Jarang Diketahui, Ini 8 Manfaat Daun Basil bagi Kesehatan

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   07 September 2022

“Basil sering dimanfaatkan sebagai bahan makanan karena memiliki aroma yang harum. Daun-daunan ini ternyata juga bisa dijadikan obat karena khasiat kesehatannya.”

Jarang Diketahui, Ini 8 Manfaat Daun Basil bagi KesehatanJarang Diketahui, Ini 8 Manfaat Daun Basil bagi Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Basil (Ocimum basilicum) merupakan tanaman yang daunnya sering digunakan sebagai rempah dan dan bahan makanan. Tanaman yang berasal daerah tropis ini punya sejumlah khasiat bagi tubuh seperti antibakteri, antioksidan, anti radang, dan antijamur.

Basil memiliki beberapa kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. Dalam 5 gram daun basil segar, dapat ditemukan 1 kalori, 0,2 gram protein, 0,1 gram karbohidrat, dan 0,1 gram serat. Tidak ditemukan kandungan lemak ataupun gula dalam daun basil.

Daunan-daunan ini juga memiliki beberapa nutrisi penting seperti kalsium, vitamin A dan K, mangan yang baik untuk menangkal radikal bebas, magnesium, zat besi, zinc, dan potasium.

Manfaat Daun Basil bagi Kesehatan

1. Meredakan stres

Daun basil kaya akan kandungan antioksidan yang berguna untuk melawan radikal bebas dan meningkatkan imunitas tubuh. Selain itu, terdapat juga senyawa eugenol yang bersamaan dengan antioksidan dan beta karoten menjaga tubuh dari kerusakan sel yang dapat memicu berbagai penyakit seperti kanker, penyakit jantung, arthritis, dan diabetes.

2. Membantu mencegah kanker

Salah satu varian daun basil, holy basil atau tulsi, mengandung phytochemical yang dapat membantu untuk mencegah risiko terkena kanker seperti kanker kulit, mulut, paru-paru, dan hati.

3. Mengatur kadar gula dalam tubuh

Mengonsumsi daun basil dengan cara digabungkan pada menu makanan sehari-hari dapat membantu untuk mengontrol kadar gula dalam tubuh.

Beberapa eksperimen menunjukkan pada orang yang mengidap diabetes setelah mengonsumsi 250 mg ekstrak basil, ditambah juga oleh obat diabetes rujukan dokter masing-masing. Sebelum sarapan dan makan malam selama 3 bulan mengalami penurunan kadar gula darah sekitar 18%.

4. Mengembalikan energi

Daun basil dipercaya dapat membantu mengurangi kelelahan dan mengembalikan tenaga dalam tubuh dengan cara digunakan sebagai minyak aromaterapi. Kamu dapat menggabungkan minyak daun basil dengan lavender atau jeruk agar lebih segar dan harum.

5. Mencegah penyakit jantung

Kandungan eugenol pada daun nasil diketahui dapat menghambat peredaran kalsium pada pembuluh darah sehingga menurunkan tekanan darah. Penggunaan minyak esensial daun basil juga dapat membantu menurunkan kolesterol dan trigliserida atau LDL.

Daun basil juga mengandung magnesium yang dapat meningkatkan peredaran darah pada pembuluh darah dengan menenangkan area otot dan pembuluh darah.

6. Meningkatkan kesehatan mental

Daun basil tulsi diklaim mampu meningkatkan kesehatan mental karena memiliki senyawa yang dapat mengurangi kecemasan dan depresi. Konsumsi daun basil rutin juga dapat membantu kamu untuk berpikir lebih jernih dan menghambat risiko terkena penyakit hilang ingatan karena masa penuaan.

7. Mengurangi peradangan

Penggunaan ekstrak daun basil dalam bentuk minyak dapat membantu mengurangi peradangan pada tubuh karena adanya kandungan eugenol, linalool, serta citronellol. Beberapa penyakit yang dapat ditangani antara lain masalah usus besar, penyakit jantung, serta artritis.

8. Mencegah infeksi

Daun basil memiliki sifat anti bakteri sehingga dapat digunakan sebagai obat alternatif untuk berbagai penyakit seperti infeksi pada saluran pernapasan, perut, kulit, dan saluran kencing.

Jika mengalami gejala kesehatan, segera periksakan diri ke dokter. Kalau kamu berencana mengunjungi rumah sakit, buat janji rumah sakit melalui aplikasi Halodoc supaya lebih mudah dan praktis. Jangan tunda untuk memeriksakan diri sebelum kondisinya semakin memburuk. Download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. Basil: Nutrition, Health Benefits, Uses and More.
WebMD. Diakses pada 2022. Health Benefits of Basil.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan