Jerawat Baru Muncul, Apa yang Harus Dilakukan?

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   22 Januari 2021
Jerawat Baru Muncul, Apa yang Harus Dilakukan?Jerawat Baru Muncul, Apa yang Harus Dilakukan?

Halodoc, Jakarta - Jerawat yang baru muncul memang menjengkelkan dan mengganggu penampilan. Terlebih lagi, apabila jerawat muncul di waktu yang tidak tepat, di saat harus menghadapi hari penting. Hal ini tentunya dapat membuat rasa percaya diri menurun. Lantas, apa yang harus dilakukan saat jerawat baru muncul?

Jerawat adalah masalah kulit yang umum dihadapi setiap orang. Ketika jerawat muncul, siapa pun tentu ingin tahu cara cepat menghilangkan jerawat. Meskipun menghilang jerawat dalam sehari adalah hal yang mustahil. Namun, kamu bisa melakukan beberapa hal ini untuk mengatasi jerawat yang baru muncul. 

Baca juga: Begini Cara Menghilangkan Jerawat dengan Metode Alami

Tindakan Pertama saat Jerawat Baru Muncul  

Menghilangkan jerawat dalam waktu sehari adalah hal yang mustahil. Namun, ada beberapa tindakan yang dapat segera dilakukan ketika jerawat baru muncul. Meskipun tidak langsung menghilangkan jerawat, setidaknya ada perubahan yang signifikan. Berikut ini cara yang bisa dilakukan:

  • Gunakan Produk Perawatan Jerawat

Produk perawatan bintik jerawat yang dijual bebas adalah pilihan baik jika kamu memiliki jerawat yang masih baru. Oleskan sedikit krim atau gel jerawat langsung ke jerawat yang baru muncul. Beberapa krim spot jerawat harus dibiarkan semalaman.

Pastikan produk jerawat yang dipilih mengandung benzoyl peroxide atau asam salisilat. Kamu beli obat jerawat melalui aplikasi Halodoc. Namun setiap orang memiliki reaksi yang berbeda pada kedua kandungan ini. Kamu akan menemukan mana yang paling cocok dengan mencobanya terlebih dulu. 

  • Oleskan Masker Sulfur

Jika produk perawatan spot jerawat tidak cukup membantu, cobalah untuk menggunakan masker sulfur. Pasalnya sulfur mampu membuka pori-pori yang tersumbat dan mengurangi peradangan, sehingga dapat membantu jerawat yang bengkak terlihat mengecil. 

Kamu dapat mengoleskan masker hanya pada jerawat atau ke seluruh wajah. Pastikan untuk menggunakan produk sesuai petunjuk yang tertulis dalam kemasan. 

Baca juga: Inilah 6 Jenis Jerawat yang Perlu Diketahui

  • Kompres dengan Es Batu

Ini adalah trik yang sering digunakan oleh ahli kecantikan atau di klinik-klinik kecantikan. Mengoleskan atau mengompres es batu ke jerawat yang meradang dapat mengurangi kemerahan, bengkak, dan nyeri. Tindakan ini menjadi solusi untuk jerawat baru yang benjolannya belum keluar, tapi terasa sakit di bawah kulit.

Jika tidak ingin es batu langsung menyentuh kulit, maka bungkus terlebih dulu dengan kain lembut. Jangan kompres jerawat terlalu lama, cukup 20 atau 30 detik, dan istirahatkan satu menit atau lebih. Lakukan beberapa kali dalam sehari atau sebelum keluar rumah. 

  • Berikan Suntik Kortison di Klinik Kecantikan

Untuk jerawat yang sangat dalam, menyakitkan, dan jerawat kistik, suntikan kortison bisa menjadi pilihan. Suntikan kortison ditujukan ke dalam jerawat membandel. Hanya dalam beberapa jam, pembengkakan akan mereda dan nyeri akan hilang. Umumnya, pembengkakan benar-benar mereda dalam waktu 48 jam. Perlu diketahui, suntikan kortison hanya bisa kamu dapatkan di klinik kecantikan.

Baca juga: Mitos & Fakta Jerawat yang Harus Diketahui

Perawatan setelah Pengobatan Jerawat

Jerawat yang sangat besar atau dalam dapat merusak tampilan kulit dan menyebabkan jaringan parut. Bekas jerawat adalah hal berikutnya yang harus diwaspadai. Meskipun ada perawatan khusus bekas jerawat, namun mencegah adalah tindakan terbaik. 

Perlu diketahui, pengobatan jerawat tidak hanya saat mengalami jerawat, tapi juga setelahnya. Langkah-langkah yang perlu dilakukan di antaranya, yaitu:

  • Hindari memencet atau mengorek jerawat dan bekasnya. Tindakan ini mampu merusak kulit dan meningkatkan risiko jaringan parut. 
  • Jaga rutinitas perawatan kulit, termasuk mencuci muka, pengelupasan kulit mati, dan menerapkan perawatan anti-jerawat.
  • Hindari menggosok kulit atau pengelupasan kulit berlebihan. Hal ini bisa menyebabkan kulit memproduksi minyak secara berlebihan yang memperparah jerawat. 

Jika perawatan dengan produk perawatan jerawat yang dijual bebas tidak mempan, sebaiknya hubungi dokter melalui aplikasi Halodoc untuk mendapatkan resep yang tepat. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga agar menemukan penanganan yang tepat untuk masalah kulitmu!

Referensi:
Very Well Health. Diakses pada 2021. How to Get Rid of Pimples Fast
Medical News Today. Diakses pada 2021. Home remedies to get rid of pimples fast

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan