Kenalan Lebih Dekat dengan Burung Maleo

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   10 Mei 2021
Kenalan Lebih Dekat dengan Burung MaleoKenalan Lebih Dekat dengan Burung Maleo

Halodoc, Jakarta – Tahukah kamu burung maleo? Burung yang mirip ayam ini sekilas mungkin terlihat aneh, karena mereka memiliki benjolan bulat di atas kepalanya yang disebut sebagai pelindung kepala. Burung maleo juga memiliki dua warna bulu, yaitu hitam pekat di bagian atas badannya dan merah muda yang lembut di bagian bawah.

Tidak hanya bentuk fisiknya saja yang unik, burung maleo juga masih memiliki banyak keunikan lainnya yang tidak kalah menarik untuk diketahui. Yuk, kenalan lebih dekat dengan burung maleo di sini.

Baca juga: Inilah Fakta Menarik tentang Burung Kutilang

Tentang Burung Maleo

Macrocephalon maleo, biasa dikenal dengan burung maleo atau maleo senkawor adalah fauna endemik pulau Sulawesi. Artinya, hewan tersebut hampir tidak pernah ditemukan di tempat lain di Indonesia. Meski begitu, tidak semua tempat di Sulawesi bisa ditemukan burung maleo. Burung eksotis ini hanya ditemukan di hutan tropis dataran rendah pulau Sulawesi, seperti di Gorontalo dan Sulawesi Tengah. Namun, maleo juga bisa ditemukan di Maluku.

Burung maleo berukuran sedang dengan panjang sekitar 55 sentimeter dan sebagian besar bulunya berwarna hitam. Burung ini juga memiliki ciri fisik yang khas lainnya, antara lain kulit wajahnya bercorak kekuningan, mempunyai paruh jingga dan bulu di bagian bawahnya berwarna merah muda keputihan. Di atas kepalanya terdapat semacam jambul keras berwarna hitam. Ukuran burung betina lebih kecil daripada jantan dengan warna yang lebih gelap.

Meski termasuk dalam keluarga burung, maleo tidak suka terbang. Burung ini lebih sering menggunakan kakinya untuk berjalan. Itulah mengapa mereka lebih tampak seperti ayam daripada burung. Pakan burung maleo terdiri dari aneka biji-bijian, buah, semut, kumbang dan berbagai jenis hewan kecil lainnya.

Baca juga: Pertimbangkan Hal Ini sebelum Memelihara Burung Beo

Cara Burung Maleo Berkembang Biak

Biasanya, burung maleo akan pergi ke tempat bersarang dengan pasangannya pada pagi hari, lalu mereka akan menggali tanah, pasir, dan kerikil secara bergantian membentuk lubang besar.

Betina kemudian berhenti di dalam lubang untuk bertelur. Sementara sang jantan akan berlarian di sekitar lubang dengan mencoba menjulurkan leher mereka keluar untuk mewaspadai bahaya. Saat betina keluar, mereka kembali bergantian menutup lubang. 

Tidak seperti burung pada umumnya, maleo tidak mengerami telur mereka dengan menggunakan panas tubuh mereka sendiri, melainkan mereka membiarkan alam yang bekerja. Maleo adalah megapoda, yaitu pembuat gundukan, jadi mereka menggali dan mengubur telurnya di dalam daerah-daerah yang hangat dari panas bumi, seperti di daerah sekitar pantai gunung berapi. 

Maleo juga tidak melalui proses inkubasi dikarenakan ukuran telurnya yang cukup besar, bahkan lebih besar dari ukuran tubuhnya sendiri. Satu telur maleo ukurannya kira-kira sama dengan 5 telur ayam. Karena besarnya ukuran telur mereka, maleo juga bisa pingsan setelah bertelur. 

Telur maleo harus menunggu kurang lebih 80 hari untuk bisa menetas dan anaknya bertemu dengan induknya. Proses tersebut cukup lama, belum lagi anak-anak burung maleo yang sudah menetas harus berjuang keluar dari pasir yang menumpuk.

Tidak heran bila anak-anak burung maleo lebih sering mati dan lama-kelamaan jumlahnya berkurang. Namun, setelah keluar dari telur dan tumpukan pasir sendirian, anak-anak burung maleo secara naluriah akan mencari tempat bersembunyi di hutan dan mencari makanannya sendiri.

Hewan yang Setia 

Tidak banyak hewan yang setia pada pasangannya, namun burung maleo termasuk hewan yang setia. Sepanjang hidupnya, maleo hanya akan hidup bersama dengan satu pasangan alias monogami. Hal ini bisa dibuktikan dengan kegiatan keseharian maleo jantan yang sedikit, dan bahkan tidak pernah menjajah. Burung maleo lebih suka hidup berdampingan dengan pasangannya dan saling menjaga dan melindungi.

Terancam Punah

Sayangnya, Badan konservasi International Union for Conservation of Nature (IUCN) memasukkan burung maleo ke dalam kategori endangered atau hampir punah. Artinya, burung endemik di Sulawesi ini berisiko tinggi mengalami kepunahan dan bahkan dikhawatirkan bakal punah pada masa mendatang. 

Keberadaan burung maleo terancam punah karena pembukaan lahan baru, penebangan liar, kebakaran hutan dan lahan menghilangkan habitat burung tersebut. Selain itu, perburuan liar terhadap maleo dan pencurian telurnya juga masih tinggi. Belum lagi adanya ancaman dari hewan predator, seperti ular dan biawak. Namun, berbagai cara sudah dilakukan untuk melestarikan burung maleo.

Baca juga: Inilah Alasan Burung Kakatua Termasuk Hewan yang Dilindungi

Itulah perkenalan singkat tentang burung maleo. Bila hewan peliharaan kamu sakit, jangan panik. Kamu bisa membawa hewan kesayangan berobat di rumah sakit hewan pilihan kamu melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasinya sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
Facts of Indonesia. Diakses pada 2021. 15 Incredible Facts of Maluku Maleo Bird.
Mongabay. Diakses pada 2021. The maleo: a success story for Indonesia’s strange pit-digging bird.
Indonesia.Go. Diakses pada 2021. Melestarikan Maleo yang Hanya Ada di Sulawesi


Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan