Kaya Protein, Ini 3 Manfaat Ulat Sagu bagi Kesehatan

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   08 Agustus 2022

“Terdapat beberapa manfaat ulat sagu bagi kesehatan yang jarang diketahui. Salah satunya adalah baik untuk pencernaan berkat serat makanan yang terkandung di dalamnya.”

Kaya Protein, Ini 3 Manfaat Ulat Sagu bagi KesehatanKaya Protein, Ini 3 Manfaat Ulat Sagu bagi Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Ulat sagu merupakan serangga yang banyak ditemukan di pohon sagu yang sudah membusuk. Di Indonesia, serangga ini merupakan salah satu bahan makanan yang kerap diolah menjadi santapan. 

Di wilayah Indonesia bagian Timur, ulat sagu bisa dikonsumsi sebagai sajian seperti sate, atau dikonsumsi mentah secara langsung. Hewan yang satu ini dianggap sebagai salah satu makanan sehat karena dipercaya memiliki banyak manfaatnya. 

Sebab, ulat sagu diketahui kaya protein, di mana protein sendiri berperan penting dalam beberapa fungsi vital tubuh. Lantas, kira-kira apa saja manfaat ulat sagu bagi kesehatan? Yuk, simak informasinya di sini! 

Ketahui Dulu Kandungan Nutrisinya

Berdasarkan data dari Data Komposisi Pangan Indonesia yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan RI, 100 gram ulat sagu mentah dapat mengandung nutrisi: 

  • Air: 65,9 gram. 
  • Energi: 241 Kal. 
  • Protein: 5,8 gram. 
  • Lemak: 21,6 gram. 
  • Karbohidrat: 5,8 gram. 
  • Serat: 2,8 gram. 
  • Abu: 0,9 gram.
  • Kalsium: 20 miligram. 
  • Fosfor: 70 miligram. 
  • Besi: 0,5 miligram. 
  • Natrium: 210 miligram. 
  • Kalium: 210,0 miligram. 
  • Tembaga: 1,00 miligram. 
  • Zinc: 7,7 miligram. 
  • Thiamin (Vit. B1): 0,17 miligram. 
  • Riboflavin (Vit. B2): 1,45 miligram.
  • Niasin: 0,1 miligram. 

Selain beberapa kandungan nutrisi tersebut, ulat sagu juga dikabarkan memiliki sejumlah kandungan kecil vitamin E yang sebagian besar berbentuk tokoferol. Hal ini merujuk pada sebuah studi berjudul Nutrient composition of the Indonesian sago grub yang dipublikasikan pada tahun 2020 silam. 

Manfaat Ulat Sagu bagi Kesehatan 

Berikut adalah beberapa manfaat ulat sagu bagi kesehatan yang jarang diketahui: 

1. Baik untuk Pencernaan 

Serat makanan yang terkandung pada ulat sagu diyakini bermanfaat bagi sistem pencernaan. Contohnya untuk mencegah sembelit atau perut kembung. Selain itu, serat makanan tersebut juga dapat dengan mudah dicerna dan meningkatkan metabolisme.

2. Membantu Memperkuat Tulang dan Gigi 

Selain kaya protein, ulat sagu juga kaya akan beberapa mineral penting. Contohnya seperti kalsium dan magnesium, yang dapat membantu memperkuat tulang dan gigi kita. 

Selain itu, konsumsi ulat sagu juga dapat mendiversifikasi asupan nutrisi dan memberikan tubuh banyak nutrisi penting. Hal ini berdasarkan penelitian yang dipublikasikan pada U.S. National Library of Medicine pada 2017 silam. 

3. Dapat Melawan Infeksi Akibat Mikroba 

Salah satu manfaat kesehatan yang menarik dari ulat sagu adalah diduga kuat dapat melawan infeksi akibat mikroba. Hal ini merujuk pada sebuah studi medis yang dipublikasikan Cambridge University pada tahun 2018 silam. 

Studi medis tersebut menunjukkan bahwa ulat sagu dapat memberikan penghalang yang dapat melindungi tubuh dari berbagai mikroorganisme berbahaya. Hal ini berkat sifat antimikroba yang dimiliki oleh ulat sagu. 

Selain itu, ulat sagu juga diketahui kaya akan kandungan zat besi dan zinc. Di mana keduanya memainkan peran penting dalam meningkatkan kemampuan tubuh untuk melindungi terhadap infeksi bakteri

Itulah penjelasan mengenai manfaat ulat sagu yang kaya protein. Nah, selain tinggi akan protein, ulat sagu juga diketahui memiliki berbagai kandungan nutrisi penting lainnya. 

Berdasarkan kandungannya, ada beberapa manfaat kesehatan yang dapat diperoleh jika mengonsumsi ulat sagu dalam jumlah yang tepat. Mulai dari baik untuk pencernaan, membantu memperkuat gigi dan tulang, hingga dapat melawan infeksi akibat mikroba. 

Kendati demikian, penting untuk tidak mengonsumsi ulat sagu secara berlebihan. Sebab, mengonsumsi protein terlalu banyak dapat memicu masalah pencernaan. Contohnya seperti sembelit, diare, kembung, hingga kram perut. 

Jika kamu masih memiliki pertanyaan seputar makanan eksotis seperti ulat sagu, tanyakan langsung kepada dokter. Nah, melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa tanya dokter spesialis gizi untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan. 

Tentunya melalui fitur chat/video call secara langsung pada aplikasinya. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga! 

Referensi: 

Health Guide.NG. Diakses pada 2022. 7 Amazing Health Benefits of Sago Worm. 
Data Komposisi Pangan Indonesia (Panganku). Diakses pada 2022. Ulat sagu segar (Caterpillar, sago palm, fresh). 
Cambridge University Press. Diakses pada 2022. Insects as sources of iron and zinc in human nutrition. 
Springer. Diakses pada 2022. Nutrient composition of the Indonesian sago grub (Rhynchophorus bilineatus). 
NIH. Diakses pada 2022. Sago worms as a nutritious traditional and alternative food for rural children in Southeast Sulawesi, Indonesia. 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan