Manfaat Es Batu untuk Mengecilkan Pori-Pori Wajah

Ditinjau oleh  dr. Gabriella Florencia   24 Februari 2020
Manfaat Es Batu untuk Mengecilkan Pori-Pori WajahManfaat Es Batu untuk Mengecilkan Pori-Pori Wajah

Halodoc, Jakarta – Banyak cara yang bisa dilakukan untuk memiliki kulit wajah yang sehat. Baik pria maupun wanita rasanya harus mengetahui ini. Mulai dari menjaga kebersihan kulit wajah, memiliki pola makan sehat, memenuhi kebutuhan cairan setiap harinya, dan menghindari kulit wajah dari paparan langsung sinar matahari. 

Baca juga: 5 Cara Jitu Mengecilkan Pori-Pori Wajah

Kulit sering mengalami gangguan, yang biasanya disebabkan oleh pori-pori wajah yang membesar. Seseorang dengan pori-pori wajah yang besar rentan mengalami masalah seperti jerawat dan komedo. Berbagai cara dilakukan untuk dapat mengecilkan pori-pori wajah, salah satunya dengan menggunakan es batu. Apakah benar?

Benarkah Es Batu Bisa Kecilkan Pori-Pori Wajah?

Setiap kulit pasti memiliki pori-pori, termasuk pada kulit wajah. Pori-pori adalah bukaan yang menonjol pada kulit, mengandung folikel rambut, dan kelenjar sebaceous di bawahnya. Kelenjar sebaceous ini yang memproduksi minyak alami wajah atau sebum.

Pori-pori wajah memiliki peran yang cukup penting, Sebum yang dihasilkan dapat membuat kulit kamu terasa lebih lembut dan lembap. Sebum keluar dari pori-pori wajah, itulah sebaiknya kamu wajib menjaga kebersihan wajah agar pori-pori tidak tersumbat kotoran.

Dilansir dari Healthline, ada beberapa penyebab yang membuat pori-pori wajah terlihat membesar, seperti munculnya jerawat, peningkatan produksi sebum oleh kelenjar minyak, paparan sinar matahari secara langsung, dan penggunaan alat-alat kecantikan dengan bahan non comedogenic. 

Ada beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk mengecilkan pori-pori yang terlihat membesar, salah satunya adalah es batu. Gunakan es batu yang dibalut dengan kain lembut, lalu kompres pada beberapa bagian wajah yang memiliki pori-pori membesar. Lakukan pemijatan secara lembut pada wajah menggunakan es batu yang telah dibalut kain. Lakukan gerakan putaran sebanyak satu hingga dua kali.

Dilansir dari Healthline, lakukan pijatan pada beberapa area wajah, seperti dagu, hidung, pipi, dan dahi. Namun, sebaiknya jangan terlalu lama menempelkan es batu pada wajah karena dapat menyebabkan kondisi ice burn.

Baca juga: Begini Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah di Rumah

Banyak manfaat yang dapat dialami ketika menggunakan es batu sebagai kompres wajah. Es batu dapat menghilangkan “mata panda” yang terlihat pada wajah. Tidak hanya itu, mengompres wajah dengan es batu dapat mengurangi produksi minyak pada wajah. Es batu juga dapat digunakan untuk mengatasi peradangan atau kemerahan yang disebabkan oleh jerawat. 

Namun, penggunaan es batu harus disesuaikan dengan kondisi kulit masing-masing. Ada baiknya kamu bertanya dulu dengan dokter melalui aplikasi Halodoc tentang cara paling tepat mengatasi masalah kulitmu. 

Gunakan Variasi Es Batu untuk Menjaga Kesehatan Kulit Wajah

Penggunaan es batu untuk mengecilkan pori-pori tidak melulu menggunakan air bersih saja. Kamu bisa berinovasi untuk membuat perawatan kulit wajah secara alami, seperti:

1. Es Madu dan Kulit Jeruk

Gunakan es batu yang terbuat dari madu dan kulit jeruk untuk digunakan sebagai bahan alami pengecil pori-pori wajah. Haluskan kulit jeruk, lalu campurkan dengan madu. Kemudian, masukkan pada wadah dan letakkan pada pendingin. Diamkan hingga membeku. Madu dan kulit jeruk yang telah beku bisa dijadikan alat kompres pada area wajah.

2. Lidah Buaya

Selain bermanfaat untuk rambut, lidah buaya bermanfaat untuk kesehatan kulit. Caranya dengan haluskan daging lidah buaya, kemudian bekukan. Sensasi dingin dari lidah buaya dapat membuat kulit wajah membuat rileks dan membantu untuk mengecilkan pori-pori wajah yang membesar.

Baca juga: Manfaat 8 Ragam Mineral untuk Kesehatan Kulit

Itulah cara yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah pori-pori wajah. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan tangan sebelum kamu melakukan perawatan pada wajah. Lakukan rutin untuk mendapatkan hasil yang optimal. Lakukan gaya hidup sehat, dengan konsumsi air putih dan makanan sehat untuk menjaga kesehatan kulit wajah.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. Can Ice Facial Reduces Puffy Eyes and Acne?
Very Well Health. Diakses pada 2020. What Your Pores Say About Your Skin
Medical News Today. Diakses pada 2020. What Are The Best Ways to Get Rid of Large Pores?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan