Jenis-Jenis Pengobatan untuk Mengatasi Skoliosis

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   31 Mei 2021
Jenis-Jenis Pengobatan untuk Mengatasi SkoliosisJenis-Jenis Pengobatan untuk Mengatasi Skoliosis

Halodoc, Jakarta - Sudah familiar dengan masalah pada tulang belakang bernama skoliosis? Kondisi ini adalah kelainan tulang yang bisa membuat tulang belakang pengidapnya melengkung secara abnormal. Pada kebanyakan kasus, kelainan ini terjadi pada anak-anak sebelum masa pubertas, kira-kira berusia 10 hingga 15 tahun.

Sayangnya, penyebab pasti dari skoliosis hingga saat ini belum diketahui secara pasti. Sekitar 8 dari setiap 10 kasus skoliosis penyebabnya masih menjadi misteri. Di dunia medis, kondisi ini disebut skoliosis idiopatik. 

Nah, pertanyaannya, seperti apa jenis dan cara pengobatan untuk mengatasi skoliosis? 

Baca juga: Jaga Kesehatan Tulang, Ini Bedanya Skoliosis dengan Kifosis

Jenis Pengobatan Untuk Atasi Skoliosis

Kelainan pada tulang ini bisa menyerang siapa saja, termasuk pula anak-anak. Umumnya, skoliosis pada anak-anak bersifat ringan, tapi harus tetap diawasi secara saksama. Oleh sebab itu, cobalah periksakan dirinya ke dokter untuk menjalani X-ray secara rutin untuk mengetahui perkembangannya.

Kembali ke pertanyaan di atas, seperti apa jenis pengobatan untuk mengatasi skoliosis? Pada dasarnya, jenis pengobatan atau cara mengatasi skoliosis bergantung pada tingkat keparahan, kondisi kelengkungan tulang belakang, dan usia pengidapnya.

Nah, berikut ini beberapa jenis dan cara mengatasi skoliosis menurut National Health Service (NHS) - UK.

1. Bayi dan Balita

Bayi dan balita mungkin tidak memerlukan perawatan karena lekuk tubuh dapat meningkat seiring waktu. Sebuah gips atau penjepit plastik mungkin dipasang di punggung mereka.

Tujuannya untuk menghentikan kurva (lengkungan tulang) menjadi lebih buruk saat mereka tumbuh. Hal yang tak kalah penting, perkembangan penyakit skoliosis harus terus diamati oleh dokter. 

2. Anak-anak

Anak-anak yang lebih besar mungkin memakai penyangga punggung untuk menghentikan lekukan menjadi lebih buruk. Penyangga ini dapat dihentikan sampai pertumbuhan tulang belakang anak berhenti.

Kamu bisa bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc, mengenai waktu yang tepat untuk menghentikan menggunakan tulang penyangga pada anak dengan skoliosis.

Di samping itu, terkadang pembedahan mungkin diperlukan untuk mengontrol pertumbuhan tulang belakang, sampai operasi untuk meluruskannya dapat dilakukan saat tulang berhenti tumbuh.

Baca juga: Idap Skoliosis di Masa Kecil Bisa Sampai Dewasa, Benarkah?

3. Orang Dewasa

Orang dewasa mungkin memerlukan perawatan untuk menghilangkan rasa sakit akibat skoliosis. Contohnya, obat penghilang rasa sakit, suntikan tulang belakang, dan terkadang operasi. Bagaimana dengan olahraga yang memfokuskan pada bagian punggung?

Masih menurut NHS UK, tidak jelas apakah latihan punggung membantu memperbaiki skoliosis. Namun, olahraga secara umum baik untuk kesehatan fisik, dan tidak boleh dihindari kecuali disarankan oleh dokter. 

Kapan Prosedur Operasi Dilakukan?

Pada beberapa kasus, skoliosis bisa berkembang sehingga membuat pengidapnya mengalami berbagai gangguan kesehatan. Contohnya seperti masalah paru-paru, kelemahan pada tungkai, hingga gangguan jantung. Lantas, kapan operasi skoliosis diperlukan?

Menurut National Institutes of Health (NIH), prosedur operasi skoliosis diperlukan bila lekukan tulang belakang parah atau memburuk dengan sangat cepat.

Pengidap skoliosis membutuhkan operasi bila kurva kelengkungan melebihi 45-50 derajat. Pasalnya, kondisi ini bisa menyebabkan skoliosis semakin parah, bahkan setelah pengidapnya dewasa. Bahkan, kondisi ini juga bisa memengaruhi fungsi paru-paru pengidapnya.

Hal yang perlu dipahami, semakin besar derajat kelengkungan, maka membuatnya semakin sulit dioperasi. Di samping itu, operasi untuk pengidap skoliosis juga dibutuhkan bila adanya saraf terjepit yang menimbulkan nyeri atau masalah lainnya.

Baca juga: Posisi Duduk Bisa Memengaruhi Munculnya Skoliosis

Nah, bagi kamu atau terdapat anggota keluarga yang mengalami masalah pada tulang belakang atau keluhan lainnya, kamu bisa memeriksakan diri ke rumah sakit pilihan. Sebelumnya, buat janji dengan dokter di aplikasi Halodoc sehingga tidak perlu mengantre sesampainya di rumah sakit. Praktis, kan?



Referensi:
National Health Service - UK. Diakses pada 2021. Scoliosis
American Academy of Orthopaedic Surgeon. Diakses pada 2021. Orthoinfo. Nonsurgical Treatment Option for Scoliosis.
National Institutes of Health - MedlinePlus. Diakses pada 2021. Scoliosis
National Institutes of Health - MedlinePlus. Diakses pada 2021. Scoliosis surgery in children

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan