Jenis Kura-Kura yang Cocok untuk Peliharaan Keluarga

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   13 Juli 2021
Jenis Kura-Kura yang Cocok untuk Peliharaan KeluargaJenis Kura-Kura yang Cocok untuk Peliharaan Keluarga

“Kura-kura adalah hewan yang terkenal dengan usianya yang panjang. Meski begitu, kura-kura juga dapat menjadi hewan peliharaan. Namun, tidak semua jenisnya dapat menjadi peliharaan di rumah karena masalah agresivitas atau ukurannya kelak.”

Halodoc, Jakarta – Di masa pandemi seperti ini, memelihara hewan peliharaan dapat menjaga kamu untuk tetap “waras” agar tetap betah di rumah. Ada banyak jenis hewan peliharaan yang dapat dipilih, dari yang eksotis hingga yang bisa diajak main. Jika kamu ingin memelihara reptil tetapi yang mudah untuk dipelihara, kura-kura dapat menjadi jawaban.

Ada banyak jenis kura-kura yang ada di dunia, tetapi tidak semuanya cocok untuk menjadi hewan peliharaan. Kamu perlu mempertimbangkan banyak hal untuk memilih jenis kura-kura yang ingin dipelihara karena pengaruh iklim yang harus cocok. Nah, berikut beberapa jenis kura-kura untuk peliharaan di rumah!

Baca juga: Ketahui Masalah Kesehatan yang Sering Terjadi pada Kura-Kura

Kura-Kura yang Cocok untuk Menjadi Peliharaan

Kura-kura memang terlihat eksotis dan menggemaskan, serta banyak orang yang berpikir mudah untuk dijadikan peliharaan. Faktanya, tidak semua orang dapat menjadikan kura-kura sebagai hewan peliharaan. Hewan ini tidak dapat kamu ajak interaksi dan mungkin saja membawa penyakit.

Selain itu, hewan ini juga memiliki rentang hidup yang panjang dan mungkin lebih lama dari pemiliknya. Alangkah lebih baik jika kamu memiliki halaman yang dipenuhi rerumputan sebelum memutuskan untuk memelihara kura-kura. Maka dari itu, kamu harus tahu beberapa jenis kura-kura yang paling cocok untuk dijadikan peliharaan. Berikut ini beberapa jenis yang dapat kamu pilih:

1. Red Eared Sliders

Salah satu jenis kura-kura yang cocok untuk peliharaan adalah Red eared sliders. Hewan ini merupakan jenis yang paling populer dari semua spesies kura-kura air. Jenis ini lebih ramah dan lebih mudah bergaul dengan sejenisnya, cukup aktif, dan mudah didapatkan. Kura-kura ini dapat mencapai usia 50 tahun jika dirawat dengan tepat.

Red eared sliders umumnya ditempatkan di dalam ruangan, tetapi membutuhkan perlindungan yang tepat, rutin dibersihkan, dan suhu yang lebih hangat. Selain itu, reptil ini juga dapat hidup dengan baik di kolam luar ruangan. Saat lebih besar, kura-kura ini membutuhkan ruangan yang lebih besar sehingga cocok untuk ditempatkan di kolam luar ruangan.

Jika kamu ingin meminta saran tentang jenis kura-kura yang cocok untuk menjadi hewan peliharaan, dokter hewan dari Halodoc siap memberikan saran yang paling tepat. Hanya dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam berinteraksi dengan ahli medis bisa dilakukan melalui smartphone. Unduh aplikasinya sekarang juga!

Baca juga: Mengenal Lebih Dekat Kura-Kura Sulcata yang Terancam Punah

2. African Sideneck Turtle

Kamu juga dapat memilih African sideneck turtle sebagai jenis kura-kura untuk menjadi hewan peliharaan. Hewan unik ini memiliki leher panjang yang khas yang tidak dapat masuk sepenuhnya ke dalam cangkang dan anatominya berbeda dari kura-kura pada umumnya. Oleh karena penampilan dan ukurannya yang unik, kura-kura ini sering menjadi pilihan untuk dijadikan hewan peliharaan.

Meski begitu, reptil jenis ini memiliki perawatan yang terbilang kompleks dari kura-kura lainnya. Air dari kolam African sideneck turtle ini harus dijaga agar tetap bersih dan harus diganti setiap minggunya. Meski begitu, sistem filtrasi yang baik dapat memfasilitasi penggantian air yang lebih jarang.

Kamu membutuhkan tangki akuarium paling tidak sebesar 75 galon. Pastikan juga untuk memberikan lampu UV untuk dirinya berjemur dan suhu tidak boleh turun di bawah 70 derajat. Hal ini adalah salah satu alasan jika hewan ini paling baik disimpan di dalam ruangan. Pastikan untuk memberikan makanan yang segar dan bervariasi untuk mencegah kekurangan vitamin A dan D3.

Baca juga: Sebelum Memelihara Kura-Kura, Perhatikan 5 Hal Ini

3. Eastern Box Turtles

Kura-kura untuk dijadikan hewan peliharaan lainnya adalah Eastern box turtles. Reptil ini membutuhkan ruangan yang luas, tetapi dapat dengan mudah beradaptasi, baik di dalam maupun di luar ruangan. Hewan ini lebih suka lingkungan yang lembap, membutuhkan genangan air yang dangkal di kandang, serta membutuhkan lampu berjemur UVB jika disimpan di dalam ruangan.

Jika lingkungannya terlalu dingin dan kering, kura-kura ini dapat lebih mudah untuk terserang infeksi pernapasan. Kura-kura ini bisa pemalu, tetapi tidak agresif. Hal yang paling penting adalah kamu dapat melihat kepribadiannya setelah berinteraksi berhari-hari. Mungkin dirinya dapat menyambut kamu saat membawakannya makanan.

Inilah beberapa jenis kura-kura yang dapat dijadikan hewan peliharaan. Pemeliharaan hewan ini membutuhkan komitmen yang panjang meski kelihatannya mudah. Selain itu, modal yang mesti dikeluarkan di awal mungkin juga tidak sedikit. Namun, seiring berjalannya waktu mungkin kamu mulai merasakan kegembiraan telah memelihara kura-kura.

Referensi:
The Spruce Pets. Diakses pada 2021. 10 Types of Turtles That Make Great Pets.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan