Kandungan Ramen dan Cara Penyajiannya agar Padat Nutrisi

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   02 Februari 2023

“Ramen mengandung serat, karbohidrat, folat, dan protein. Kamu bisa menambah sayuran, ayam, tahu, dan jamur agar makanan ini makin padat nutrisi.”

Kandungan Ramen dan Cara Penyajiannya agar Padat NutrisiKandungan Ramen dan Cara Penyajiannya agar Padat Nutrisi

Halodoc, Jakarta – Ramen adalah makanan sejenis mi instan. Perbedaannya yakni pada bentuknya yang lebih tipis. Makanan ini dihidangkan dengan guyuran kaldu, seperti miso dan shoyu.

Ramen menjadi makanan yang kaya rasa. Dalam satu mangkuk, kamu bisa menikmati rasa manis, asam, dan asin jadi satu. Di dalamnya juga terdapat sayuran, seperti rumput laut, jagung, atau taoge.

Ada beberapa kandungan baik dalam makanan khas Jepang ini. Beberapa di antaranya serat, karbohidrat, folat, dan protein. Meski begitu, kalori di dalam ramen terbilang tinggi, sehingga asupannya perlu dibatasi.

Kandungan dan Manfaat Ramen

Ramen adalah makanan yang terbuat dari tepung terigu, minyak nabati, dan rempah-rempah. Jenis rempahnya, yakni lada hitam atau putih, biji wijen, togarashi, yuzu kosho, minyak bawang putih, dan kaldu ayam.

Dalam satu porsi ramen memiliki beberapa nutrisi, seperti:

  • Kalori: 188 kilokalori.
  • Karbohidrat: 27 gram.
  • Total lemak: 7 gram.
  • Protein: 5 gram.
  • Serat: 1 gram.
  • Natrium: 891 miligram.
  • Tiamin: 16 persen dari referensi asupan harian (RDI).
  • Folat: 13 persen dari RDI.
  • Mangan: 10 persen dari RDI.
  • Besi: 9 persen dari RDI.
  • Niasin: 9 persen dari RDI.
  • Riboflavin: 6 persen dari RDI.

Selain kandungan di atas, ramen instan yang terbuat dari tepung terigu diperkaya dengan bentuk sintetis dari nutrisi tertentu. Beberapa nutrisi yang dimaksud, yakni zat besi dan vitamin B.

Salah satu rempahnya, yakni kaldu ayam mengandung tinggi protein. Nutrisi tersebut menjadi salah satu sumber energi bagi tubuh. Ada juga kalsium yang dapat membantu kesehatan tubuh.

Selain itu, bawang putih dalam ramen efektif membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Manfaat kesehatan lainnya, yakni meningkatkan sirkulasi darah, mencegah peradangan, dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Namun, manfaat di atas tidak bisa didapatkan dari ramen instan. Di dalamnya kekurangan banyak nutrisi penting, termasuk serat, vitamin A, vitamin C, vitamin B12, magnesium, dan potasium.

Cara Penyajian agar Padat Nutrisi

Sesekali mengonsumsi ramen tak ada salahnya kok. Sebab, jika terlalu sering,  bisa berdampak pada kesehatan tubuh secara keseluruhan. Sebab, di dalamnya terdapat kandungan garam atau natrium dan kalori yang tinggi.

Dampaknya, bisa memicu penumpukan lemak perut, tekanan darah dan gula darah tinggi, serta sindrom metabolik. Agar menjadi makanan sehat, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan agar ramen tetap padat nutrisi.

Caranya dengan:

  • Menambahkan sayuran. Misalnya, wortel, brokoli, bawang bombay, atau jamur.
  • Menambahkan protein. Misalnya, telur, ayam, ikan, atau tahu. Makanan tersebut bisa membuat rasa kenyang bertahan lebih lama.
  • Kurangi garam. Untuk menambah cita rasa, sebaiknya jangan gunakan bumbu instan bawaan. Gunakan rempah-rempah seperti bawang merah dan putih.
  • Jangan gunakan perasa. Kamu bisa membuat kaldu sendiri dengan dari ayam dan rempah-rempah.

Sederhananya, mi ramen memang menyediakan zat besi, vitamin B, dan mangan. Namun, makanan ini tidak mengandung serat, protein, dan vitamin serta mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh.

Selain itu, kalori dan kandungan natriumnya yang tinggi bisa berdampak negatif bagi kesehatan. Jadi, sebaiknya batasi asupannya, yakni sebanyak 1 sampai 2 kali saja dalam seminggu.

Jika mengalami gangguan kesehatan apa pun, silakan buat janji medis untuk melakukan perawatan dan konsultasikan pada dokter. Dapatkan juga informasi lain seputar kesehatan, dan pola hidup sehat lainnya dengan download Halodoc sekarang juga.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2023. Are Instant Ramen Noodles Bad for You, or Good?
Very Well Fit. Diakses pada 2023. Ramen Noodle Nutrition Facts.
Dr. Health Benefits. Diakses pada 2023. 25 Top Health Benefits of Eating Ramen Noodles #No.3 Unpredictable!

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan