Kenali 10 Hair Mask Alami Untuk Atasi Rambut Kering

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   24 Oktober 2022

“Masker rambut dari bahan alami seperti minyak kelapa dan zaitun efektif membantu mengatasi rambut kering. Gunakan secara rutin untuk hasil yang maksimal.”

Kenali 10 Hair Mask Alami Untuk Atasi Rambut KeringKenali 10 Hair Mask Alami Untuk Atasi Rambut Kering

Halodoc, Jakarta – Rambut kering dan rusak merupakan salah satu masalah yang umum dialami. Kondisi ini terjadi akibat paparan suhu panas dari penggunaan catokan atau produk perawatan rambut. 

Untuk dampaknya sendiri, rambut kering identik dengan munculnya masalah rambut lain, seperti kerontokan. Tak hanya menurunkan percaya diri, masalah ini juga memicu gangguan kecemasan, bahkan depresi. 

Jika kamu saat mengalaminya, cobalah untuk menggunakan masker rambut dari bahan-bahan alami. Misalnya, minyak kelapa, minyak zaitun, dan minyak almond. Bahan ini efektif mengembalikan kelembapan kulit kepala.

Masker Rambut untuk Mengatasi Rambut Kering

Berikut adalah rekomendasi masker rambut berbahan alami untuk mengatasi rambut kering: 

1. Minyak almond

Minyak almond menjadi salah satu masker rambut alami yang efektif melembapkan kulit. Tak hanya itu, manfaatnya juga efektif mengatasi gejala rambut dan kulit kepala yang kering. 

Di dalamnya mengandung senyawa anti peradangan yang dapat mengatasi kulit akibat gangguan kesehatan. Mulai dari jerawat, eksim, dan psoriasis. 

Selain itu, minyak almond juga mengandung emollients. Ini adalah zat yang dapat membantu melembapkan dan melembutkan rambut secara menyeluruh. 

2. Minyak kelapa 

Bahan alami selanjutnya yang dapat digunakan sebagai masker rambut adalah minyak kelapa. Di dalamnya mengandung tinggi protein yang terbuat dari ekstrak dari daging buahnya. 

Protein sendiri merupakan bahan yang efektif melembapkan dan memperkuat rambut. Menariknya lagi, minyak kelapa juga mengandung senyawa anti peradangan yang dapat membantu mengatasi ketombe. 

3. Minyak zaitun

Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan jantung, minyak zaitun juga bermanfaat dalam melembapkan rambut. Karena itu, jika kamu memiliki rambut dan kulit kepala yang kering, tidak ada salahnya untuk bahan alami ini secara rutin. 

4. Pisang

Kamu juga bisa menggunakan buah pisang sebagai masker rambut alami. Untuk menggunakannya, lumatkan pisang hingga halus. Kemudian, oleskan pada rambut dan diamkan selama 15 menit. Lalu bilas sampai bersih. 

Buah pisang dapat membantu memulihkan kolagen, sehingga rambut menjadi kuat. Manfaat ini terjadi berkat kandungan silika. Namun, penggunaannya tidak direkomendasikan pada pengidap alergi terhadap lateks. 

5. Yoghurt

Bahan alami untuk mengatasi rambut kering selanjutnya adalah yogurt. Probiotik yang terkandung di dalam yoghurt bermanfaat sebagai eksfoliator sel kulit mati, sekaligus menjaga rambut tetap terhidrasi. 

6. Minyak jojoba

Sama dengan jenis-jenis minyak sebelumnya, minyak jojoba juga memiliki sifat melembapkan rambut dan kulit kepala. Caranya, kamu bisa langsung mengoleskan minyak ke kulit kepala. Diamkan 10 sampai 15 menit, lalu bilas.

7. Minyak lavender

Minyak lavender adalah masker rambut yang memiliki sifat antiinflamasi. Kandungan itu efektif mengatasi gejala kulit kepala dan rambut yang kering. Jika ingin menggunakannya, kamu perlu mencampurkannya dalam sampo. Fungsinya untuk mencegah ruam dan dampak lain setelah pemakaian.

8. Minyak cendana

Minyak cendana terkenal dengan aroma kayunya yang hangat. Tak hanya berfungsi sebagai wewangian diffuser, bahan alami ini juga mampu mengatasi rambut kering. Cara kerjanya dengan melembapkan dan menutup ujung rambut yang bercabang.

9. Shea butter

Shea butter efektif mengurangi kerusakan rambut, hingga memperkuat kutikula. Untuk mengatasi rambut rontok, bahan alami ini bekerja dengan membantu menurunkan intensitas gejala dan melembapkan kulit kepala.

10. Lidah buaya

Masker rambut dari lidah buaya efektif mengurangi peradangan yang menjadi pemicu iritasi kulit kepala. Gangguan ini menjadi salah satu pemicu rambut kering, bahkan kerontokan rambut.

Cara penggunaannya mudah, kamu hanya perlu mengaplikasikan gel lidah buaya ke seluruh kulit kepala dan rambut. Diamkan selama 10 sampai 15 menit, kemudian bilas dengan sampo dan kondisioner.

Untuk lebih jelasnya, baca artikel mengenai cara simpel mengatasi rambut kering di artikel ini: Ini 6 Cara Simpel untuk Mengatasi Rambut Kering.

Cara Membuat Masker Alami di Rumah

Masker rambut merupakan jenis perawatan yang dapat memberikan nutrisi secara intensif pada rambut, termasuk kulit kepala. Cara kerjanya dengan melembapkan rambut dan menurunkan risiko kerusakannya.

Kamu bisa memakai masker rambut sekali dalam seminggu. Jika terjadi kerusakan parah, kamu dapat meningkatkan frekuensi penggunaannya menjadi 2 sampai 3 kali dalam seminggu.

Untuk membuat masker rambut alami, kamu bisa menggunakan bahan-bahan alami di atas tanpa campuran atau mencampurnya dengan beberapa bahan sekaligus. Kemudian, aplikasikan di kulit kepala dan rambut selama 10 sampai 15 menit.

Setelah itu, bilas menggunakan sampo. Jangan lupa juga memakai kondisioner. Pemakaian produk lengkap ini dapat memaksimalkan penyerapan dan cara kerja dalam mengatasi rambut kering.

Dapatkan produk perawatan rambut berkualitas dari Toko Kesehatan Halodoc. Tanpa perlu repot keluar rumah, pesananmu akan diantar dalam waktu satu jam. Yuk, cek sekarang juga!

Tips Tepat Menggunakan Masker Rambut

Agar tidak salah saat menggunakan masker rambut, kamu perlu memahami urutannya. Simak di bawah ini tata cara pemakaian masker yang tepat untuk meningkatkan kesehatan rambut:

  • Pertama-tama, cuci rambut dengan sampo sampai bersih. Pastikan memilih sampo yang sesuai dengan jenis rambutmu.
  • Jika menggunakan bahan alami di atas, langsung aplikasikan saja masker rambut tanpa mencucinya terlebih dulu.
  • Kemudian, aplikasikan bahan alami secara merata, mulai dari akar hingga ke ujung rambut.
  • Sembari menunggu, pijat-pijat kulit kepala secara perlahan guna meningkatkan peredaran darah. Langkah ini juga mampu meningkatkan penyerapan bahan alami ke kulit kepala.
  • Setelah 15 menit, bilas dengan sampo dan kondisioner. Jangan menggunakan air panas, karena berpotensi memperparah rambut kering.
  • Bilas sampai bersih, pastikan tidak ada residu yang masih menempel pada rambut dan kulit kepala. Sebab, sisa ini dapat memicu ketombe.

Itulah beberapa bahan alami yang bisa kamu gunakan sebagai masker rambut. Hal yang perlu digaris bawahi, hasil dari perawatan rambut ini dapat bervariasi pada setiap orang. 

Namun, jika penggunaan masker rambut dari beberapa bahan alami itu tidak kunjung membuahkan hasil, segeralah diskusikan kondisimu ke dokter tepercaya di Halodoc. Sebab, bisa jadi rambut kering yang dialami adalah indikasi gangguan medis tertentu. Klik gambar di bawah ini untuk chat dengan dokter sekarang!

chat dokter - masker rambut
Referensi: 
Healthline. Diakses pada 2023. 18 Hair Mask Ingredients for Dry, Damaged Hair. 
Kompas. Diakses pada 2023. 9 Masker untuk Rambut Kering yang Alami dan Praktis. 

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan