Kata Dokter: Bolehkah Pengidap Diabetes Jalani Operasi Katarak?

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   08 November 2021
Kata Dokter: Bolehkah Pengidap Diabetes Jalani Operasi Katarak?Kata Dokter: Bolehkah Pengidap Diabetes Jalani Operasi Katarak?

Katarak adalah salah satu masalah yang bisa terjadi akibat diabetes. Meski begitu, banyak orang yang bertanya apakah boleh pengidap diabetes melakukan operasi katarak. Penting untuk tahu jawabannya sebelum tindakan medis ini dilakukan.”

Halodoc, Jakarta – Diabetes adalah salah satu penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat Indonesia. Risiko untuk alami penyakit ini dapat meningkat akibat kebiasaan harian yang tidak sehat. Selain itu, disebutkan juga jika salah satu masalah yang disebabkan oleh diabetes adalah katarak.

Namun, apakah seseorang yang mengidap diabetes diperbolehkan untuk menjalani operasi katarak? Tentu saja cara ini umum dilakukan agar penglihatan kembali menjadi normal. Nah, untuk mengetahui boleh atau tidaknya operasi ini dilakukan pada seseorang dengan gangguan diabetes, baca ulasan berikut ini!

Baca juga: Tetap Sehat, Begini Makan Enak untuk Pengidap Diabetes

Pengidap Diabetes Boleh Jalani Operasi Katarak dengan Beberapa Syarat

Diabetes adalah salah satu penyakit sistemik yang semakin umum terjadi di masyarakat Indonesia. Faktanya, banyak juga seseorang yang mengalami masalah katarak ternyata disebabkan oleh diabetes. Pada seseorang yang sehat, operasi katarak efektif untuk mengembalikan penglihatan dengan sangat baik agar segala gangguan pada mata diatasi dengan benar, seperti miopia, hiperopia, dan astigmatisme.

Lalu, bagaimana jika operasi katarak dilakukan pada seseorang yang mengidap diabetes?

Saat seseorang dengan diabetes memiliki masalah pada mata dan perlu mendapatkan operasi untuk atasi katarak, ada beberapa dampak buruk yang dapat terjadi. Beberapa dampak buruk yang dapat terjadi adalah edema makula, retinopati progresif, dan penglihatan yang terbatas. Maka dari itu, ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan sebelumnya.

Memang, operasi katarak masih mungkin untuk memberikan hasil yang sangat baik pada pengidap diabetes. Namun, pengidap penyakit ini berada pada peningkatan risiko komplikasi dan keterbatasan penglihatan tahap lanjut. Perlu adanya perencanaan pre-operasi yang benar-benar cermat dan pengawasan yang ketat setelahnya agar dampak buruk yang bisa terjadi.

Baca juga: Gaya Hidup yang Perlu Dijalani Pengidap Diabetes Melitus

Menurut dr. Annisa Maloveny, Sp.PD., dokter spesialis penyakit dalam dari Halodoc, ada beberapa syarat yang perlu dipenuhi untuk melakukan operasi katarak, seperti:

  • Kadar gula yang terkontrol.
  • Kadar gula darah kurang dari 200 mg/dl.

Semua hal tersebut penting untuk diperhatikan guna mengurangi risiko pasca operasi. Selain itu, ada beberapa kebiasaan sehat yang perlu dilakukan agar operasi berjalan dengan lancar dan segala komplikasi yang bisa terjadi mampu dihindari, antara lain:

1. Pola Hidup Sehat

Sebelum dilakukannya operasi katarak, seseorang yang mengidap diabetes perlu menerapkan pola hidup sehat. Beberapa kebiasaan yang perlu dilakukan, antara lain menerapkan diet, berolahraga rutin, hingga mengurangi perasaan stres. 

Dengan rutin melakukan hal ini beberapa minggu sebelumnya, diharapkan tindakan medis tidak menimbulkan komplikasi berbahaya. Perlu juga mengonsumsi obat diabetes yang disarankan oleh dokter secara teratur.

2. Melakukan Pemeriksaan Mata secara Rutin

Pengidap katarak juga perlu melakukan pemeriksaan mata secara rutin. Hal ini untuk memastikan jika operasi katarak sangat perlu dilakukan agar penglihatan dapat kembali dengan normal. Dokter akan menyarankan metode terbaik dan waktu yang paling tepat terkait hal ini.

Baca juga: Operasi Katarak, Ini yang Perlu Diketahui

Nah, itulah jawaban terkait boleh atau tidaknya seseorang dengan pengidap diabetes menjalani operasi katarak. Penting untuk mempertimbangkan semua hal sebelum tindakan medis ini dilakukan. Dokter akan memberikan saran terbaik dengan mempertimbangkan kondisi diabetes yang sedang terjadi agar komplikasi dapat dihindari.

Untuk memastikan kesehatan mata, kamu bisa melakukan pemesanan untuk pemeriksaan ini di rumah sakit pilihan melalui aplikasi Halodoc. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, pemesanan pemeriksaan bisa disesuaikan dengan keinginan terkait waktu dan tempat. Maka dari itu, unduh aplikasinya sekarang juga!

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi:
Retina Today. Diakses pada 2021. Cataract Surgery in Diabetic Patients.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan