Kapan Sebaiknya Anak Mulai Dibiarkan Makan Sendiri?

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   05 Maret 2021
Kapan Sebaiknya Anak Mulai Dibiarkan Makan Sendiri?Kapan Sebaiknya Anak Mulai Dibiarkan Makan Sendiri?

Halodoc, Jakarta - Setiap pertambahan umur, anak akan selalu belajar hal yang baru. Terkadang, beberapa yang dipelajarinya dari melihat lingkungannya atau dibuat terbiasa oleh orangtuanya. Salah satu contohnya adalah anak yang belajar makan sendiri. Meski begitu, beberapa orangtua terbiasa untuk menyuapi anaknya sehingga kemampuan belajar makan sendirinya terbilang lambat. Untuk mengetahui waktu terbaik agar anak belajar makan sendiri, baca ulasan berikut ini!

Waktu yang Tepat untuk Anak Belajar Makan Sendiri

Pembelajaran balita untuk makan sendiri diawali dengan memberikannya camilan, atau finger food, yang secara bertahap berkembang dengan mulai menggunakan sendok dan garpu. Namun, beberapa orangtua ragu untuk membiarkan anak belajar makan sendiri karena malas membereskannya saat selesai. Maka dari itu, ibu harus tahu waktu yang tepat agar anak dapat belajar makan sendiri tanpa menimbulkan kekacauan.

Baca juga: Usia Balita, Anak Sudah Bisa Makan Sendiri?

Meski begitu, ibu harus tahu jika semua anak mengembangkan keterampilan atau kemampuan dengan kecepatan yang berbeda satu sama lain. Tidak ada waktu atau usia yang pasti sebagai patokan anak harus sudah bisa makan sendiri. Keterampilan motoriknya akan menemukan sendiri momen yang tepat disertai dengan beberapa faktor, antara lain:

  • Seberapa tertariknya anak untuk makan secara mandiri.
  • Berapa lama telah mengonsumsi makanan padat.
  • Kapan pertama kali mengenalkan camilan pada anak.

Jika ibu telah memberikan Si Kecil makanan lunak atau bubur, tetapi belum memperkenalkan finger food, mungkin ibu harus menunggu beberapa saat hingga memperkenalkan anak untuk langkah pertama agar dapat makan sendiri, yaitu memegang sendok. Selain itu, pastikan juga sudah memberikan anak makanan yang lebih keras pada konsumsi hariannya.

Ibu dapat mulai untuk menawarkan makanan, seperti sereal atau sayuran yang dimasak dengan baik, sehingga anak lebih mudah untuk memprosesnya saat di dalam mulut. Makanan-makanan lainnya yang dapat menjadi pilihan harus lembut, tetapi tidak sepenuhnya lembek. Dengan begitu, mulut anak mulai terbiasa dengan sesuatu yang lebih keras sehingga lebih dekat agar anak dapat belajar makan sendiri.

Baca juga: 2 Cara Mengajari Anak Makan Sendiri

Namun, pada usia berapa umumnya anak sudah bisa memegang sendok dan makan sendiri?

Penilaian paling awal yang dapat dilakukan jika anak sudah siap untuk belajar makan sendiri adalah ketika Si Kecil sudah dapat duduk dengan nyaman dan percaya diri di meja makannya. Sekitar usia 8 hingga 12 bulan, anak mulai menggunakan ibu jari dan jari telunjuknya untuk makan camilan sendirian. Saat memasuki usia 13 hingga 15 bulan, Si Kecil mulai menggunakan sendok dan seharusnya di usia 18 bulan sudah mahir sehingga makan sendiri lebih lancar.

Nah, sekarang ibu sudah tahu waktu yang tepat untuk membiarkan anak belajar makan sendiri. Dengan tekun melatih kebiasaan tersebut, anak menjadi semakin mahir dan akhirnya ibu bisa membiarkannya makan tanpa perlu memerhatikannya. Selain itu, hal yang perlu diperhatikan adalah nutrisi dan keanekaragaman makanan yang diberikan setiap hari agar anak tidak mudah bosan.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Masalah Anak Susah Makan

Jika ibu masih memiliki pertanyaan terkait pertumbuhan anak, dokter dari Halodoc siap menjawabnya dengan terperinci. Untuk mendapatkan interaksi dengan ahli medis, ibu hanya perlu download aplikasi Halodoc, sehingga semua pertanyaan yang ada bisa terjawab. Jangan ragu lagi untuk mengunduh aplikasi Halodoc untuk mendapatkan semua kemudahan ini!

Referensi:
Very Well Family. Diakses pada 2021. When Should I Introduce a Spoon to My Toddler?
Parents. Diakses pada 2021. When Do Toddlers Start Self-Feeding?


Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan