Kenali 5 Gejala Tuberkulosis yang Kerap Diabaikan

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   01 Februari 2023

“Ada beragam gejala tuberkulosis yang perlu diwaspadai. Contohnya batuk yang tak kunjung sembuh, keringat di malam hari, hingga penurunan berat badan.”

Kenali 5 Gejala Tuberkulosis yang Kerap DiabaikanKenali 5 Gejala Tuberkulosis yang Kerap Diabaikan

Halodoc, Jakarta – Tuberkulosis atau biasa dikenal dengan TB adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Biasanya TB dapat menyebar melalui menghirup percikan liur (droplet) dari batuk atau bersin orang yang terinfeksi.

Tuberkulosis dapat menyerang paru-paru serta  menyebar ke bagian lain dari tubuh, seperti otak dan tulang belakang. Sebab gejalanya yang mirip dengan penyakit lain, membuat gejala tuberkulosis kerap diabaikan. Supaya tidak salah lagi, berikut ini adalah gejala TB yang perlu diketahui!

Kenali Gejala Tuberkulosis

Perlu diketahui, kalau terkadang infeksi tuberkulosis tidak menimbulkan gejala apa pun. Kondisi ini dikenal sebagai TB laten. Disebut demikian, jika tuberkulosis tidak aktif. Bahkan gejala bisa tidak berkembang bertahun-tahun sejak awal terinfeksi. 

Namun, kalaupun bergejala, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, gejalanya kerap diabaikan. Berikut ini adalah gejala TB yang jarang diketahui, yaitu:

1. Batuk

Batuk adalah kondisi yang umum bila terkena pilek, flu, atau infeksi saluran pernapasan atas lainnya. Pembeda batuk tuberkulosis dengan batuk biasa adalah, orang dengan tuberkulosis biasanya akan mengalami gejala batuk cukup lama sampai berbulan-bulan.

2. Batu berdarah

Ketika penghancuran jaringan paru-paru menjadi lebih buruk, dahak yang dikeluarkan oleh pengidap tuberkulosis bisa saja memiliki noda darah. Nah, kadang gejala ini juga mengiringi beberapa penyakit lainnya, seperti edema paru, cedera dada, bahkan kanker paru.

3. Keringat malam hari

Perubahan hormonal juga bisa menyebabkan gejala keringat di malam hari. Atau juga kalau cuaca panas, sehingga malam-malam menjadi lebih lembap sehingga keringat pun muncul. Berkeringat banyak di malam hari adalah salah satu indikator tubuh mengalami infeksi yang sangat tinggi. 

4. Kehilangan selera makan

Sama halnya dengan gejala-gejala lainnya, kehilangan selera makan juga bisa dibilang gejala yang umum. Ada banyak orang yang mengalami kehilangan selera makan. Terkhusus orang dengan tuberkulosis, bisa mengalami kehilangan selera makan karena konsentrasi leptin plasma yang meningkat. Ini dapat menekan nafsu makan secara signifikan. 

5. Penurunan berat badan

Kurang selera makan sudah jelas dapat berdampak pada penurunan berat badan. Pada akhirnya, ini dapat memengaruhi respons tubuh terhadap peradangan dan menekan imun tubuh. Pengidap tuberkulosis tidak hanya mengalami penurunan berat badan biasa selayaknya orang diet, tetapi juga diiringi dengan tubuh yang melemah dan gampang sakit-sakitan.

Sudah tahu bahwa dalam beberapa kasus bakteri tuberkulosis bisa resisten terhadap antibiotik? Baca selengkapnya di artikel ini: “Mengenal TB MDR: Penyebab dan Cara Efektif Mengatasinya“.

Kapan Gejala Tuberkulosis Harus Diperiksa ke Dokter

Kamu perlu segera memeriksakan diri ke dokter jika mengalami gejala-gejala di atas. Apalagi kalau belum lama ini kamu berada pada situasi berisiko terinfeksi tuberkulosis. Beberapa faktor yang menempatkanmu pada situasi tersebut  adalah:

1. Bekerja atau tinggal di rumah sakit atau panti jompo.

2. Petugas kesehatan untuk pasien dengan risiko tinggi mengidap tuberkulosis.

3. Perokok. 

4. Mengidap  HIV atau AIDS.

5. Mengidap diabetes. 

6. Memiliki kondisi ginjal yang parah.

7. Mengidap kanker kepala dan leher.

8. Menjalani perawatan kanker seperti kemoterapi.

9. Mengonsumsi obat untuk transplantasi organ.

halodoc homelab

Bila kamu berada pada situasi demikian, segera buat janji pemeriksaan lewat aplikasi Halodoc ya! Yuk, download langsung aplikasi Halodoc untuk mendapatkan kemudahan akses kesehatan lainnya.

Referensi:
Penningtons Manches Cooper. Diakses pada 2023. Night Sweats: The Warning Signs That Should Not Be Ignored.
The Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism. Diakses pada 2023. Decreased Plasma Leptin Concentrations in Tuberculosis Patients Are Associated with Wasting and Inflammation.
Everyday Health. Diakses pada 2023. Signs and Symptoms of Tuberculosis.
WebMD. Diakses pada 2023. Tuberculosis (TB).

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan