Kelompok Orang yang Rentan Tertular Omicron

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   14 Februari 2022

“Virus corona varian Omicron terus menjadi ancaman belakangan ini karena angka penularannya terus meningkat. Hal ini juga perlu menjadi perhatian terhadap orang-orang yang masuk dalam kelompok rentan tertular. Penting untuk mengetahuinya apakah kamu termasuk rentan atau tidak.”

Kelompok Orang yang Rentan Tertular OmicronKelompok Orang yang Rentan Tertular Omicron

Halodoc, Jakarta – Tidak dimungkiri varian Omicron ini terbilang lebih mudah untuk menular. Hal ini terlihat dari melonjaknya angka penularan dalam beberapa hari terakhir. Di sisi lain, masalah ini dapat menimbulkan kepanikan tersendiri pada seseorang yang rentan tertular Omicron. Untuk itu, ketahui kelompok orang yang rentan tertular dalam ulasan ini!

Kelompok yang Rentan Tertular Varian Omicron

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sudah memberikan peringatan tentang potensi penyebaran pada varian baru COVID-19, yaitu Omicron. Hal ini disebabkan adanya konstelasi tinggi dari 50 mutasi dan lebih dari 30 terlihat pada protein lonjakan. Tentu peringatan khusus juga perlu diberikan pada orang-orang yang masuk dalam kategori rentan tertular varian ini, sebab penularannya lebih mudah terjadi dibandingkan varian Delta.

Beberapa laporan menyebutkan varian baru ini memang tidak terlalu menimbulkan bahaya pada seseorang yang telah mendapatkan vaksin dua dosis dan juga booster. Selain itu, mereka juga bisa tidak mengalami gejala yang berat. Sehingga, orang-orang yang belum atau tidak bisa mendapatkan vaksin menjadi sangat rentan untuk terjangkit COVID-19.

Namun, apa saja sih kelompok orang yang rentan terhadap varian Omicron? Berikut beberapa di antaranya:

1. Pernah Idap COVID-19 Sebelumnya

Salah satu kelompok orang yang rentan terserang varian Omicron adalah mereka yang pernah terserang COVID-19 sebelumnya. Disebutkan jika rasio seseorang yang pernah terjangkit varian Beta dan Delta lebih tinggi kemungkinan alami reinfeksi. Meski begitu, penelitian lanjutan masih perlu dilakukan agar semua orang yang pernah tertular dapat melindungi diri hingga kasusnya benar-benar menurun.

2. Belum Mendapatkan Vaksin Lengkap

Jika kamu belum mendapatkan vaksin secara lengkap, ada baiknya berhati-hati terhadap penularan varian Omicron. Hal ini disebabkan sistem imunitas tubuh yang terbentuk belum maksimal, sehingga serangan dari virus saat menyebarkan infeksinya lebih mudah. Sangat disarankan untuk mendapatkan vaksin secara penuh agar mampu mencegah dampak buruk berlebih saat terserang varian baru ini.

3. Berusia Lanjut

Seperti yang diketahui, seseorang yang sudah memasuki masa lansia memiliki sistem imunitas yang sudah tidak seprima seperti saat muda. Maka dari itu, seseorang yang sudah berusia di atas 60 tahun harus mendapatkan prioritas terhadap vaksin untuk mencegah dampak buruk yang bisa terjadi saat terjangkit. Jika kamu memiliki orangtua yang sudah memasuki masa lansia, ada baiknya juga benar-benar menjaga agar tidak menularkan virus corona pada mereka.

4. Memiliki Komorbid

Komorbid termasuk salah satu hal yang dapat membuat seseorang menjadi lebih berisiko terhadap penularan varian omicron. Bahkan, seseorang dengan masalah ini memiliki tingkat keparahan yang tinggi hingga berisiko alami kematian. Beberapa penyakit komorbid yang perlu diketahui antara lain diabetes, tekanan darah tinggi, dan masih banyak lainnya. Pastikan untuk mendapatkan vaksin atau benar-benar menjaga agar terhindar dari penularan penyakit ini.

Sekarang kamu tahu beberapa kelompok orang yang rentan terhadap varian omicron. Jika kamu termasuk dalam salah satu kategori tersebut atau bahkan lebih, pastikan untuk lebih berhati-hati. Terlebih jika kamu tidak bisa mendapatkan vaksin, sarankan untuk semua orang yang satu rumah agar menerapkan cara pencegahan COVID-19 hingga tidak keluar rumah kecuali benar-benar diperlukan.

Untuk menjaga sistem imunitas pada tubuh tetap terjaga, sebaiknya cukupi asupan vitamin dan suplemen lainnya untuk dikonsumsi setiap hari. Kamu bisa lho mengecek kebutuhan vitamin dan suplemenmu di aplikasi Halodoc. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, pesanan kamu akan langsung diantar ke rumah tanpa perlu berinteraksi dengan orang banyak.

Referensi:
Republic World. Diakses pada 2022. Omicron: Virologists Share Who Is ‘most At Risk’ And Vulnerable To New COVID-19 Variant.
Medical Xpress. Diakses pada 2022. Study shows people infected with Omicron may be less susceptible to Delta variant.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan