Kandungan Nutrisi Clover Honey dan Manfaatnya bagi Kesehatan

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   04 Agustus 2022

“Clover honey mengandung kalori, karbohidrat, magnesium, zat besi, dan vitamin B serta C. Beberapa kandungan itu efektif meredakan batuk, meningkatkan kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan gigi.”

Kandungan Nutrisi Clover Honey dan Manfaatnya bagi KesehatanKandungan Nutrisi Clover Honey dan Manfaatnya bagi Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Clover honey adalah madu yang terbuat dari tumbuhan Trifolium. Lebah mengonsumsi cairan yang terdapat di dalam tumbuhan (nektar) ini dan menghasilkan madu dengan cita rasa manis.

Madu dari tumbuhan Trifolium juga bertekstur ringan sehingga tidak menimbulkan gatal di tenggorokan saat diminum. Di dalamnya mengandung beberapa nutrisi penting termasuk kalori, karbohidrat, magnesium, kalium dan zat besi. 

Kandungan tersebut membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh hingga menangkal serangan penyakit. Beberapa di antaranya batuk, radang gusi, diare dan tukak lambung.

Kandungan Nutrisi

Madu dari tumbuhan Trifolium ini memiliki kandungan gula tinggi. Dalam satu sendok makan madu (21 gram) mengandung 16 gram gula. Clover honey juga dilengkapi dengan beberapa kandungan nutrisi. Antara lain:

  • Kalori.
  • Karbohidrat.
  • Magnesium.
  • Kalium.
  • Kalsium.
  • Zat besi.
  • Zinc.
  • Protein.
  • Tembaga.
  • Mangan.
  • Vitamin B.
  • Vitamin C.

Madu juga dilengkapi dengan polifenol. Senyawa tersebut adalah antioksidan yang dapat melindungi sel-sel dari kerusakan akibat zat asing yang masuk ke dalam tubuh (radikal bebas). 

Manfaat Clover Honey

1. Meredakan Batuk

Batuk adalah reaksi alami tubuh ketika debu dan polusi masuk ke dalam sistem pernapasan. Gangguan ini juga bisa disebabkan oleh paparan bakteri atau virus.

Mengonsumsi clover honey bisa jadi pilihan karena bersifat antibakteri, antiinflamasi dan antivirus. Proses penyembuhan batuk bisa lebih cepat karena kandungan vitamin C yang berperan dalam meningkatkan kekebalan tubuh.

2. Menunjang Daya Tahan Tubuh

Gabungan antara protein, vitamin C dan seng dalam clover honey berperan dalam meningkatkan kekebalan tubuh (imunitas). Jika imunitas berada dalam kondisi prima, tubuh bisa menangkan virus dan bakteri dengan sendirinya.

3. Mengendalikan Diabetes

Clover honey mengandung gula sebanyak 16 gram. Jika dibandingkan dengan gula pasir biasa dalam jumlah yang sama, madu dari tumbuhan Trifolium ini lebih aman dikonsumsi oleh pengidap diabetes.

4. Menyembuhkan Luka

Efek antivirus dan antibakteri dalam clover honey efektif menyembuhkan masalah kulit. Beberapa di antaranya bisul, impetigo (infeksi kulit) dan luka pada pengidap diabetes.

Sebuah studi dalam jurnal The clinical and cost effectiveness of bee honey dressing in the treatment of diabetic foot ulcers menyebutkan, menggunakan balutan clover honey selama 3 bulan efektif mengatasi luka pada pengidap diabetes.

Studi dilakukan pada 30 peserta dalam kurun waktu 3 bulan. Hasilnya, 43 persen luka sembuh sepenuhnya. Sedangkan 43 persen lainnya berkurang secara signifikan dari segi ukuran dan jumlah bakteri pada luka.

5. Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Manfaat ini berasal dari sifat antibakteri, antiinflamasi dan antioksidan dalam clover honey. Kandungan tersebut dapat membantu mencegah pertumbuhan kuman di area gigi dan mencegah peradangan pada gusi.

6. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Mengonsumsi clover honey sebanyak 1 hingga 2 sendok teh madu per hari dapat mengatasi mulas akibat diare dan nyeri yang disebabkan tukak lambung. Selain itu, gula dalam madu bertindak sebagai prebiotik yang meningkatkan pertumbuhan bakteri baik di usus.

Itulah kandungan dan manfaat madu dari tumbuhan Trifolium. Bagi pengidap alergi yang ingin mengonsumsi clover honey, sebaiknya tanya dokter terlebih dulu guna meminimalisir risiko efek samping.

Jika kamu membutuhkan informasi lain seputar kesehatan, gaya hidup, dan pola hidup sehat lainnya, silakan download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Nourish by WebMD. Diakses pada 2022. Clover Honey: Are There Health Benefits?
Healthline. Diakses pada 2022. What Is Clover Honey? Uses, Nutrition, and Benefits.
Organic Facts. Diakses pada 2022. 5 Best Health Benefits Of Clover Honey.
Diabetes Res Clin Pract. Diakses pada 2022. The clinical and cost effectiveness of bee honey dressing in the treatment of diabetic foot ulcers.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan