• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenali 2 Jenis Nyeri Haid yang Bisa Terjadi
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenali 2 Jenis Nyeri Haid yang Bisa Terjadi

Kenali 2 Jenis Nyeri Haid yang Bisa Terjadi

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 13 Oktober 2022
Kenali 2 Jenis Nyeri Haid yang Bisa TerjadiKenali 2 Jenis Nyeri Haid yang Bisa Terjadi

"Nyeri karena dismenore primer biasanya terjadi beberapa hari sebelum siklus menstruasi. Sedangkan dismenore sekunder biasanya terjadi akibat radang panggul atau endometriosis."

Halodoc, Jakarta - Menstruasi atau haid adalah salah satu rutinitas yang terjadi setiap bulannya pada kebanyakan wanita normal. Hal ini terjadi berhubungan dengan organ reproduksi wanita yang menandakan tidak terjadi kehamilan selama masa subur. Karena itu, dinding rahim yang mengandung pembuluh darah akan keluar melalui vagina. 

Saat haid terjadi, wanita yang sedang mengalaminya dapat merasakan nyeri sebagai efek samping. Meski begitu, nyeri haid yang timbul pada setiap wanita dapat berbeda-beda, yaitu ada yang ringan bahkan berat. Maka dari itu, kamu harus tahu beberapa jenis nyeri haid yang dapat timbul dan cara mengatasinya. Berikut ulasan lengkapnya!

2 Jenis Nyeri Haid yang Dapat Terjadi pada Wanita

Nyeri saat haid atau perasaan kram saat menstruasi disebut juga dengan dismenore. Gangguan ini dapat menimbulkan perasaan nyeri atau kram pada bagian bawah perut yang terjadi sebelum dan selama menstruasi. Sebagian besar wanita hanya merasakan ketidaknyamanan yang terbilang ringan. Namun, sebagian kecil wanita dapat mengalami perasaan yang sulit ditahan sehingga dapat mengganggu aktivitas harian.

Gangguan nyeri saat haid biasanya terjadi pada satu atau dua tahun pertama saat wanita baru mengalami menstruasi. Sejalan dengan bertambahnya usia, rasa sakit tersebut dapat berkurang dan mungkin berhenti, terlebih lagi jika telah melahirkan bayi pertama. Meski begitu, kamu tetap harus mengetahui dua jenis dismenore yang dapat terjadi agar tahu cara mengatasinya. Berikut ini dua jenis gangguan yang menimbulkan nyeri saat menstruasi:

Nyeri Haid Disebabkan Dismenore Primer

Seseorang yang mengalami perasaan nyeri saat menstruasi karena dismenore primer biasanya terjadi beberapa hari sebelum siklus terjadi. Rasa sakit yang tidak tertahan dapat timbul pada hari pertama dan akan mereda setelahnya. Perasaan nyeri yang terjadi tidak terlalu parah meskipun dapat menimbulkan mual, mulas hingga sakit kepala. Gangguan ini lebih sering terjadi pada wanita dengan rentang usia 20–24 tahun dan hilang beberapa tahun setelahnya.

Perasaan nyeri saat haid tersebut timbul saat rahim mengalami kontraksi karena peluruhan pada dinding rahim. Tubuh akan menghasilkan prostaglandin yang berguna untuk membuat rahim berkontraksi agar dinding rahim tersebut dapat meluruh. Sesuatu yang menjadi masalah ketika prostaglandin yang dihasilkan terlalu berlebihan, sehingga rasa sakit yang timbul menjadi terasa sangat parah. Meski begitu, hal ini normal untuk terjadi jadi jangan panik.

Jika kamu masih memiliki pertanyaan terkait jenis nyeri haid yang dapat terjadi tiap hal tersebut terjadi, dokter dari Halodoc dapat memberikan saran secara profesional. Caranya cukup mudah, hanya dengan download aplikasi Halodoc, kamu bisa mendapatkan kemudahan terkait akses kesehatan kapan dan di mana saja tanpa perlu tatap muka!

Nyeri Haid karena Dismenore Sekunder

Wanita yang mengalami gangguan menstruasi jenis ini berarti adanya masalah fisik yang membuat rasa tidak nyaman dapat tidak tertahankan. Beberapa masalah fisik yang dapat menimbulkan perasaan nyeri atau kram saat haid antara lain:

1. Infeksi Panggul

Salah satu penyebab wanita dapat mengalami perasaan nyeri saat haid adalah gangguan infeksi pada panggul. Wanita berisiko terkena infeksi ini lebih tinggi setelah perdarahan menstruasi dimulai karena adanya pembukaan ke rahim. Meski begitu, gangguan pada panggul ini umumnya terjadi akibat infeksi menular seksual yang dapat terjadi kapan saja selama tidak melakukan hubungan seksual yang aman.

2. Endometriosis

Kondisi ini terjadi saat sel-sel lapisan rahim ditemukan pada bagian yang tidak seharusnya atau tumbuh menjadi jaringan otot di dinding rahim. Perasaan nyeri ini terjadi 1 hingga 2 hari sebelum perdarahan dimulai dan terus berlanjut selama beberapa hari saat menstruasi.

Itulah dua jenis dari nyeri haid yang dapat terjadi setiap kamu mengalami menstruasi. Setelah mengetahuinya, kamu dapat tahu jenis mana yang menimbulkan ketidaknyamanan saat perasaan tersebut terasa. Dengan begitu, beberapa cara yang ampuh untuk mengatasinya dapat dilakukan.

Referensi:
Health Link BC. Diakses pada 2022. Menstrual Cramps.
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Menstrual cramps.