Kaitan Kondisi Cholangiocarcinoma dan Infeksi Hepatitis

2 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   21 Desember 2022

“Cholangiocarcinoma dan hepatitis saling berkaitan. Penyakit hepatitis merupakan salah satu faktor pemicu cholangiocarcinoma.”

Kaitan Kondisi Cholangiocarcinoma dan Infeksi HepatitisKaitan Kondisi Cholangiocarcinoma dan Infeksi Hepatitis

Halodoc, Jakarta – Cholangiocarcinoma atau kanker saluran empedu adalah perkembangbiakan sel secara tak terkendali di saluran empedu (bile duct). Penyakit ini tidak menimbulkan gejala di tahap awal kemunculannya.

Sementara hepatitis merupakan peradangan pada organ hati (liver). Pemicunya mulai dari infeksi virus, mengonsumsi alkohol, dan infeksi cacing hati. Jika penyakit disebabkan oleh infeksi virus, ini bisa menular ke orang lain.

Cholangiocarcinoma dan hepatitis adalah dua penyakit yang saling berkaitan. Hubungan keduanya berasal dari mekanisme penyakit hepatitis yang merupakan salah satu faktor pemicu cholangiocarcinoma.

Kaitan Cholangiocarcinoma dan Hepatitis

Infeksi virus hepatitis merupakan masalah kesehatan global. Melansir dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) 354 juta orang mengidap hepatitis B dan C secara global. Gangguan ini juga menjadi penyebab utama sirosis hati dan karsinoma hepatoseluler. 

Virus onkogenik penyebab hepatitis ini juga terkait dengan perkembangan limfoma non-Hodgkin dan kolangiokarsinoma (CCA). Onkogenik sendiri merupakan istilah untuk virus yang dapat menyebabkan kanker.

Hubungan antara infeksi hepatitis (HCV) dan CCA terletak pada mekanisme virus onkogenik HCV.  Virus tersebut berpartisipasi dalam pengembangan dan perkembangan CCA. 

Fakta tersebut tertuang dalam jurnal Hepatitis C virus infection and cholangiocarcinoma: an insight into epidemiologic evidences and hypothetical mechanisms of oncogenesis.

Ilmuwan meninjau hubungan epidemiologi HCV dan CCA sampel hati yang diperoleh dari pasien. Hasilnya, ditemukan potensi perkembangan CCA dari virus GCV. Meski demikian, dibutuhkan studi lebih lanjut guna menunjukkan kepastian dari hipotesis tersebut.

Tips Mencegah Cholangiocarcinoma dan Hepatitis

Kanker saluran empedu menjadi salah satu penyakit yang sulit dicegah. Meski begitu, ada beberapa upaya yang dapat dilakukan guna menurunkan potensi munculnya gejala. Di antaranya:

  • Melakukan vaksinasi hepatitis B guna mencegah hepatitis B.
  • Melakukan kontrol gula darah secara rutin jika mengidap diabetes.
  • Berhenti merokok dan mengonsumsi alkohol secara berlebihan.

Sementara langkah mencegah penyakit hepatitis dapat dilakukan dengan:

  • Lakukan vaksinasi hepatitis sesuai dengan jadwal yang ditentukan. 
  • Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir secara rutin. Lakukan ini sebelum makan, setelah menggunakan toilet dan selesai beraktivitas di luar ruangan.
  • Lakukan hubungan seksual yang aman. Caranya, menggunakan kondom atau setia dengans atu pasangan saja.
  • Jangan berbagi penggunaan barang-barang pribadi. Misalnya, baju, alat cukur atau sikat gigi.
  • Mengonsumsi makanan sehat bergizi seimbang. Lakukan olahraga secara rutin dan mencukupi waktu beristirahat.
  • Jangan mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan.
  • Jangan menggunakan obat-obatan terlarang.
  • Jangan mengonsumsi air minum yang tidak terjamin kebersihannya.
  • Jangan mengonsumsi makanan mentah atau setengah matang.

Jika memiliki keluhan atau gangguan kesehatan, silakan tanya dokter untuk melakukan langkah perawatan. Dapatkan juga informasi lain seputar kesehatan, gaya hidup dan pola hidup sehat lainnya dengan mendownload Halodoc sekarang juga.

Referensi:
National Library of Medicine. Diakses pada 2022. Hepatitis C Virus Infection and Cholangiocarcinoma: An Insight into Epidemiologic Evidences and Hypothetical Mechanisms of Oncogenesis.
Research Gate. Diakses pada 2022. Risk factors for intrahepatic cholangiocarcinoma: A possible role of hepatitis B virus.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan