Kapan Pengidap Ambeien Perlu Menjalani Operasi?

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   26 Januari 2024

“Ambeien bisa ditangani dengan beberapa cara pengobatan, salah satunya dengan prosedur operasi. Namun perlu diketahui, ada juga beberapa cara lain untuk mengatasinya seperti tidak menahan buang air besar, menjaga pola makan, dan menggunakan air hangat."

Kapan Pengidap Ambeien Perlu Menjalani Operasi?Kapan Pengidap Ambeien Perlu Menjalani Operasi?

Halodoc, Jakarta – Ambeien alias wasir adalah penyakit yang terjadi karena pembuluh darah balik (vena) yang ada di daerah rektum mengalami pembengkakan atau peradangan. Hal ini menyebabkan terhambatnya aliran darah balik vena. Wasir bisa membuat pengidapnya merasa gatal dan tidak nyaman di area anus, bahkan memicu perdarahan.

Kondisi ini bisa membuat pengidapnya merasa kesulitan saat duduk dalam waktu lama. Kabar buruknya, ambeien sering menjadi kondisi yang diabaikan. Biasanya seseorang baru menyadari setelah merasa benjolan membesar dan mulai mengganggu. 

Jika sudah terlanjur parah, pengobatan ambeien harus segera dilakukan, termasuk prosedur operasi. Kapan prosedur ini harus dijalani? 

Pilihan Pengobatan untuk Pengidap Ambeien

Operasi bisa membantu mengatasi ambeien, tetapi ini bukan satu-satunya cara. Kapan prosedur ini harus dijalani oleh pengidap ambeien? Jawabannya saat kondisi sudah parah dan beragam pengobatan yang dilakukan sebelumnya tidak membantu sama sekali. Prosedur operasi untuk mengatasi ambeien biasanya baru akan disarankan jika berbagai pengobatan sudah dilakukan, tetapi tidak bisa mengurangi gejala sama sekali. Dengan kata lain, tidak semua diagnosis ambeien harus diatasi dengan cara operasi. 

Selain dengan prosedur operasi, ada beberapa cara lain yang bisa dilakukan untuk menangani ambeien, di antaranya: 

1. Jangan menahan buang air besar

Salah satu faktor risiko ambeien adalah sering menahan buang air besar (BAB). Pasalnya, kebiasaan menahan BAB bisa membuat seseorang harus mengejan dengan keras sehingga meningkatkan risiko tumbuhnya ambeien. 

Maka dari itu, salah satu cara untuk mencegah dan mengatasinya adalah dengan menghindari kebiasaan menahan BAB dan jangan mengejan saat buang air besar. 

Cari tahu lebih lanjut kapan pengidap wasir harus dioperasi dengan baca artikel ini: “Apakah Pengidap Wasir Harus Dioperasi?

2. Pola makan sehat

Menerapkan pola makan sehat bisa membantu mengatasi wasir. Perbanyaklah mengonsumsi makanan berserat, seperti brokoli, kacang, gandum, dan buah-buahan. Makanan yang banyak mengandung serat dapat menurunkan pendarahan, inflamasi dan pembengkakan lebih lanjut, serta membuat proses buang air besar menjadi lebih lancar. 

Pola makan tidak sehat juga menjadi penyebab berat badan berlebih yang mana bisa berimbas pada munculnya ambeien. Yuk cari tahu lebih lanjut di sini: “Kelebihan Berat Badan Dapat Menyebabkan Wasir, Ini Penjelasannya”. 

3. Gunakan air hangat 

Salah satu cara mengatasi wasir adalah dengan rutin membersihkan atau merendam area anus dengan air hangat. Lakukan hal ini secara rutin, setidaknya selama 10–15 menit sehari. 

Pentingnya Pengobatan Wasir 

Wasir atau ambeien dibedakan menjadi dua jenis, yaitu wasir interna dan wasir eksterna. Perbedaan pada kedua jenis wasir ini adalah lokasi pembuluh darah yang mengalami pelebaran. Wasir interna adalah peradangan yang terjadi di dalam bagian bokong. 

Sementara wasir eksterna ditandai dengan pembengkakan pada pembuluh yang ada di bagian luar. Operasi wasir dilakukan jika sudah terdapat hemoroid eksternal yang besar atau pada hemoroid internal yang telah keluar dari dinding rektum ke anus. 

Penyakit ini juga dibagi ke dalam beberapa tingkatan, tergantung tingkat keparahan dan kondisi dari benjolan wasir. Pada tingkat yang rendah, yaitu tingkat I dan II, biasanya wasir dapat diatasi dengan terapi obat. 

Pada kondisi yang parah, penanganan lebih lanjut mungkin harus dilakukan untuk mengatasi peradangan, salah satunya prosedur operasi.  

Selain pilihan pengobatan di atas, konsumsi obat-obatan apotik juga bisa jadi alternatif untuk mengatasi ambeien. Yuk cari tahu lebih lanjut tentang  rekomendasi obat ambeien di sini: “Ini 7 Rekomendasi Obat Ambeien yang Ampuh dan Mudah Ditemukan”.

Kamu juga bisa temukan obat dan produk lainnya untuk atasi ambeien sesuai rekomendasi dokter di Toko Kesehatan Halodoc, dan dikirim dari apotek tepercaya!

Referensi: 
WebMD. Diakses pada 2021. Hemorrhoid Surgery.
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Hemorrhoids.
NIH. Diakses pada 2021. Treatment of Hemorrhoids.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan