• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tetap Sehat, Begini Makan Enak untuk Pengidap Diabetes

Tetap Sehat, Begini Makan Enak untuk Pengidap Diabetes

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Tetap Sehat, Begini Makan Enak untuk Pengidap Diabetes

Halodoc, Jakarta - Penyakit diabetes bukan hanya menjadi momok yang mengerikan bagi orang tua saja. Penyakit ini juga dapat menyerang anak muda akibat pola hidup tidak sehat yang mereka jalani. Orang dengan diabetes juga dikenal tidak bisa mengonsumsi makanan enak, karena harus memperhatikan kadar gula darah dalam tubuhnya. Lantas, apakah ada jenis makanan enak untuk pengidap diabetes? Berikut ini sejumlah makanan tersebut:

Baca juga: 5 Efek Samping Diabetes yang Tidak Terduga

1.Sayur Bayam

Sayur bayam menjadi salah satu makanan enak untuk pengidap diabetes. Makanan sehat ini mengandung lutein yang baik untuk kesehatan mata. Selain diolah menjadi sayur, kamu bisa merebusnya saja dan memakannya sebagai lalapan.

2.Daging Tanpa Lemak

Kata siapa pengidap diabetes tidak bisa mengonsumsi daging? Daging tanpa lemak menjadi makanan enak untuk pengidap diabetes selanjutnya. Namun, ada hal yang perlu diperhatikan. Jangan mengolahnya dengan digoreng. Lebih sehat jika kamu merebus, memanggang, atau membakarnya.

3.Nasi Merah

Jika tidak bisa merasa kenyang sebelum makan nasi, pengidap diabetes bisa mengganti nasi putih dengan nasi merah. Nasi putih memiliki kadar gula sangat tinggi, yang dapat membahayakan para pengidap diabetes.

4.Popcorn Rasa Tawar

Makanan enak untuk pengidap diabetes selanjutnya adalah popcorn rasa tawar. Sah-sah saja mengonsumsi popcorn bagi pengidap diabetes, tetapi jangan menambahkan rasa apapun, ya.

5.Dark Chocolate

Dark chocolate aman dikonsumsi pengidap diabetes. Coklat jenis ini juga memiliki banyak manfaat, yaitu mempercepat pengolahan glukosa darah, mengurangi resistensi insulin, serta nafsu makan berlebih.

6.Oatmeal

Jika sedang bosan dengan nasi merah, kamu bisa mengonsumsi oatmeal. Jangan tambahkan gula untuk rasa manisnya. Kamu bisa menggunakan buah-buahan, seperti keluarga buah beri atau pisang.

7.Tomat

Tomat mengandung likopen dan lutein yang baik bagi organ ginjal serta pembuluh darah. Pengidap diabetes yang mengonsumsi segelas jus tomat setiap hari dapat mengurangi risiko penggumpalan darah akibat diabetes.

8.Ikan Laut

Sama seperti daging, pengidap diabetes dapat mengonsumsi ikan laut yang diolah dengan dikukus, dipanggang, atau dibakar. Untuk ikannya sendiri, pengidap dapat mengonsumsi ikan yang mengandung omega 3, seperti tuna, salmon, dan sarden. 

9.Ubi Jalar

Ubi jalar adalah makanan manis yang tidak membuat melonjaknya gula darah dalam tubuh, sehingga aman dikonsumsi pengidap diabetes. Ubi jalar dapat mempercepat proses glukosa darah dan memiliki indeks glukosa lebih rendah.

10.Brokoli

Brokoli menjadi sayuran selain bayam yang baik dikonsumsi pengidap diabetes. Brokoli merupakan sayuran yang mengandung senyawa sulforaphane. Kandungan tersebut mampu memperbaiki dan melindungi dinding pembuluh darah dari kerusakan kardiovaskular akibat diabetes.

Baca juga: Waspadai Gejala Diabetes yang Menyerang Tubuh

Sebelum Memutuskan untuk Memilih Makanan, Perhatikan Hal Ini

Kamu bisa mengonsumsi makanan selain yang telah disebutkan. Sebelum mengonsumsinya, kamu perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini:

  • Jangan mengonsumsi makanan dengan kandungan kalori tinggi, lemak jenuh dan trans, serta tinggi gula dan garam.
  • Jangan mengolah makanan dengan minyak yang memiliki kandungan tinggi lemak jenuh.
  • Jangan mengonsumsi makanan yang tidak mengandung serat dari bijian- utuh, buah atau sayur.
  • Jangan mengonsumsi minuman manis dengan kandungan tinggi gula atau pemanis buatan.
  • Jangan melewatkan waktu makan dan membiasakan diri makan tidak teratur.
  • Jangan makan dalam porsi yang berlebihan.
  • Jangan makan dengan piring yang besar, agar makanan tidak terlihat sedikit. Sebaiknya makan dengan piring kecil agar makanan terlihat banyak.

Baca juga: Pengidap Diabetes Bisa Kena Pemfigoid Bulosa, Ini Faktanya

Itulah sejumlah makanan enak untuk pengidap diabetes. Penyakit ini memang membuat pengidapnya tidak bisa mengonsumsi makanan enak, seperti yang bisa dikonsumsi oleh orang sehat. Kamu bisa mencegah penyakit ini dengan selalu menerapkan pola hidup sehat sejak dini. Jika kamu mengalami sejumlah masalah kesehatan, diskusikan segera dengan dokter di aplikasi Halodoc untuk menentukan langkah penanganan yang tepat, ya.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. The 16 Best Foods to Control Diabetes.
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Diabetes diet: Create your healthy-eating plan.
Medical News Today. Diakses pada 2020. What are the best foods for people with diabetes?