Kebiasaan yang Menyehatkan untuk Menjaga Otot Jantung

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   06 Juni 2023

“Artikel ini membahas tentang kebiasaan sehat yang dapat menjaga otot jantung. Dengan menerapkan pola hidup sehat seperti olahraga teratur dan pola makan seimbang, kamu dapat menjaga otot jantung tetap kuat dan dapat berfungsi dengan optimal.”

Kebiasaan yang Menyehatkan untuk Menjaga Otot JantungKebiasaan yang Menyehatkan untuk Menjaga Otot Jantung

Halodoc, Jakarta – Ada beberapa cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk membantu menjaga kesehatan otot jantung, terutama dengan mengadopsi pola makan dan gaya hidup sehat. Sering kali, kamu mendapat saran untuk olahraga secara teratur, menjaga berat badan agar tetap ideal dan menghindari kegemukan, serta tidak merokok dan mengonsumsi alkohol.

Bagaimana Cara Memperkuat Otot Jantung?

Lalu, kebiasaan baik apa saja yang dapat membantu menjaga kesehatan otot jantung? Berikut beberapa yang bisa kamu coba terapkan:

1. Menerapkan pola makan sehat

Kamu mungkin kerap mendengar pepatah “kamu adalah apa yang kamu makan”. Hal ini sebenarnya benar adanya, terutama dalam konteks kesehatan tubuh. Oleh karena itu, langkah pertama yang dapat kamu lakukan adalah mengonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan otot jantung.

Misalnya, mengonsumsi makanan rendah kolesterol yang membantu menjaga tekanan darah. Selain itu, ada juga beberapa makanan yang baik untuk kesehatan otot jantung, seperti oatmeal yang kaya serat beta-glukan yang dapat menurunkan kolesterol jahat. Tak ketinggalan, konsumsi buah-buahan, sayuran, serta makanan yang kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan.

Kamu perlu tahu kalau otot jantung sendiri mempunyai banyak fungsi yang sangat penting untuk tubuh. Dapatkan informasi lengkapnya dari artikel Ketahui Fungsi Penting Otot Jantung pada Manusia.

2. Melakukan olahraga secara rutin

Ternyata, kurangnya aktivitas fisik dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan, termasuk masalah pada otot jantung. Sebaliknya, olahraga secara rutin dapat menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit yang berkaitan dengan jantung.

Saat bergerak secara aktif, jantung akan memompa lebih banyak darah. Hal ini dapat terlihat dari peningkatan detak jantung saat berolahraga. Detak jantung yang lebih cepat ini menandakan bahwa jantung sedang memasok oksigen dan nutrisi penting ke seluruh otot tubuh yang sedang aktif bergerak.

Oleh karena itu, orang-orang yang aktif secara fisik, misalnya mereka yang tinggal di daerah pegunungan, memiliki risiko lebih rendah terkena masalah kardiovaskular, termasuk penyakit jantung koroner. Selain itu, olahraga rutin juga dapat membantu menjaga kesehatan otot jantung, kebugaran tubuh serta meningkatkan kualitas hidup.

Beberapa contoh olahraga yang baik untuk menjaga kesehatan otot jantung adalah olahraga aerobik seperti berlari, bersepeda, berjalan kaki, dan berenang. Jenis aktivitas ini melibatkan penggunaan oksigen oleh jantung dalam jangka waktu yang lebih lama.

3. Hindari merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol

Sudah menjadi rahasia umum bahwa merokok berdampak buruk pada kesehatan, termasuk pada jantung dan bagiannya, tak terkecuali otot jantung. Merokok dapat menyebabkan nyeri dada, serangan jantung, hingga gagal jantung. 

Selain itu, asap rokok yang masuk dalam saluran pernapasan perokok pasif juga dapat menyebabkan aterosklerosis, yaitu pengerasan arteri. Kondisi ini dapat menyebabkan penyempitan arteri dan mengganggu aliran darah, yang berujugn pada masalah pada otot jantung.

4. Jaga kesehatan otot jantung dengan mengelola stres dengan baik

Stres tidak hanya berdampak pada kesehatan mental, tetapi juga meningkatkan risiko penyakit pada jantung secara tidak langsung. Inilah mengapa, mengenali tanda-tanda stres dapat membantu mengatasi masalah ini. Misalnya, cemas berlebihan, gelisah, dan gangguan tidur dapat menjadi tanda bahwa seseorang sedang mengalami stres.

Saat mengalami stres yang berkepanjangan, detak jantung akan menjadi lebih cepat. Kondisi ini dapat meningkatkan risiko irama jantung yang tidak teratur. Sayangnya, stres tidak terkendali dapat menyebabkan tekanan darah meningkat, yang akhirnya berujung pada masalah kardiovaskuler, termasuk penyakit yang menyerang otot jantung.

Oleh karena itu, sangat penting untuk menerapkan pola hidup dan pola makan yang sehat guna menjaga kesehatan jantung. Jangan ragu untuk segera melakukan pemeriksaan ke dokter ahli jantung jika kamu merasakan adanya gejala yang tidak biasa, misalnya nyeri dada atau detak jantung tidak teratur. 

Referensi:
US National Library of Medicine National Institutes of Health. Diakses pada 2021. Cardiovascular Effects and Benefits of Exercise
Heart Foundation. Diakses pada 2021. The benefits of exercise. 
Web MD. Diakses pada 2021. Smoking and Heart Disease
Harvard Health Publishing. Diakses pada 2021. Stress and your heart. 

Diperbarui pada 6 Juni 2023.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan