Kata Dokter: Ibu, Ketahui MPASI Terbaik untuk Anak

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   23 November 2021
Kata Dokter: Ibu, Ketahui MPASI Terbaik untuk AnakKata Dokter: Ibu, Ketahui MPASI Terbaik untuk Anak

“MPASI terbaik untuk anak belum tentu yang paling mahal. Bisa jadi, beberapa makanan berikut ini jadi menu sehari-hari keluarga, lho. Hal terpenting yang perlu diperhatikan adalah kandungan nutrisi dari makanan tersebut.”

Halodoc, Jakarta – Usia 6 bulan jadi momen yang ditunggu-tunggu para ibu, karena Si Kecil sudah bisa diberi makanan pendamping ASI (MPASI). Namun, sudah tahu belum apa saja MPASI terbaik untuk anak?

Sebenarnya, MPASI terbaik tidak harus yang paling mahal, atau yang paling rumit dibuat. Ada banyak sekali pilihan makanan yang kaya nutrisi, mudah disiapkan, enak, serta harganya terjangkau. Apa saja ya? Yuk simak pembahasan berikut!

Pilihan MPASI Terbaik untuk Anak

Melalui kanal Youtube Halodoc, dr. Hendris Utama Citra mengatakan bahwa MPASI terbaik untuk anak adalah yang mengandung nutrisi seimbang. Artinya, terdiri dari karbohidrat, protein hewani dan nabati, lemak, vitamin, dan mineral. 

Berbagai nutrisi itu bisa didapatkan dari banyak variasi makanan yang murah dan mudah didapatkan, kok. Berikut ini beberapa pilihan MPASI terbaik yang bisa ibu berikan:

  1. Alpukat

Menurut laman Baby Center, alpukat adalah salah satu MPASI terbaik yang bisa diberikan pada bayi. Buah ini kaya akan lemak tak jenuh sehat yang membantu meningkatkan perkembangan otak. 

  1. Pisang

Dikenal sebagai sumber potasium yang baik, buah pisang juga mengandung vitamin B6 dan C, serat, dan magnesium. Tak heran jika buah ini termasuk MPASI terbaik untuk anak.

  1. Blueberry

Blueberry adalah buah yang kaya akan antioksidan. Warna birunya berasal dari flavonoid yang bermanfaat bagi mata, otak, dan bahkan saluran kemih bayi. Sajikan buah ini dengan diblender atau ditumbuk hingga halus, ya.

  1. Buah Plum

Buah plum memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang manis. Selain itu, buah ini juga tinggi serat, sehingga bisa jadi solusi saat bayi mengalami sembelit. Ibu bisa mengolah buah ini dengan cara menjadikannya puree.

  1. Daging Merah

Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia. American Academy of Pediatrics merekomendasikan daging sebagai makanan pertama karena merupakan sumber protein, seng, dan zat besi yang sangat baik.

  1. Ikan

Ikan bisa menjadi sumber nutrisi yang luar biasa untuk bayi. Ini Mengandung protein dan asam lemak esensial, yang dapat meningkatkan perkembangan otak bayi. 

Selain itu, ikan juga dapat memenuhi kebutuhan zat besi, kalsium, seng, dan magnesium. Ikan tertentu, seperti salmon, juga bisa mengandung vitamin D yang penting dalam penyerapan kalsium.

  1. Bayam dan Sayuran Hijau Lainnya

Sayuran berdaun hijau seperti bayam dan brokoli kaya nutrisi yang penting untuk bayi. Seperti serat, folat, dan kalsium. Perkenalkan bayi pada rasa bayam, brokoli, dan sayuran hijau lainnya sejak dini, agar lidahnya terbiasa.

  1. Ubi Jalar

Ubi jalar adalah salah satu makanan pertama yang populer untuk bayi, yang cenderung menyukai rasa manis dan teksturnya. Umbi-umbian ini kaya akan beta-karoten, vitamin C, dan mineral, termasuk zat besi dan tembaga. Itulah sebabnya ibu jalar termasuk dalam salah satu MPASI terbaik untuk anak.

  1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung banyak protein dan serat tanpa lemak. Tidak seperti kacang yang lebih besar, lentil kecil yang direbus dan dihaluskan menjadi bubur bisa jadi pilihan yang enak dan mudah dibuat.

Itulah beberapa pilihan MPASI terbaik untuk anak. Semuanya mudah didapat dan tidak mahal, bukan? Pada dasarnya, MPASI terbaik adalah yang kaya nutrisi dan banyak variasinya, sehingga bayi bisa mendapatkan asupan yang seimbang.

Pastikan memberi MPASI bergizi seimbang setiap hari, dan juga teruskan pemberian ASI hingga bayi berusia 2 tahun. Jika bayi mengalami masalah kesehatan, segera download Halodoc untuk buat janji dengan dokter anak di rumah sakit, ya.

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi:
Youtube Halodoc. #KataDokterHalodoc Seputar Gizi
Baby Center. Diakses pada 2021. The 10 Best Foods For Babies.
Parents. Diakses pada 2021. Introducing Baby Food? Here are 20 Things to Feed Your Infant.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan