Kata Dokter: Memahami Nilai Ct pada Hasil Tes PCR

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   22 Juni 2021
Kata Dokter: Memahami Nilai Ct pada Hasil Tes PCRKata Dokter: Memahami Nilai Ct pada Hasil Tes PCR

Pandemi COVID-19 membuat kita sering mendengar berbagai macam istilah laboratorium. Nah, istilah yang paling sering dibahas saat ini adalah nilai Ct pada hasil tes PCR. Lalu, sebenarnya apa sih nilai Ct itu? 

Salah satu pemeriksaan untuk menegakkan diagnosis COVID-19 dilakukan dengan cara mendeteksi material genetik dari virus penyebab Corona, yaitu virus SARS CoV-2, melalui tes amplifikasi asam nukleat (NAAT/Nucleic Acid Amplification Testing). Misalnya seperti real time reverse-transcription polymerase chain reaction (rRT-PCR) dan Isothermal PCR (iiPCR dan RT LAMP). 

Sasaran asalnya mencakup bagian-bagian gen E, ORF, RdRP, N, dan S. Menurut panduan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), diagnostik yang optimal setidaknya harus mendeteksi 2 target gen. Namun, di wilayah-wilayah dengan persebaran COVID-19 secara meluas, algoritma sederhana dengan satu target gen dapat digunakan. 

Pada tes amplifikasi asam nukleat (NAAT) dengan metode rRT-PCR, hasil deteksi gen tersebut berupa nilai Ct (Cycle threshold), yang juga disebut dengan Cn (Cycle number) atau Cq (Cycle quantity). Sedangkan pada metode isothermal, hasil deteksi gen berupa light ratio

Setiap alat dan reagen mempunyai karakteristik dan cut off nilai Ct yang berbeda. Ada yang menggunakan nilai cut off Ct>30 sebagai hasil negatif, ada yang menggunakan nilai cut off Ct>35, >40, maupun >45. Oleh karena itu, interpretasi nilai Ct harus dilakukan dengan hati-hati. 

Nilai Ct bukan nilai kuantitatif, tetapi berbanding terbalik dengan banyaknya virus yang ada pada spesimen yang diperiksa. Nilai Ct adalah banyaknya cycle saat grafik fluorescens menembus garis threshold dalam mendeteksi keberadaan virus. Semakin tinggi kadar virusnya, semakin cepat menembus garis threshold, sehingga nilai Ct-nya lebih kecil dibanding dengan spesimen dengan kadar virus yang lebih rendah.

Nah, begitu penjelasan singkat tentang nilai Ct pada hasil tes PCR. Bila kamu sakit, kamu bisa beli obat yang kamu butuhkan melalui aplikasi Halodoc. Tidak perlu keluar rumah, kamu cukup order melalui aplikasi dan pesananmu akan diantar dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.


Ditulis oleh dr. Theresia Novi, SpPK, Spesialis Patologi Klinik.






Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan