Kebiasaan yang Tanpa Disadari Dapat Merusak Kesehatan Ginjal

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   10 Maret 2023

“Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang penting untuk menjaga keberlangsungan hidup. Namun, terkadang manusia melakukan kebiasaan-kebiasaan tertentu yang tanpa disadari bisa merusak kesehatan ginjal.”

Kebiasaan yang Tanpa Disadari Dapat Merusak Kesehatan GinjalKebiasaan yang Tanpa Disadari Dapat Merusak Kesehatan Ginjal

Halodoc, Jakarta – Ginjal adalah salah satu organ yang berperan penting dalam aktivitas tubuh sehari-hari. Oleh karena itu, menjaga kesehatan ginjal sangat penting untuk menunjang fungsi tubuh secara keseluruhan.

Menjaga performa ginjal tetap baik agar terhindar dari penyakit membutuhkan pola hidup yang baik pula. Nah, ini beberapa kebiasaan yang sebenarnya bisa merusak kesehatan ginjal dan harus kamu hindari!

Kebiasaan yang Bisa Berdampak Negatif pada Ginjal

Berikut beberapa perilaku yang sering manusia lakukan yang bisa berdampak negatif pada ginjal:

1. Terlalu banyak minum alkohol

Konsumsi alkohol secara berlebihan bisa berdampak negatif pada kesehatan ginjal. Sebaiknya, tiap orang tidak meminum lebih dari empat gelas alkohol sehari. Di atas jumlah ini, zat di dalam alkohol bisa memicu stres oksidatif yang kemudian bisa menyebabkan sel ginjal rusak.

Kandungan alkohol yang masuk dalam tubuh juga bisa memengaruhi hormon yang mendukung fungsi ginjal untuk menyaring darah. Penyakit seperti gagal ginjal bisa terjadi ketika kesehatan ginjal sudah menurun. 

2. Konsumsi makanan cepat saji berlebihan

Makanan cepat saji banyak mengandung fosfor, yaitu zat mineral yang berperan untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Meskipun begitu, konsumsi makanan cepat saji seperti soda, sosis, dan kornet bisa membuat tubuh kelebihan fosfor. Batas jumlah fosfor yang masuk ke dalam tubuh sebaiknya tidak lebih dari 700 mg per hari.

Jumlah mineral yang terlalu banyak akan mempersulit ginjal untuk mencerna fosfor dan mengeluarkan ekses. Penumpukan fosfor atau hiperfosfatemia bisa memicu penyakit seperti gagal ginjal kronis, diabetes, dan penurunan fungsi tulang. 

3. Kurang minum air 

Air adalah senyawa yang sangat penting untuk kesehatan. Air berfungi untuk memperlancar pencernaan, melarutkan zat gizi dalam tubuh, dan mengeluarkan zat berbahaya melalui urine. Kurang minum air bisa menghambat kerja ginjal untuk mengeluarkan zat sisa yang berpotensi menjadi penyakit.

Tubuh normal membutuhkan sekitar 1.5–2 liter air per hari untuk memenuhi kadar kebutuhan cairan. Masalah ginjal yang bisa terjadi jika konsumsi air sangat kurang adalah batu ginjal. 

4. Kurang tidur

Saat terlelap, organ tubuh tetap akan bekerja untuk memperbaiki masalah yang terjadi. Salah satu organ yang melakukan ini adalah ginjal. Pola tidur yang buruk atau kebutuhan jam tidur yang tidak terpenuhi bisa merusak siklus perbaikan ginjal.

Kondisi ginjal juga bergantung pada siklus tidur yang baik. Jika seseorang kurang tidur, waktu kerja ginjal akan berantakan dan fungsinya menurun. Menurut ajuran medis, Waktu Tidur Ideal Berbeda-Beda Tiap Kelompok Usia dan waktu tidur yang  cukup bagi orang dewasa adalah 7–9 jam.

5. Terlalu banyak konsumsi garam

Pemasukan sodium yang berlebihan bisa menyebabkan batu ginjal. Dengan bertambahnya kadar garam dalam tubuh, air yang tubuh keluarkan juga semakin berkurang. Hal ini yang kemudian bisa memicu tekanan darah tinggi yang bisa merusak ginjal.

Kamu bisa mengurangi konsumsi garam dengan alternatif lain seperti perasa herbal untuk meminimalisir risiko batu ginjal.

6. Menahan buang air kecil

Menunda buang air kecil adalah kebiasaan yang berbahaya bagi kesehatan ginjal. Ketika seseorang sering menunda waktu untuk buang air kecil, urine yang harusnya keluar malah tertahan di kandung kemih.

Bakteri pun bisa tumbuh dan menyebar hingga terjadi infeksi ginjal. Bagi seseorang yang sudah memiliki masalah ginjal sebelumnya, kebiasaan ini bisa menyebabkan gagal ginjal.

7. Konsumsi daging berlebihan

Daging dan produk olahannya mengandung zat penghasil asam. Jika tubuh memiliki kadar asam yang tinggi, ginjal bisa gagal mengeluarkan kelebihan asam melalui urin dan terjadilah asidosis metabolik.

Terlebih dari itu, tingginya konsumsi daging juga bisa menyebabkan gagal ginjal kronis. Pastikan bahwa kamu juga mengonsumsi protein nabati yang bermanfaat bagi kesehatan ginjal.

Itulah 7 kebiasaan yang bisa merusak kesehatan ginjal dan harus kamu hindari. Jika kamu mengalami masalah kesehatan seputar ginjal, segera periksakan diri ke dokter untuk memastikan diagnosis. Kamu bisa menghubungi dokter bidang ahlinya melalui aplikasi Halodoc.

Tunggu apa lagi? Ayo download Halodoc sekarang juga!

Referensi: 
National Kidney Foundation. Diakses pada 2023. Drinking Alcohol Affects Your Kidneys
WebMD. Diakses pada 2023. Phosphorus in Your Diet
Fresenius Kidney Care. Diakses pada 2023. Salt and Kidney Disease
Healthline. Diakses pada 2023. Is It Safe to Hold Your Pee?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan