaat Buah Cermai Bila Rutin Dikonsumsi

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   21 Desember 2022

“Buah cermai memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Beberapa di antaranya adalah mengatasi sembelit, menyehatkan kulit, mencegah gejala kanker, sampai membantu menurunkan berat badan.”

Jarang Diketahui, Ini 5 Manfaat Buah Cermai Bila Rutin DikonsumsiJarang Diketahui, Ini 5 Manfaat Buah Cermai Bila Rutin Dikonsumsi

Halodoc, Jakarta –  Buah cermai memiliki berbagai manfaat kesehatan bila rutin dikonsumsi. Salah satu manfaatnya adalah mengobati sembelit. Cermai mengandung banyak vitamin C sehingga efektif melancarkan pencernaan terutama yang berkaitan dengan sembelit. 

Buah ini juga baik untuk membersihkan usus besar serta direkomendasikan untuk pengidap asma di mana cermai juga bisa melancarkan pernapasan. Mau tahu lebih banyak manfaat buah cermai bila rutin dikonsumsi? Simak ulasan lengkapnya berikut ini! 

Mengenal Manfaat Buah Cermai

Buah cermai adalah jenis buah yang termasuk dalam kelompok berry. Buah ini berbentuk bulat, berwarna hijau cerah, dan memiliki rasa yang asam makanya cocok untuk dijadikan manisan.

Lantas, apa saja manfaat dari mengonsumsi buah ini?

1. Dapat Mengobati Sembelit

Tadi sudah disebutkan kalau cermai mengandung banyak vitamin C sehingga baik untuk melancarkan pencernaan dan mengatasi sembelit. Sama seperti buah yang kaya akan vitamin C lainnya, buah ini baik untuk membersihkan usus.

2. Membantu Mengatasi Asma

Cermai dapat membantu mengatasi asma bila diolah dengan bahan lain. Caranya adalah dengan mencampurkan biji buah ini dengan bawang merah, dan geprekan jahe yang diseduh air panas. Minum sembari menarik napas ke uap panasnya yang hangat.

3. Meredakan Gejala Kanker 

Buah ini juga memiliki manfaat kesehatan khususnya bagi pengidap kanker. Ini dikarenakan buah ini kaya akan antioksidan.

Antioksidan berfungsi untuk melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat serangan radikal bebas. Namun, khasiat buah cermai dalam mencegah kanker masih membutuhkan penelitian lebih lanjut. 

4. Menjaga Kesehatan Kulit Sehat

Vitamin C yang terkandung dalam buah ini memberikan manfaat bagi kulit. Kulit akan cerah, bersih, dan lembut. Buat kamu yang mengalami masalah jerawat dan kulit kusam, kamu direkomendasikan untuk mengonsumsi buah ini.

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

Sebagai efek tambahan dari melancarkan pencernaan, buah cermai juga dapat membantu menurunkan berat badan. Buah yang memiliki rasa asam juga bisa membuat perut menjadi lebih langsing bila dikonsumsi secara rutin. Hal ini karena ditunjang dengan pencernaan yang teratur dan nafsu makan yang sedikit berkurang akibat rasa asam di lidah.

Terlepas dari itu, buah ini termasuk ke dalam buah dengan kandungan kalori yang rendah, yaitu hanya sekitar 44 kalori untuk setiap 100 gramnya.  Serat pada cermai juga memberikan efek kenyang yang bertahan lebih lama.

Kandungan Nutrisi yang ada di Buah Cermai

Buah ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, bila dikonsumsi secara rutin. Ini tidak lepas dari kandungannya yang memang menunjang kesehatan.

Beberapa kandungan dari buah cermai adalah:

• Besi

• Seng

• Kalsium

• Fosfor

• Polifenol

• Tanin

• Riboflavin

• Tiamin

• Vitamin A

• Vitamin B kompleks

• Vitamin C

Zat-zat tersebut memiliki fungsi masing-masing, mulai dari antioksidan, anti inflamasi, hingga anti bakteri. Itulah sebabnya, buah ini dianjurkan untuk menjadi bagian dari pola makan sehat, mengingat kandungan zat yang bermanfaat di dalamnya. 

Informasi selengkapnya mengenai jenis buah-buahan lain yang baik untuk kesehatan bisa kamu dapatkan dengan cara download aplikasi Halodoc. Punya pertanyaan seputar diet dan nutrisi? Tanyakan saja langsung ke dokter lewat Halodoc ya!

Referensi:
MF 20 Health. Diakses pada 2022. 5 Benefits of Fruit Cermai For Health.
Steemit.com. Diakses pada 2022. Cermai rich in benefits.
Journal of Medicinal Plant Research. Diakses pada 2022. 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan