Kenalan dengan Teknik Pijat Ayurveda yang Punya Banyak Manfaat

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   20 Februari 2023

"Salah satu metode pengobatan ayurveda adalah pijatan. Teknik yang satu ini disinyalir mampu melancarkan peredaran darah hingga mengurangi stres."

Kenalan dengan Teknik Pijat Ayurveda yang Punya Banyak ManfaatKenalan dengan Teknik Pijat Ayurveda yang Punya Banyak Manfaat

Halodoc, Jakarta – Ayurveda adalah metode pengobatan yang berkeyakinan bahwa asal muasal penyakit terjadi akibat ketidakseimbangan hidup ataupun stres. 

Metode pengobatan ini mendorong seseorang untuk mengadopsi gaya hidup tertentu dan menerapkan terapi yang bersifat alamiah. Salah satu metode ayurveda adalah pijat, metode ini mampu mengembalikan keseimbangan antara tubuh, pikiran, jiwa, dan lingkungan.

Kenali Manfaat Pijat Ayurveda

Berikut sederet manfaat dari pijat ayurveda:

1. Melancarkan peredaran darah

Stres dan ketegangan hidup mampu mengganggu peredaran darah. Jika kamu membiarkannya, masalah ini bisa berujung menjadi kesemutan, kaku, atau bahkan mati rasa pada beberapa bagian tubuh. Pijat ayurveda mampu memperlancar peredaran darah sekaligus meminimalisir risiko penyakit yang berhubungan dengan masalah ini.

2. Membuat otot rileks

Otot tegang dan kaku umumnya terjadi akibat kelelahan karena aktivitas yang berat. Pijat ayurveda bisa menjadi solusi untuk menangani masalah ini. Tak hanya merelaksasi otot tubuh, metode pengobatan ini pun dapat meningkatkan fleksibilitas tubuh.

3. Mengurangi stres

Pekerjaan yang mengharuskan kamu untuk selalu berpikir keras dan mencari solusi dari berbagai permasalahan bisa memicu stres. Apabila kamu membiarkannya, stres bisa berkembang menjadi depresi yang mengancam nyawa, lho. Metode pijat ini mampu mengurangi ketegangan hidup dengan cara merilekskan otot. 

4. Meningkatkan energi positif 

Ajaran ayurveda percaya bahwa setiap orang memiliki titik-titik energi yang memancar secara alami. Nah, hal ini biasa disebut dengan aura. Aura seseorang ternyata bisa redup akibat permasalahan kehidupan yang membebani tubuh. 

Energi negatif tersebut kemudian berdampak pada kondisi kesehatan seseorang. Nah, pijat ayurveda ditengarai mampu mengembalikan aura positif seseorang. Pasalnya, tekniknya berfokus pada beberapa titik energi tubu untuk menetralisir energi negatif.

5. Mengurangi migrain

Migrain adalah sakit kepala berdenyut di satu sisi kepala. Kemunculannya bisa terjadi akibat stres atau gaya hidup yang tidak sehat. Menurut laporan orang-orang yang melakukan pijat ayurveda, mereka merasakan migrainnya berkurang setelah rutin melakukannya satu kali seminggu. Untuk hasil yang maksimal, lakukan pijat sebanyak satu kali seminggu selama tiga minggu berturut-turut.

6. Menurunkan tekanan darah, kolesterol, dan gejala penyakit 

Teknik relaksasi dari pijat ayurveda dapat membantu menurunkan tekanan darah, kolesterol, dan gejala penyakit. Minyak esensial yang kerap terapis gunakan untuk memijat dapat membantu meningkatkan aliran darah, melengkapi sirkulasi darah, dan mengeluarkan racun dari tubuh melalui kulit.

7. Menurunkan risiko peradangan

Pola makan tidak sehat dan kurang tidur bisa memicu peradangan dalam tubuh. Alhasil, hal ini bisa mendatangkan penyakit saraf, kanker, diabetes, masalah kardiovaskular, penyakit paru, radang sendi, dan banyak lainnya.

Pengobatan ayurveda, termasuk pijar dapat membantu meminimalisir kondisi di atas, termasuk  meningkatkan vitalitas tubuh, energi tinggi, dan penurunan kelesuan serta perubahan suasana hati. 

Jika kamu tertarik melakukan pengobatan ini, hubungi dokter di aplikasi Halodoc terlebih dahulu untuk memastikan keamanannya. Dokter yang ahli di bidangnya akan menjawab pertanyaan kamu sekaligus memberikan solusi terbaik. Tunggu apa lagi? Ayo download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Better Health Channel. Diakses pada 2023. Ayurveda.
Johns Hopkins Medicine. Diakses pada 2023. Ayurveda.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan