• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Jarang Diketahui, Ini 7 Makanan untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Jarang Diketahui, Ini 7 Makanan untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Jarang Diketahui, Ini 7 Makanan untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 22 November 2022

“Ada berbagai berbagai jenis rekomendasi makanan untuk daya tahan tubuh. Seperti, bluberi, jeruk, hingga kacang almond.”

Jarang Diketahui, Ini 7 Makanan untuk Meningkatkan Daya Tahan TubuhJarang Diketahui, Ini 7 Makanan untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Halodoc, Jakarta – Terbentuknya daya tahan tubuh optimal, membuat tubuh lebih mudah untuk melawan patogen, seperti kuman, bakteri, hingga virus yang dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan. Memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh menjadi cara tepat untuk mengoptimalkan daya tahan tubuh.

Menjalani pola makan bergizi dan seimbang menjadi hal yang bisa dilakukan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi. Namun pastikan kamu mengetahui berbagai jenis makanan yang bisa membantu kamu meningkatkan daya tahan tubuh secara optimal. 

Makanan untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kondisi tubuh seseorang akan bergantung pada jenis makanan yang dikonsumsi. Untuk itu, pastikan selalu mengonsumsi berbagai jenis makanan sehat yang bisa membantu kamu untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Ada berbagai jenis makanan untuk daya tahan tubuh sehingga imunitas kamu dalam kondisi yang optimal, seperti:

1. Bluberi

Bluberi memiliki kandungan flavonoid yaitu anthocyanin. Kandungan tersebut termasuk ke dalam antioksidan yang mampu membantu kamu dalam meningkatkan imun tubuh. Selain itu, rutin mengonsumsi bluberi juga mengurangi risiko infeksi pernapasan atas hingga penyakit flu.

2. Jeruk

Jeruk merupakan buah yang memiliki kandungan vitamin C sangat tinggi. Dengan terpenuhinya kebutuhan vitamin C, daya tahan tubuh pun akan semakin optimal karena mampu meningkatkan produksi sel darah putih yang bertugas melawan patogen penyebab infeksi dalam tubuh. 

Cara paling tepat untuk menikmati jeruk dengan mengonsumsinya secara langsung dalam bentuk buah. Namun, jika kamu ingin mengonsumsi jeruk dalam bentuk minuman, pastikan untuk tidak menambahkan gula atau pemanis buatan.

3. Brokoli

Brokoli memiliki berbagai kandungan vitamin dan mineral di dalamnya. Sayuran hijau ini memiliki kandungan vitamin A, C, dan E yang membuat daya tahan tubuh menjadi lebih optimal. 

Brokoli juga mengandung serat dan antioksidan yang baik untuk kesehatan. Namun, pastikan kamu mengolah brokoli dengan cara yang tepat agar nutrisi di dalamnya masih terjaga dengan baik.

4. Bayam

Bayam menjadi sayuran yang bisa membantu kamu untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini karena bayam mengandung berbagai nutrisi, seperti flavonoid, carotenoid, vitamin C, dan vitamin E. 

5. Salmon

Ikan salmon menjadi jenis ikan yang kaya akan manfaat. Kandungan omega-3 pada ikan ini bisa meningkatkan daya tahan tubuh menjadi lebih optimal. 

Selain untuk imun tubuh, omega-3 juga sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung dan otak. Kamu bisa mengolah ikan salmon dengan cara dipanggang agar manfaatnya bisa kamu rasakan dengan baik.

6. Bawang Putih

Bawang putih sudah digunakan masyarakat sejak lama sebagai makanan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini karena bawang putih memiliki kandungan senyawa allicin yang berfungsi sebagai antibakteri.

Untuk merasakan manfaatnya, kamu bisa menambahkan bawang putih pada masakan yang kamu olah setiap harinya. Selain membuat tubuh menjadi lebih sehat, bawang ini juga membuat makanan menjadi lebih beraroma dan lezat.

7. Kacang Almond

Kacang almond memiliki kandungan vitamin E yang sangat tinggi. Selain itu, kacang ini juga mengandung tembaga, magnesium, dan serat. Seluruh kandungan nutrisi dalam kacang almond baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Itulah beberapa makanan untuk daya tahan tubuh yang lebih optimal. Jangan ragu untuk bertanya langsung pada dokter melalui Halodoc mengenai jenis makanan lain yang bisa membantu kamu mengoptimalkan kesehatan tubuh. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga.

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. 15 Foods That Boost the Immune System.
Medical News Today. Diakses pada 2022. The Best Foods for Boosting Your Immune System.